Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0

Jika pada kesempatan lalu saya sudah informasikan mengenai update aplikasi dapodikdas v 4.0.0 kini tiba saatnya kita membahas bagaimana sih pengoperasian aplikasi dapodik versi 4.0.0 ini?. dalam penggunaan aplikasi dapodikdas 4.0.0 ini ada beberapa langkah yang wajib anda lakukan agar pengisian data sekolah baik peserta didik, PTK, mapel, kurikulum dan yang lainnya bisa berjalan dengan baik.

Adapun tahapan yang harus anda lakukan sebelum menggunakan aplikasi dapodik versi 4.0.0 ini bisa anda lihat lebih lanjut pada gambar dibawah ini;Tahapan ini dibuat untuk memandu dan memudahkan operator sekolah dalam mengupdate data di tahun ajaran 2015-2016 dari data awal tahun ajaran sebelumnya. Sehingga bagi rekan operator semuanya harus memahami secara betul bagaimana penggunaan aplikasi dapodikdas v 4.0.0, silahkan anda bisa pahami terlebih dahulu gambar dibawah ini;

Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0
Ketentuan awal :
  1. Kode registrasi masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, pastikan koderegistrasi ini bersifat rahasia, unik dan tidak diketahui oleh orang-orang yang tidak berkepentingan
  2. Jika koderegistrasi ini bocor/ DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB hubungi dinas pendidikan setempat untuk dilakukan reset ulang koderegistrasi. Dampak dari reset koderegistrasi akan mencegah pengiriman data dari koderegistrasi lama.
  3. Sebelum insstal versi 4.00 harus dilakukan unistalasi aplikasi versi sebelumnya (3.03)
  4. Prosedur instalasi dan generate ulang prefill sama dengan aplikasi sebelumnya.
  5. Pastikan 1 sekolah hanya terinstal di 1 komputer, namun 1 komputer dapat digunakan lebih dari 1 sekolah dengan menggunakan kode registrasi yang berbeda (mengakomodir sekolah yang tidak memiliki computer).
  6. Selalu memeriksa web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk menjamin kesesuaian data di lokal aplikasi dengan di data yang diterima di server KEMDIKBUD.
  7. Pastikan data = fakta tanpa ada rekayasa, selalu memutakhirkan data sesuai dengan dinamika data yang ada di sekolah.
  8. jika berpindah-pindah computer lakukan Siklus generate sync -ulang prefill. Prefill lama akan hilang dengan sendirinya setelah di registrasi (jangan dikoleksi/disimpan)
  9. Validasi di aplikasi tidak mencegah sinkronisasi , namun pastikan validasi = 0 untuk menjamin kualitas data sekolah anda lengkap, benar, mutakhir dan shahih.
  10. Koneksi internet hanya dibutuhkan saat melakukan sinkronisasi,
  11. Manfaatkan prosedur tambah peserta didik secara ONLINE (baca penjelasan) agar memudahkan operator bekerja secara efektif dan efisien (tidak input ulang dari awal)

Penjelasan tahapan pengoperasian aplikasi dapodik v 4.0.0


A. Uninstall versi 3.03 dan install aplikasi versi 4.00

  1. Lakukan uninstall aplikasi versi 3.03
  2. install aplikasi 4.00
  3. registrasi dengan menggunakan koderegistrasi , gunakan email aktif untuk didaftarkan sebagai pengguna dapodik, email ini akan digunakan pengguna di aplikasi-aplikasi pemanfaatan data dapodik
  4. klik icon/shortcut dapodik atau buka browser lalu ketik http://localhost:8080
  5. aplikasi dapodik akan terbuka
  6. tekan ctrl+f5 untuk memastikan penyegaran aplikasi sesuai dengan aplikasi yang baru , aplikasi dapodik versi 4.00 akan muncul

B. Generate ulang prefill

  1. Lakukan generate ulang prefill di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik tunggu beberapa saat sampai dengan muncul unduhan file prefill nya
  2. Unduh prefill pastikan namanya tidak mengandung duplikasi (1) / (2)
  3. Buat folder di c:/ dengan nama “prefill_dapodik, letakkan file tersbut di direktori c:/prefill_dapodik
  4. Pastikan nama prefill nya tidak ada duplikat copy yang berakhiran (…(angka)) contoh salah :
dapodikdas versi 4.0.0

C. Registrasi dan login

  1. Buka aplikasi dan pilih tombol registrasi , lengkapi form isian registrasi, pastikan email yang diinputkan aktif dan password yang aman , karena username dan password ini akan digunakan untuk akses login ke aplikasi-aplikasi pemanfaatan dapodik
  2. Masukkan koderegistrasi yang sesuai , kllik login
  3. Tahapan ini dapat bekerja secara online maupun offline

D. Luluskan PD tingkat akhir dan naikkan kelas PD

  1. Tahap pertama perhatikan kelengkapan datanya, data yang akan muncul adalah data tahun ajaran sebelumnya terakhir operator melakukan sinkronisasi, pastikan sesuai dan lengkap sesuai sinkronisasi terakhir tahun ajaran lama.
  2. Buka masing masing tab, Sekolah – prarasana – Peserta Didik – PTK –Rombel.
  3. Rombel tahun lalu Nampak “hilang” tersembunyi karena terdaftar sebagai “histori”
  4. Buka tabel rombel, klik fitur action menu luluskan PD tingkat akhir secara kolektif (bersamaan) dengan menggunakan fitur tersebut.
  5. Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0


  6. Fitur ini akan mengeluarkan peserta didik kelas ahir secara bersamaan/kolektif per rombel. Lakukan untuk seluruh rombel tingkat akhir. Lengkapi isian tanggal keluar/ lulus dan tuliskan alasan “lulus”
  7. Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0


  8. Jika ada anak yang tidak lulus, fitur tersebut masih tetap dapat digunakan, caranya buka tabel PD keluar – cari anak tersebut –batalkan . kemudian peserta didik tinggal kelas akan muncul kembali di tabel PD. Masukkan PD tinggal kelas tersebut kedalam rombel dengan status tinggal kelas.
  9. Lakukan hal ini, untuk semua rombel tingkat akhir
  10. Naikkan secara kolektif peserta didik lainnya , dengan fitur action menu – kenaikan kelas dengan catatan kelompok romebl peserta didik nya tidak diacak. Jika diacak, jangan gunakan fitur ini tapi gunakan metode tambah rombel baru seperti biasa.

E. Tambah PD/peserta didik baru

  1. Jika prosedur kenaikan dan kelulusan selesai kita beranjak ke peserta didik baru. Tambah peserta didik baru di bagi 2 metode : OFFLINE (lewat aplikasi dapodik) dan ONLINE lewat aplikasi web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  2. Metode OFFLINE menggunakan applikasi dapodik seperti biasa, sama dengan cara sebelumnya.
  3. Metode ONLINE menggunakan web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. tujuan metode ini agar peserta didik baru tidak perlu input ulang dari awal lagi, dengan cara mencari peserta didik baru tersbut di sekolah lamanya.
  4. Motode ini berlaku dengan beberapa persyaratan dan tahapan:
    • Hanya digunakan untuk peserta didik SMP kelas 7 (peserta didik baru) atau mutasi
    • Sekolah lama PD tersebut sudah di keluarkan dari sekolah lama (lulus/mutasi)
    • Hanya dilakukan dengan cara full online (lewat website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id)
    • Cari sekolah lama  prop-kab-kota-kec-nama sekolah, lalu lakukan pencarian peserta didik berdasarkan nama atau NISN,
    • PASTIKAN peserta didik yang di temukan adalah benar periksa detil peserta didik agar menjamin peserta didik tersebut yang di maksud sebelum di lakukan perintah pindah/masuk ke sekolah anda.
    • Setelah di eksekusi lewat web tersebut (sampai dengan tahap konfirmasi), lakukan sync di aplikasi agar dapat menurunkan peserta didik yang dimaksud. Secara otomatis peserta didik yang dipindahkan secara online akan turun semua ke aplikasi.
    • Periksa kelengkapan atribut data peserta didik baru tersebut jika ada yang kurang segera lengkapi.
    • Lakukan mapping ke dalam rombel sesuai dengan tingkatnya.
    • Lakukan sync untuk mengupdate data peserta didik baru tersebut.
    • Periksa hasil sync terakhir di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, pastikan isi data di web sudah sesuai dan lengkap sesuai dengan di aplikasi dapodik sekolah.
  5. Setelah prosedur PD Baru selesai sekarang beralih ke tabel PTK, Lakukan salin penugasan di action menu pada tabel PTK. Hal ini untuk menyalin penugasan PTK di tahun sebelumnya
  6. Periksa kelengkapan PTK, mapping ulang penugasan PTK di pembelajaran di tabel ROMBEL sesuai dengan SK pembagian tugas mengajar oleh KEPSEK. 
  7. Periksa kelengkapan tabel prasarana dan sarana jika ada yang kurang segera lengkapi

F. Pastikan Validasi 0

  1. Validasi dalam aplikasi dapodik ini tidak mencegah pengiriman data tapi bertujuan untuk menjamin data invalid masuk ke server pada saat sinkronisasi online.
  2. Untuk menjamin validitas data sekolah, anda pastikan validasi = 0
Nah itulah sedikit alur / tahapan penggunaan aplikasi dapodikdas versi 4.0.0. untuk lebih jelasnya anda bisa membaca buku panduan penggunaan aplikasi dapodikdas 4.00, semoga bisa bermanfaat bagi rekan operator semuanya, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

18 Responses to "Tahapan Pegoperasian Aplikasi Dapodik Versi 4.0.0"

  1. Wah ane malah gak tau yg beginian gan hehe, ane baru mau kuliah gan. Ngomong" Agan guru atau masih kuliah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem belajar deh mas, ya mas saya guru

      Delete
    2. Saya ikut belajar disini ya Mas Purnama..

      Delete
  2. Jangan lupa mampir gan, ada game baru

    ReplyDelete
  3. Tak kalah pentingnya adalag pengoperasian dari setiap aplikasi bagi setiap admin maupun guru. Oleh sebab itu tutorial ini sangat membantu. Terima kasih telah berbagi ilmunya, mas Purnama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak hal yang di dapat dalam depodikdas ya gan...dan ini juga untuk kemajuan dunia pendidikan indonesia

      Delete
    2. iya pak awak, memang hal penting yang harus dilakukan adalah dengan memahami cara pengoperasian dengan baik

      Delete
    3. benar sekali mbah dinan,semua aplikasi ini untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di indonesia

      Delete
  4. tuh udah pada di sediakan fasilitas data bagi sekolah semua...tinggal semua elemen pendidik yang harus berperan aktif dalam menjalankannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju sekali dengan pendapatnya mbah, memang semua elemen pendidik harus berperan aktif untuk kemajuan pendidikan di indonesia

      Delete
  5. Panduan yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi Guru yang menjalankan aplikasi ini, Lama ndak kunjung kesini mas, salam sehat selalu, artikelnya makin oke, terutama bagi Guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, baru bisa ol dan update lgi nih mas saya, maklum baru selesai pernikahannya

      Delete
  6. Hadir, nyimak dan baca dulu Mas Pur artikelnya. makin keren aja nih Blog nya Mas :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.