Kriteria dan Pola Penerimaan PNS Baru Tahun 2015

Gimana kabar rekan guru semuanya, saya harap tetap dalam keadaan yang sehat dan selalu menjalani aktifitas dalam mendidik anak bangsa sehingga menghasilkan karakter dan prestasi yang semakin baik. pada tahun 2015 perlu anda ketahui bahwa pemerintah mulai merubah ketetapan penerimaan PNS / pegawai negeri sipil.

Pasti rekan guru semuanya sangat mengidamkan ingin segera diangkat menjadi PNS, dan bahkan tidak semua guru saja, hampir semua masyarakat indonesia ingin segera menjadi PNS, perekrutan PNS yang tiap tahunnya mengalami perubahan tidak memutuskan harapan kita semua untuk selalu berjuang dalam mencapai cita-cita kita ingin segera diangkat menjadi PNS.

perubahan perekrutan pns tahun 2015

Memang jika kita lihat sepintas bahwa gaji yang menjanjikan menjadi PNS sangat menggiurkan, sehingga tak perlu di ragukan lagi banyak yang ingin segera mendapatkannya dan berbagai cara pun ditempuh. dari sekilas penjelasan yang saya berikan, kali ini volimaniak ingin memberikan informasi berharga ini kepada anda semuanya khususnya kriteria dan pola penerimaan PNS tahun 2015. untuk lebih lanjutnya silahkan bisa anda lebih lanjut postingan kali ini yang saya kutip dari rekan kerja saya liputan6.com;

Menteri Yuddy menyampaikan bahwa tahun ini Pemerintah akan kembali menggelar proses seleksi CPNS khusus untuk formasi guru, tenaga kesehatan dan sekolah-sekolah kedinasan.

Untuk itu, kepada seluruh rekan-rekan yang masih bermimpi untuk menjadi aparatur Negara agar segera bersiap-siap dalam bersaing untuk memperebutkan satu kesempatan emas untuk menjadi PNS.

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) akan mengubah pola penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari sebelumnya berbasis hanya proses seleksi (recruitment) menjadi sesuai dengan kebutuhan (requirement).

“Proses seleksi tidak lagi didasarkan pada pengerahan atau usulan yang sifatnya kuantitatif, tetapi pada kebutuhan objektif instansi yang secara kualitatif akuntabel,” kata Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Yuddy pun meminta instansi daerah merapikan pola kebutuhan formasi pegawai. Kemudian menyampaikannya secara online di e-informasi.

“Saya harap para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) segera menyampaikan desain dan analisis kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan, berdasarkan kebutuhan objektif melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja. Kirimkan melalui e-formasi,” jelasnya.

Selain itu, perubahan juga terjadi dalam hal pengajuan penerimaan yang menggunakan formasi Praja IPDN. “Karena itu, silahkan saudara identifikasi berapa kebutuhan pegawai dengan kualifikasi berasal dari lulusan IPDN,” tuturnya.

Yuddy menambahkan, dalam proses seleksi PNS akan dilakukan secara ketat menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT). Hal itu sebagai bentuk transparansi dan menghindarkan praktik manipulatif.

“Dengan sistem CAT, semua memiliki peluang yang sama, yang menentukan kelulusan adalah kompetensi yang bersangkutan,” tandasnya.

Sebagai informasi, pemerintah saat ini melakukan moratorium seleksi CPNS. Namun, moratorium ini tidak berlaku untuk guru, tenaga kesehatan, penegak hukum, kemudian yang berasal dari sekolah kedinasan.
(Sumber : www.liputan6.com)

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi kita semuanya, tetap semangat semuanya, selamat berkarya,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

76 Responses to "Kriteria dan Pola Penerimaan PNS Baru Tahun 2015"

  1. Dengan danya sistem cat mudahan semakin adil dalam penerimaanya. Aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali mang *turut mengamini*

      Delete
    2. iya mas aduls, semoga proses penerimaan CPNS di indonesia semakin baik

      Delete
    3. aku juga amin lo mas kips bandung

      Delete
  2. Dengan danya sistem cat mudahan semakin adil dalam penerimaanya. Aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah dobel lagi kan mas aduls

      Delete
    2. Dengan demikian do'anya pun dobel, Insya Allah do'a-do'a yang mengalir mendekatkan pada harapan yang dinantikan ya kang.

      Delete
  3. Sistem CAT ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompeten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, ini juga merupakan tanda kemajuan teknologi, jadi tes cpns digunakan sistem CAT

      Delete
    2. semakin canggih ya mas, cuma kasian saya mah sama guru-guru terutama guru TK yang notabenenya kebanyakan sudah berumur dan masih banyak yang belum mahir menggunakan laptop/komputer. Dan guru bantu yang kemaren2 udah mengikuti ujian ternyata masih banyak soal yang gak keburu diisi, padahal waktunya itu 120 menit, soal yang harus dikerjakan 140 soal. Berarti 1 soal itu harus bisa dikerjakan minimal 1 menit agar semua soal dapat terisi.

      Delete
    3. benar sekali mas,karena terbatasnya waktu guru jadi teledor pengisian banyak yang tidak terselesaikan,mungkin perlu adanya kebijakan baru mas

      Delete
  4. Alhamdulillah kalau dibuka cpns guru, saya akan berusaha bersaing untuk itu. Mohon kabarnya kalau pendaftarannya udah resmi, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, nanti akan saya infokan jika sudah dibuka pendaftarannya pak

      Delete
    2. Baik kalau begitu, karena memang itu juga jadi impian buat saya, hehe

      Delete
  5. Semoga kawan-kawan akan ikut dan lulus jadi pns baru khususnya guru, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robbal alamin, terimakasih doanya mas

      Delete
  6. susah juga yamas kayanya untuk jadi PNS itu, tapi kalo sudah keterima kayanya enak banget deh karna gajinya juga menggiurkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, harus bersaing dengan jutaan pelamar lainnya

      Delete
    2. itu yang diterimanya berapa orang yamas?yang diangkat jadi pns tiap tahunnya?

      Delete
    3. hem beda-beda mas tiap tahunnya, dan biasanya ditentukan sama formasi yang ada, tergantung sama kebutuhan tiap daerah, pasti diatas ribuan mas

      Delete
  7. semoga saja dengan sistem CAT ini bisa mewujudkan mimpi kita tuk jadi PNS. aminkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robbal alamin mas, semoga guru yang sudah waktunya bisa diangkat menjadi PNS, termasuk saya ini

      Delete
    2. semangat ya mas pur, semoga cepat PNS deh, kita doakan.buat sahabat blogger lain juga yang berprofesi guru :)

      Delete
    3. amin mas hendri, makasih banyak supportnya

      Delete
  8. Dengan sistem yang baru, semoga memberi semangat bagi yang memeperjuangkan hal terkait. Salam hangat dan sukses selalu ya kang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, terimakasih banyak doanya

      Delete
  9. Yang K2 bagaimana ini! Bagaimana khabarnya Honorer K2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih vakum mas yang honorer k2, belum ada info lagi

      Delete
  10. untung saja tenaga pengajar dan tenaga kesehatan tidak ada seleksi moratorium ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau ada bisa repot, termsuk istri saya juga di bidang kesehatan mbak

      Delete
  11. kira2 pendaftaran secara resmi nya kapan ya, ada yang bilang bulan september tapi sampe sekarang belum ada info lebih lebih lanjut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak defa masih simpang siur belum pasti, nanti kalau sudah dibuka biasanya saya mendapatkan sms langsung dari pusat

      Delete
  12. Beberapa hari yang lalu temen-temen saya yang berprofesi sebagai Guru Bantu juga telah mengikuti seleksi CPNS dan telah mengikuti ujian menggunakan sistem CAT, dan ternyata ujian sistem CAT ini dari guru TK, SD, SMP dan SMA soalnya sama aja, katanya sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma di acak mungkin mas dari soalnya, karena dalam bidang keguruan yang diujikan ada 3 item penting yaitu TWK,TKP,TIU

      Delete
  13. saya sudah jadi PNS untuk adik saya kang (penasehat) maksudnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem bagus itu mas, saya pun juga begitu sekarang kok

      Delete
  14. oya mas, kalau boleh tahu kapan ya diadakan penerimaan CPNS nya, saya mau ikutan tu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai sekarang belum tentu pak, pendaftaran CPNS belum ada info pasti, tunggu kabar selanjutnya ya

      Delete
  15. Kami hanya turut mendoakan semoga yang mengikuti penerimaan PNS baru, pada berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas, terimakasih doanya mas

      Delete
    2. Lowongan calon PNS semakin terbuka tidak ada kongkalingkon lagi. Aku sudah gagal dua kali, rasanya sudah cukup, pengen berwirausaha saja.

      Delete
    3. hem emangnya kolak mas harus ada kolang kaling nya, wakaka

      Delete
  16. Susahnya menjadi PNS ya Pak, apalagi tiap tahunnya angka pelamar untuk calon pns semakin meningkat saja hehehe, Semoga untuk para guru honorer bisa cepat di angkat jadi PNS . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robal alamin mas, semoga semua guru diseluruh indoensia bisa segera mendapatkan pns maupun sertifikasi, karena itu merupakan bentuk dari sbuah kerja keras yang harus mereka dapatkan

      Delete
    2. amin . . Setiap kerja keras insya allah akan mendapatkan hasil yang diharapkan ya Pak :)

      Delete
    3. benar sekali mas hary, tidak ada yang sia-sia di dunia ini kok

      Delete
  17. Harapan saya sich semua yang statusnya masih honorer bisa diangkat sebagai PNS semua mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu hampir mustahil mas, karena masih jutaan guru di indonesia yang masih menyandang gelar sebagai seorang guru honorer, mungkin perlu diterapkn urutan prioritas untuk pengangkatan CPNS

      Delete
  18. semoga yang ikut bisa lulus jadi PNS

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terimakasih sudah memberikan doanya untuk guru di seluruh indonesia mbak

      Delete
  19. saya sebarkan sama kawan-kawan gan...terima kasih...
    kalau saya udah lewat umurnya dan sekarang masih honor, tapi belum juga diangkat-angkat..mungkin karena berat kali ya badan saya. heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mbah, makanya tidak ada yang bisa keangkat, wakakka

      Delete
  20. Dengan adanya teknologi semoga praktek KKN bisa dikurangi.

    Dikatama

    ReplyDelete
  21. wah baru tau saya, THANKS INfonya pak....

    ReplyDelete
  22. mudahan lebih adil dalam pemilihan pns, takutnya yang keterima malah pas jam kerja jalan" keluar :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, makasih banyak atas instruksi dan doanya ya

      Delete
  23. saya pikir pikir dulu deh mas untuk daftar PNS, soalnya banyak banget saingannya. jadi kurang pede hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem pede aja deh mas, urusan keterima itu urusan nanti aja

      Delete
  24. Replies
    1. belum mas, hanya sekedar wawasan dulu

      Delete
  25. nah kalau sistemnya gini kan adil dan berimbang. tahun-tahun sebelumnya semua pakai duit. tetangga saya lolos tapi pas bicara ke kantor malah di mintai uang yang jumlahnya bisa dibilang besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tidak menutup kemungkinan pasti ada oknum yang memakai duit mas, tetapi kuotanya mungkin sedikt

      Delete
  26. Yang mau daftar PNS mesti siap-siap nih belajar agar bisa lulus tes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem wajib itu mas, harus persiapan jauh-jauh hari untuk bisa diterima jadi pns

      Delete
  27. Kalo seperti ini lebih adil ya, sebelumnya juga rawan dengan kecurangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semoga saja pemerintah bisa semakin adil dalam perekrutan penerimaan CPNS

      Delete
  28. dengan adanya sistem ini, mungkin tes penerimaan cpns bisa lebih jujur dan adil ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas semoga saja bisa seperti itu

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.