Panduan Entri Data NISN pada Aplikasi Dapodikmen 8.2.0** Untuk NISN yang Tidak Bisa Di Edit / Eror

Pada update dapodikmen 8.2.0 ada beberapa kejanggalan dalam aplikasi tersebut, salah satunya adalah tidak berfungsinya menu entri NISN siswa dengan baik, permasalahan ini agaknya sudah ditanggapi dengan cepat oleh tim dapodik untuk segera melakukan pembaruan pada aplikasi dapodikmen 8.2.0, untuk itu jika rekan operator belum tahu masalah NISN ini bisa segera melakukan perbaikan dan untk instruksi update nya untuk bisa memunculkan kembali entri data NISN bisa mengikuti panduan dibawah ini;

Cara Update Aplikasi Dapodikmen 8.2.0 untuk membenahi NISN


Adapun Untuk meng-update pembenahan pada front end Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0** dapat dilakukan secara on line dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Pastikan komputer terkoneksi internet.
  2. Silahkan login pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.2.0
  3. Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
  4. Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik SMA-SMK 8.2.0** ) Apakah Anda ingin melanjutkan?Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
  5. Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.
  6. Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.
Untuk lebih jelas bisa dilihat disini

pembaruan update dapodikmen 8.2.0 untuk NISN

proses update dapodikmen 8.2.0
proses update dapodikmen 8.2.0

setelah dilakukan Pembaharuan Aplikasi, langkah yang harus dilakukan lagi adalah masuk ke aplikasi Dapodik SMA/SMK kemudian
  1. Klik ke tab Peserta Didik,
  2. pilih salah satu Peserta Didik dan 
  3. pilih Ubah dilanjut cek untuk Field NISN
  4. Entri NISN Peserta Didik tersebut
Menu akan bisa dibuka kayak dibawah ini
NISN dapodikmen bisa diisi

Jika sudah berhasil melakukan update pembaharuan namun masih belum terbuka juga maka lakukan langkah :
  1. Ctrl + shift + Del  untuk menghapus cache browser
  2. Ctrl + F5 untuk Reload Browser
  3. Cek lagi untuk NISN tersebut sudah terbuka atau belum
Jika Update Pembaharuan Gagal maka yang harus dilakukan operator sekolah adalah
  1. Pastikan Internet tersedia dengan Baik.  Hal ini di mungkinkan file tidak terdownload sempurna
  2. Pastikan untuk folder dapodik SMA/SMK pada c:/program file memiliki bak akses full Dan bukan read only. Jika masih read only maka klik kanan komputer - properties - centang read only.
Demikian tahapan Update pembaharuan versi 8.2.0** Semoga operator bisa segera menindaklanjuti agar vervalpd juga bisa berjalan lancar. Setelah cara anda melakukan proses update diatas berikutnya yang perlu anda ketahui adalah cara perlakuan NISN untuk entri data berikutnya, untuk panduannya bisa anda baca lebih lanjut pada uraian dibawah ini;
Panduan Entri Data NISN pada Aplikasi Dapodikmen 8.2.0**

Perlakuan NISN setelah Pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0


Melengkapi keterangan pada berita pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 mengenai data NISN yang telah diposting sebelumnya, maka kami akan memberikan beberapa penjelasan lanjutan. Berikut ini adalah beberapa kondisi progress pendataan Dapodik sekolah:
  1. KONDISI I : Sekolah belum melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016
  2. KONDISI II : Sekolah sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah sinkronisasi tetapi belum melakukan vervalPD.
  3. KONDISI III : Sekolah sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah sinkronisasi serta sudah melakukan vervalPD.
  4. KONDISI IV: Sekolah sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016, sudah sinkronisasi, sudah melakukan vervalPD dan data hasil vervalPD sudah ter-up date ke Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 kemudian bermaksud melakukan edit data
Dari beberapa kondisi-kondisi tersebut, maka berikut ini kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dengan adanya pembaruan pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0:

1. KONDISI I

Yaitu sekolah yang belum melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016. Bagi sekolah yang belum melakukan entri data siswa baru, maka tata cara memasukkan siswa baru beserta NISN nya adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya)
  2. Isikan data awal siswa baru pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 sampai dengan datanya masuk ke table utama dan ditampilkan pada list daftar siswa di tab Peserta Didik (tata cara entri data siswa selengkapnya dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen).
  3. Setelah masuk tabel utama pada form Edit peserta didik, entrikan data NISN dan lengkapi data-data lainnya kemudian disimpan (setelah disimpan maka data Nama, NISN, Jenis kelamin, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung menjadi disable/tidak aktif dan tidak dapat lagi diedit di aplikasi)
  4. Selanjutnya lakukan aktifasi data siswa lewat menu registrasi (tata cara registrasi siswa selengkapnya dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen).
  5. Masukkan siswa ke dalam rombelnya (tata cara memasukkan siswa ke dalam rombel selengkapnya dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen).
  6. Lakukan validasi dan sinkronisasi, pastikan proses sinkronisasinya sukses.
  7. Setelah 1 x 24 jam cek data siswa hasil sinkronisasi di laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/  masuk menu “Login Operator”, pastikan data siswa pertingkat sudah masuk.
  8. Selanjutnya cek data siswa pada laman : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
  9. Masuk pada menu “Residu” dan “Referensi”, pastikan data siswa baru sudah masuk pada menu tersebut. Apabila setelah beberapa waktu/hari data siswa baru belum masuk ke menu Residu maupun Referensi, silahkan menghubungi Tim Helpdesk Dapodikmen untuk dilakukan push data.
  10. Kemudian lakukan proses vervalPD sehingga data siswa di menu Residu masuk semua ke menu Referensi dan tuntaskan dengan melakukan proses update data NISN hasil vervalPD lewat menu “Konfirmasi Data” (tata cara VervalPD selengkapnya dijelaskan pada Panduan VervalPD disini).
  11. Setelah beberapa waktu, cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  12. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah NISN hasil dari vervalPD yang telah dilakukan Konfirmasi telah masuk/terupdate.
  13. Apabila data NISN sudah masuk/terupdate maka selanjutnya lakukan sinkronisasi agar NISN hasil dari vervalPD tersebut turun dan meng-update data NISN pada data Peserta Didik di Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.

2.KONDISI II

Yaitu sekolah yang sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah melakukan sinkronisasi, akan tetapi belum melakukan proses VervalPD. Maka yang harus dilakukan adalah:
  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya)
  2. Entrikan data NISN pada data Peserta Didik, caranya masuk pada tab Peserta Didik pilih dan klik pada data siswa kemudian klik pada menu “Ubah”.  Pada form Edit peserta didik, entrikan data NISN kemudian disimpan (setelah disimpan maka data NISN menjadi disable/tidak aktif dan tidak dapat lagi diedit di aplikasi).
  3. Lakukan validasi dan sinkronisasi, pastikan proses sinkronisasinya sukses.
  4. Proses berikutnya mengikuti langkah-langkah seperti diuraikan pada KONDISI I poin (g) sampai dengan (m).
3. KONDISI III

Yaitu sekolah yang sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016 dan sudah melakukan sinkronisasi  serta sudah melakukan proses VervalPD.

KONDISI III A 

Pada kondisi ini berlaku bagi yang sudah menuntaskan proses vervalPD yaitu data dimenu Residu sudah diproses masuk ke menu Referensi dan telah dilakukan proses Konfirmasi Data. Maka perlakuannya sebagai berikut:
  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya).
  2. Tidak perlu melakukan entri data NISN pada Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.
  3. Setelah beberapa waktu, cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  4. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah NISN hasil dari vervalPD yang telah dilakukan Konfirmasi telah masuk/terupdate.
  5. Apabila data NISN sudah masuk/terupdate maka selanjutnya lakukan sinkronisasi agar NISN hasil dari vervalPD tersebut turun dan meng-update data NISN pada data Peserta Didik di Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0.
KONDISI III B

Berlaaku bagi yang proses vervalPD nya belum tuntas, yaitu  data di menu Residu sudah diproses masuk ke menu Referensi tetapi belum dilakukan proses Konfirmasi Data. Maka perlakuannya sebagai berikut:
  1. Lakukan update pembaruan Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0 secara online (tata caranya telah dijelaskan pada berita sebelumnya)
  2. Entrikan data NISN pada data Peserta Didik, caranya masuk pada tab Peserta Didik pilih dan klik pada data siswa kemudian klik pada menu “Ubah”.  Pada form Edit peserta didik, entrikan data NISN kemudian disimpan (setelah disimpan maka data NISN menjadi disable/tidak aktif dan tidak dapat lagi diedit di aplikasi).
  3. Lakukan validasi dan sinkronisasi, pastikan proses sinkronisasinya sukses.
  4. Proses berikutnya mengikuti langkah-langkah seperti diuraikan pada KONDISI I poin (g) sampai dengan (m).
4. KONDISI IV

Yaitu sekolah yang sudah melakukan entri data siswa baru Tahun 2015/2016, sudah melakukan sinkronisasi, sudah melakukan proses VervalPD dan data NISN hasil vervalPD sudah turun dan meng-update di Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. Akan tetapi terdapat kesalahan dan bermaksud melakukan perubahan/edit data NISN maka pengubahan/edit tidak dapat dilakukan lewat aplikasi Dapodik akan tetapi dilakukan lewat menu edit data pada vervalPD Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Akses laman: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Masuk ke tab “Edit Data”, kemudian ke menu “Pengajuan” pilih  “NISN”.
  3. Klik pada tombol “pilih Siswa” maka ditampilkan list daftar Siswa, silahkan lakukan pengeditan pada data NISN.
  4. Selanjutnya cek status pengajuan edit datanya untuk mengetahui apakah sudah di setujui oleh Admin di PDSP, lewat menu “ Edit Data” dan masuk ke “Status”.
  5. Apabila statusnya telah disetujui, maka selanjutnya cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman: http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  6. Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah perubahan data NISN yang dilakukan pada vervalPD telah terupdate.
  7. Jika data NISN pada laman : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ sudah update, maka lakukan sinkronisasi agar perubahan sebagai hasil pengeditan di vervalPD tersebut turun ke Aplikasi Dapodik SMA SMK 8.2.0. 
Demikianlah yang bisa saya berikan terkait dengan informasi penting pembaruan data aplikasi dapodikmen 8.2.0 semoga bisa semakin lancar dalam pengisian data untuk melengkapi tugas dan tanggungjawab anda sebagai operator, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

16 Responses to "Panduan Entri Data NISN pada Aplikasi Dapodikmen 8.2.0** Untuk NISN yang Tidak Bisa Di Edit / Eror"

  1. numpang menyimak mas, lebih bermanfaat buat adik" yang masih sma atau smk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem silahkan mas, ini khusus untuk guru mas, khususnya operator dapodikmen

      Delete
    2. Betul artikel Panduan ini khusus di peruntukan buat Bapak Guru ya Mas Pur..?

      Delete
    3. benar sekali mas saud, ini untuk operator dapodik

      Delete
  2. sangat membantu kang bagi yang membutuhkan,,BTW minggu iki dolan nang ndi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem gak dolan mas rip, sibuk ngurus PILBUB Disini, makanya jarang kelihatan,wakakaka

      Delete
  3. Lebih enak ditambahkan screenshotnya. Biar lebih mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas, karena terbatasnya waktu tidak sempat kasih screnshootnya

      Delete
  4. Lengkap sekali nih tutorialnya mas, saya nyimaka aja deh karena gak gitu ngerti

    ReplyDelete
  5. Panduan yang bermanfaat buat anak aya yang masih sekolah nih Pak Guru.. saya simak dulu nanti hasilnya saya terapkan pada anak saya,, terima kasih atas Ilmu yang bermanfaat ini. salam sejahtera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya simak dan cermati artikel ini dari awal sampai akhir ternyat khusus buat Para Guru ya Mas..? maaf deh jika saya salah persepsi..

      Delete
    2. hehehe ini untuk para guru mas saud khususnya yang bertugas sebagai operator sekolah

      Delete
    3. tidak apa2 mas saud, kita semua disini belajar kok

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.