Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru Honorer Tanpa Modal

Setiap orang pastinya ingin memiliki kesejahteraan hidup yang layak, termasuk juga seorang pahlawan tanpa tanda jasa ini, sudah tahu sendiri bahwa gaji guru honorer itu tidak sebanding dengan kerja dan keringat yang dikeluarkan, tapi tahukah anda bahwa setiap keringat dan perjuangan yang mereka keluarkan adalah demi kemajuan pendidikan di indonesia, lantas siapa yang akan menghargai jerih payahnya, apakah pemerintah, siswa, masyarakat atau kita tidak mau lagi memikirkan nasib mereka.

Banyak daerah yang masih banyak ada keluhan-keluhan dari seorang guru honorer yang memimpikan gaji yang sesuai, jika dalam etika kerja biasanya ada UMR daerah, kenapa juga untuk guru juga tidak diterapkan upah minimum yang sesuai dengan kinerja mereka. Harusnya ini jadi pemikiran yang pas bagi pemerintah agar pendidikan semakin baik dan lebih baik lagi.

Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Guru Honorer Tanpa ModalKebijakan-kebijakan yang keluar tidak menjadi solusi yang baik untuk gaji seorang guru honorer, apalagi banyak sekolah yang saya amati hanya di jadikan lahan bisnis, yang kaya cuma kepala sekolahnya saja, nah yang gurunya tetap miskin. ibarat kata kita guru hanyalah sebagai buruh yang terlatih, masak sih gaji seorang Sarjana lebih besar daripada Gaji lulusan SMP atau SMA.

Jika kita melihat berbagai kondisi diatas dan semua permasalahan yang ada, tak ada salahnya kita berpikir yang lebih modern, tidak perlu ada yang disalahkan termasuk juga pemerintah, pejabat berwenang dan sebagainya, mari kita mulai memikirkan bagaimana kita bisa mencapai kelayakan hidup yang selama ini kita impikan.

Kondisi ini lah yang akan membuat kita semua semakin cerdas dan bisa mulai berpikir untuk menciptakan peluang usaha sampingan, jika pada kesemapatan yang lalu saya sudah berikan sedikit inspirasi hebat seorang guru honorer, kini saatnya kita mulai action, kita mulai berkasi dan mulai berpikir kira-kira apa yang cocok dijadikan peluang usaha bagi kita semua.

Mungkin dalam penjabaran yang saya sampaikan bisa menjadi inspirasi buat kita semua untuk memulai usaha sampingan, dan mungkin juga bagi rekan guru yang ingin menambahkan ide-ide kreatif lainnya bisa menghubungi saya.

Tidak usah panjang lebar kita bahas, mari kita mulai beraksi sekarang untuk meningkatkan taraf hidup kita sebagai seorang guru honorer agar bisa lebih sejahtera, berikut beberapa ide usaha sampingan guru honorer yang bisa anda coba.

Usaha Sampingan Guru honorer


Apa yang terpikir dalam benak anda mungkin juga sama dengan pemikiran saya, saya tidak punya modal pak, gimana mulai dengan usaha, hem kayaknya mustahil deh saya bisa usaha sampingan, eh jangan salah rekan guru semua, usaha itu tidak harus yang punya modal besar, kita yang bermodalkan 0 rupiah juga bisa usaha lo, lantas bagaimana caranya dong ? ( bingung dalam hati ).

tidak usah bingung rekan guru mungkin ini bisa menjadi solusi anda yang ingin segera memulai usaha sampingan berikut contoh nya;

Usaha Les privat ( Bimbel / bimbingan belajar )


Sambil memberikan ilmu kita juga bisa membuat usaha tanpa modal ini, yang kita modalkan hanyalah ilmu dan sedikit kreatifitas, kok bisa ya ?. ya bisa lah untuk memulainya, gak perlu tempat yang bagus dan di tempat yang strategis, kita mulai saja dengan mengadakan Bimbel / les privat ini di rumah kita, kita cukup menyediakan fasilitas seadanya dan yang penting rumah bersih tertata rapi, pikirkan bagaimana agar siswa merasa nyaman ketika sedang belajar, dan tumbuhkan rasa kreatifitas pada mereka, pasti lambat laun jika mereka merasa nyaman dan enak pasti mengajak teman-teman yang lain, dan ini bisa menjadi omset yang besar jika semakin banyak murid / siwa les privat yang kita bimbing, nah barulah jika sudah dirasa ada pendapatan yang cukup kita bisa memulai membuka cabang-cabang yang lain atau bisa kontrak tempat yang lebih bagus.

Dari sinilah kita merintis karir hanya berbekal ilmu kita juga bisa mencapai kemakmuran hidup. mudah bukan?, pasti ada yang mikir mudah dan ada juga yang sulit, itu sih tergantung niat kita mau sukses atau tidak, tidak ada yang mudah dan langsung instan di dunia ini sobat,proses kita berjalan adalah awal keberhasilan kita,

Menjadi pengusaha online


gimana sih usaha online itu, apakah harus modalnya besar?, apakah harus nonstop kerjanya?, dari beberapa pertanyaan diatas kalau jika kita mengamati, bahwa kerja online itu banyak sekali sistem dan macamnya, termasuk salah satunya adalah membuka toko online, menjadi reseller, menjualkan produk orang lain, bahkan juga kita bisa menjadi seorang blogger ( seperti saya ini ).

Terus modalnya dari mana?, hem modal tidak usah dipikirkan dulu, modal online itu hanya berbekal paket internet saja, kita tak perlu modal lain juga bisa kok, termasuk saya dulunya juga modal 0 rupiah. kok bisa sih gak punya modal bisa usaha online?, ya pasti bisa lah, didunia ini tidak ada yang tidak mungkin ,apalagi di jaman modern ini, kita bisa mulai belajar dan lama kelamaan kita akan bisa sukses dan mengembangkannya juga.

Nah yang terkahir apakah kerjanya nonstop ?, justru sistem online bisa kita kerjakan kapanpun tanpa mengganggu aktifitas tugas kita mengajar, kita bisa menyempatkan waktu luang kita untuk memulainya, baik sore, malam ataupun yang lainnya.

Menjadi Reseller / Menggunakan modal orang lain


Jika kita tidak punya modal kita bisa memanfaatkan diri kita menjadi reseller atau penjual dari orang lain, bisa juga kita menggunakan modal orang lain untuk mulai usaha, dengan sistem bagi hasil pasti kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, dan jika semua sudah berjalan lancar saya yakin semua bisa lebih berkembang dan maju, yang penting niat dan kerja keras adalah hasil yang nyata.

Usaha Kuliner


Nah ini cocok sekali buat rekan guru yang hobi dengan masak dan punya keahlian dalam bidang memasak, ini bisa dijadikan alternatif lo ya, selain kita menekuni hobi kita juga bisa menghasilkan uang, contohnya saja jika anda pandai membuat kue, anda bisa memulainya dari skala kecil dulu dan di jual kesekolah tempat mengajar, baru nanti dikembangkan lebih lanjut, bisa juga dijual lewat online ( ini yang baisanya jadi alternatif jaman modern ini dan hasilnya sangat menjanjikan ), sebuah hal sepele jika kita menukuninya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Nah itulah sedikit contoh usaha sampingan guru honorer tanpa modal 0 rupiah, mungkin anda punya ide-ide kreatif lain, atau yang sudah anda jalani dan sukses, silahkan bisa anda sertakan pada kotak komentar, pesan terkahir saya adalah " Niat dan Kerja keras adalah Modal Sukses Anda ".

Selamat mencoba.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: