Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru Honorer Tanpa Modal

Setiap orang pastinya ingin memiliki kesejahteraan hidup yang layak, termasuk juga seorang pahlawan tanpa tanda jasa ini, sudah tahu sendiri bahwa gaji guru honorer itu tidak sebanding dengan kerja dan keringat yang dikeluarkan, tapi tahukah anda bahwa setiap keringat dan perjuangan yang mereka keluarkan adalah demi kemajuan pendidikan di indonesia, lantas siapa yang akan menghargai jerih payahnya, apakah pemerintah, siswa, masyarakat atau kita tidak mau lagi memikirkan nasib mereka.

Banyak daerah yang masih banyak ada keluhan-keluhan dari seorang guru honorer yang memimpikan gaji yang sesuai, jika dalam etika kerja biasanya ada UMR daerah, kenapa juga untuk guru juga tidak diterapkan upah minimum yang sesuai dengan kinerja mereka. Harusnya ini jadi pemikiran yang pas bagi pemerintah agar pendidikan semakin baik dan lebih baik lagi.

Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru Honorer Tanpa ModalKebijakan-kebijakan yang keluar tidak menjadi solusi yang baik untuk gaji seorang guru honorer, apalagi banyak sekolah yang saya amati hanya di jadikan lahan bisnis, yang kaya cuma kepala sekolahnya saja, nah yang gurunya tetap miskin. ibarat kata kita guru hanyalah sebagai buruh yang terlatih, masak sih gaji seorang Sarjana lebih besar daripada Gaji lulusan SMP atau SMA.

Jika kita melihat berbagai kondisi diatas dan semua permasalahan yang ada, tak ada salahnya kita berpikir yang lebih modern, tidak perlu ada yang disalahkan termasuk juga pemerintah, pejabat berwenang dan sebagainya, mari kita mulai memikirkan bagaimana kita bisa mencapai kelayakan hidup yang selama ini kita impikan.

Kondisi ini lah yang akan membuat kita semua semakin cerdas dan bisa mulai berpikir untuk menciptakan peluang usaha sampingan, jika pada kesemapatan yang lalu saya sudah berikan sedikit inspirasi hebat seorang guru honorer, kini saatnya kita mulai action, kita mulai berkasi dan mulai berpikir kira-kira apa yang cocok dijadikan peluang usaha bagi kita semua.

Mungkin dalam penjabaran yang saya sampaikan bisa menjadi inspirasi buat kita semua untuk memulai usaha sampingan, dan mungkin juga bagi rekan guru yang ingin menambahkan ide-ide kreatif lainnya bisa menghubungi saya.

Tidak usah panjang lebar kita bahas, mari kita mulai beraksi sekarang untuk meningkatkan taraf hidup kita sebagai seorang guru honorer agar bisa lebih sejahtera, berikut beberapa ide usaha sampingan guru honorer yang bisa anda coba.

Usaha Sampingan Guru honorer


Apa yang terpikir dalam benak anda mungkin juga sama dengan pemikiran saya, saya tidak punya modal pak, gimana mulai dengan usaha, hem kayaknya mustahil deh saya bisa usaha sampingan, eh jangan salah rekan guru semua, usaha itu tidak harus yang punya modal besar, kita yang bermodalkan 0 rupiah juga bisa usaha lo, lantas bagaimana caranya dong ? ( bingung dalam hati ).

tidak usah bingung rekan guru mungkin ini bisa menjadi solusi anda yang ingin segera memulai usaha sampingan berikut contoh nya;

Usaha Les privat ( Bimbel / bimbingan belajar )


Sambil memberikan ilmu kita juga bisa membuat usaha tanpa modal ini, yang kita modalkan hanyalah ilmu dan sedikit kreatifitas, kok bisa ya ?. ya bisa lah untuk memulainya, gak perlu tempat yang bagus dan di tempat yang strategis, kita mulai saja dengan mengadakan Bimbel / les privat ini di rumah kita, kita cukup menyediakan fasilitas seadanya dan yang penting rumah bersih tertata rapi, pikirkan bagaimana agar siswa merasa nyaman ketika sedang belajar, dan tumbuhkan rasa kreatifitas pada mereka, pasti lambat laun jika mereka merasa nyaman dan enak pasti mengajak teman-teman yang lain, dan ini bisa menjadi omset yang besar jika semakin banyak murid / siwa les privat yang kita bimbing, nah barulah jika sudah dirasa ada pendapatan yang cukup kita bisa memulai membuka cabang-cabang yang lain atau bisa kontrak tempat yang lebih bagus.

Dari sinilah kita merintis karir hanya berbekal ilmu kita juga bisa mencapai kemakmuran hidup. mudah bukan?, pasti ada yang mikir mudah dan ada juga yang sulit, itu sih tergantung niat kita mau sukses atau tidak, tidak ada yang mudah dan langsung instan di dunia ini sobat,proses kita berjalan adalah awal keberhasilan kita,

Menjadi pengusaha online


gimana sih usaha online itu, apakah harus modalnya besar?, apakah harus nonstop kerjanya?, dari beberapa pertanyaan diatas kalau jika kita mengamati, bahwa kerja online itu banyak sekali sistem dan macamnya, termasuk salah satunya adalah membuka toko online, menjadi reseller, menjualkan produk orang lain, bahkan juga kita bisa menjadi seorang blogger ( seperti saya ini ).

Terus modalnya dari mana?, hem modal tidak usah dipikirkan dulu, modal online itu hanya berbekal paket internet saja, kita tak perlu modal lain juga bisa kok, termasuk saya dulunya juga modal 0 rupiah. kok bisa sih gak punya modal bisa usaha online?, ya pasti bisa lah, didunia ini tidak ada yang tidak mungkin ,apalagi di jaman modern ini, kita bisa mulai belajar dan lama kelamaan kita akan bisa sukses dan mengembangkannya juga.

Nah yang terkahir apakah kerjanya nonstop ?, justru sistem online bisa kita kerjakan kapanpun tanpa mengganggu aktifitas tugas kita mengajar, kita bisa menyempatkan waktu luang kita untuk memulainya, baik sore, malam ataupun yang lainnya.

Menjadi Reseller / Menggunakan modal orang lain


Jika kita tidak punya modal kita bisa memanfaatkan diri kita menjadi reseller atau penjual dari orang lain, bisa juga kita menggunakan modal orang lain untuk mulai usaha, dengan sistem bagi hasil pasti kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dan jika semua sudah berjalan lancar saya yakin semua bisa lebih berkembang dan maju, yang penting niat dan kerja keras adalah hasil yang nyata.

Usaha Kuliner


Nah ini cocok sekali buat rekan guru yang hobi dengan masak dan punya keahlian dalam bidang memasak, ini bisa dijadikan alternatif lo ya, selain kita menekuni hobi kita juga bisa menghasilkan uang, contohnya saja jika anda pandai membuat kue, anda bisa memulainya dari skala kecil dulu dan di jual kesekolah tempat mengajar, baru nanti dikembangkan lebih lanjut, bisa juga dijual lewat online ( ini yang baisanya jadi alternatif jaman modern ini dan hasilnya sangat menjanjikan ), sebuah hal sepele jika kita menukuninya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Nah itulah sedikit contoh usaha sampingan guru honorer tanpa modal 0 rupiah, mungkin anda punya ide-ide kreatif lain, atau yang sudah anda jalani dan sukses, silahkan bisa anda sertakan pada kotak komentar, pesan terkahir saya adalah " Niat dan Kerja keras adalah Modal Sukses Anda ".

Selamat mencoba.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

42 Responses to "Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru Honorer Tanpa Modal"

  1. Nice post mas.. Bgus banget tips2 nyaa, guru honorer memang harus kreatif klo nggk? Mau mkan apa heehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas guru honorer harus bisa lebih kreatif dan lebih baik kehidupannya. bukan hanya mengandalkan gaji semata.

      Delete
    2. hem iya mas,memang sudah kebutuhan wajib seorang manusia untuk mencapai finansial yang lebih baik, maka dari itu harus usaha dan kerja keras untuk mewujudkannya

      Delete
    3. hem iya mbah, kreatifitas akan membawa keberkahan dan menjadikan kita lebih profesional dalam hal apapun

      Delete
  2. kalo usaha kuliner mungkin pake modal kang. yang cocok itu mungkin harus di ajarkan cara kang purnaa nih biar penghasilannya lura biasa sampai 17 jt perbulan. mantap.
    jarin saya dong kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem kalau masih skala kecil sekali gak usah bisa kok mas, ibarat sambil buat lauk kita bisa menjualnya, kalau gak gitu bisa pinjam modal terlebih dhulu

      Delete
  3. Mas, kalau untuk karyawan full time apa kira2 usaha sampingan yang cocok? Apakah internet marketing cocok, karena harus fokus juga sama usaha kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. full time itu pasti ada hitungannya mas, masa kerja aktif kurang lebih adalah 8 jam, tidak mungkin sampai 24 jam, mungkin alternatif lain bisa menuliskan tips nya dalam bidang marketing ke suatu blog, dari situlah bisa ditekuni dan investasi jangka panjang

      Delete
    2. Mungkin menekuni internet marketing bisa menjadi alternatif ya mas...mkasih udah mencerahkan

      Delete
    3. benar sekali mas, itu solusi untuk usaha sampingan yang cocok

      Delete
  4. saya jadi reseller gan dan itu hasilnya menguntungkan sekali. karena yang saya jual adalah produk terman saya sendiri dan saya bisa menjual tanpa modal....sampai sekarang Alhamdulillah bisa menambah uang belanja keluarga. tapi dalam bisnis apapun saya setuju dengan pendapat anda kalau memulai usaha tidak harus dengan modal besar, yang penting mau jualan dan belajar dari banyak orang...itu pasti menghasilkan gan...terima kasih atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itulah salah satu bakat yang luar biasa mbah, apapun pekerjaan kita tidak usah malu yang penting kita bisa dan nyaman, hasilnya pasti luar biasa,sukses selalu ya mbah dinan

      Delete
  5. Usaha yang cocok tentu saja paling tidak sesuai dengan minat dan keahlian yang dipunyai ya, mas? Jika sudah ada yang cocok seperti mas Purnama, bisnis online jauh lebih produktif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali pak, orang mempunyai bakat dan keahlian yang berbeda, dan orang sukses itu yang mau mendalami dan mengembangkan bakat itu

      Delete
  6. Guru honorer emang harus banget punya usaha sampingan kalo pengen punya penghasilan lebih. Poin-poin di atas udah oke banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya tidak harus guru honorer juga mas,tetapi pekerjaan lain juga bisa cari usaha sampingan sebagai tabungan masa depan

      Delete
  7. tulisan bisa membawa keuntungan besar dijaman digital ini,apalagi seorang yang masih menjadi guru honorer,saya yakin seorang guru pasti bisa menulis dengan bagus,dan itu modal paling berharga sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas rip, nah contohnya mas rip ini yang selalu menyalurkan hobinya dalam tulisan dan apa yang terjadi? sekarang sudah bisa menghasilkan uang

      Delete
  8. Nice post mas purnama, selain guru honorer sya jg ada usaha sampingan internet (wifi) .. pengen jg belajar mnjdi bloger yg menghasilkan..sprti mas purnama..mgkin bs berbagi ilmunya mas..😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas benar sekali, kita bisa usaha dengan membangun sebuah jaringan wifi tetapi disitu pastinya membutuhkan pengetahuan dan cukup dan pastinya dengan modal yang cukup besar, terimakasih sudah berkunjung mas

      Delete
  9. Satu lagi kang, bisa juga buat blog untuk berbagi pengalaman dan ilmu yang disukai, bahkan kalau sudah dapat mengahsilkan malah lebih bagus Kang. he,, he,,, he,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu salah satu dalam kategori usaha online mas, termasuk sampingan saya sekrang ini adalah menjadi blogger

      Delete
  10. Begitu besar ketimpangan antara guru Ternyata. Mereka yang sudah Sertivikasi begitu sejahteranya hingga Pegawai di istasi lainpun meng irikannya. sementara guru honorer nasibnya sebegitunya dan harus berjuang extra untuk mencukupi kebutuhannya. namun apapun asal iklas menjalani pasti manis pada akirnya apapun usahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, dengan usaha dan ketekunan akan berbuah hasil yang indah

      Delete
  11. Usaha sampingan meskipun income sedikit itu lebih baik dari pada tidak ada input tambahan. Karena dari usaha sampingan akan bisa menjadikan penopang dari penghasilan kita mas..

    Sukses selalu buat semuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, kalau saya usaha sampingan itu untuk tabungan masa depan, sedangkan kerja pokoknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sukses selalu mas

      Delete
    2. sepakat dengan kang boku, tapi menurut saya mah yang paling pas, buka bimbel sama jadi pengusaha online buat guru honorer mah, hasilnya bisa ngelewatin gaji kepsek loch kang...aaaamiiiin

      Delete
    3. hem iya mas thea,semoga dengan ide kreatif guru honorer bisa lebih sejahtera dengan usaha sampingannya

      Delete
  12. buat usaha les sore hari paling efektif bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga termasuk mas, bisa di coba juga usaha bimbel

      Delete
  13. banyak dari guru honorer yg justru mendapat hasil lebih besar dari usaha sampingannya ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas harum, asal kreatif para guru honorer tidak lagi menggantungkan gaji yang pas pasan

      Delete
  14. lumayan juga,bisa buat tambah-tambah penghasilan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat mas, karena dengan usaha sampingan kita akan lebih bisa mencapai cita-cita apa yang kita inginkan

      Delete
  15. waw luar biasa sekali memang pak guru plus pengantin baru yang satu ini, joss. semogra memberi inspirasi bagi para guru-guru yang terkadang apa yang mereka torehkan tidak sebanding dengan apa yang telah mereka berikan kepada kita semua. semoga kesejahteraan guru semakin bagus. amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas, mas danish ini bisa saja deh, yang penting ktia mau berbagi ilmu dan saling mendukung insyaallah keberhasilan akan selalu menyertai kita dan budayakan syukur

      Delete
  16. Usaha sampingan tentunya dapat menambah pundi uang, namun jangan sampai mengabaikan pekerjaan utama ya mas.....ini penting belajar membagi waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu pasti mas daniel, tujuan utama usaha sampingan adalah untuk menambah penghasilan, jadi kita harus memanajemen waktu kita sebaik-baiknya, agar keduanya bisa berjalan dengan baik

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.