Kesalahan Umum Dalam Melakukan Smash Bola Voli

Bermain bola voli merupakan aktifitas yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu juga untuk mengembangkan bakat yang di punya dan menekuni hobi untuk bisa bermain bola voli dengan baik. Dalam bermain bola voli tidak lah cukup hanya menguasai beberapa teknik dasarnya saja, tetapi jika anda ingin menjadi pemain bola voli yang handal harus mampu menguasai keseluruhan teknik dasar bola voli dengan baik.

Ada beberapa teknik yang ada, dan sudah saya jelaskan semuanya pada postingan yang lalu, maka dari itu untuk memahaminya silahkan anda bisa baca lebih lanjut dan mencarinya di volimaniak.

Pastinya dalam bermain bola voli seorang pemain bercita-cita ingin bisa melakukan smash yang keras dan tajam, kesemuanya itu tidak bisa diraih dengan mudah dan anda harus latihan ekstra keras untuk mewujudkan keinginan anda.

Teknik smash bola voli memang kelihatannya mudah tetapi dalam berlatih anda akan banyak mengalami kendala dan mungkin juga pola gerak yang kurang sempurna akan mengakibatkan kesalahan yang fatal sehingga teknik tidak akan dikuasai dengan sempurna.
kesalahan umum smash bola voli
Pada bahasan kali ini volimaniak ingin mencoba menjelaskan beberapa kesalahan teknik smash bola voli, dan mungkin ini bisa anda jadikan pedoman memperbaiki setiap kesalahan yang ada, agar anda dapat menguasai smash bola voli dengan baik dan sempurna. Untuk menyingkat waktu berikut kesalahan umum yang sering dilakukan oleh smasher.

Kesalahan Umum Dalam Smash Bola Voli


Ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan pada waktu anda latihan smash, bisa anda pelajari sendiri agar meminimalisir setiap kesalahan gerak, agar efisiensi gerak benar-benar tercapai, dan ketrampilan gerak smash bisa tercapai dengan sempurna. Berikut kesalahan umum melakukan smash bola voli;

1. Langkah awalan terlalu lebar dan meloncat, akibatnya kurang daya tolak ke atas.

2. Tempat meloncat ( take off ) di bawah bola, sehingga tidak dapat memukul bola dengan keras.
Lengan Smasher terlalu di tekuk pada siku, akibatnya tinggi raihan pukulan rendah, apalagi lengan pemukul di purar-putarkan dahulu dibelakang kanan kepala, sehingga gerakan cambukan kurang efisien dan efektif.

3. Kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan saat memukul bola, ini juga di sebut dengan kelenturan pergelangan tangan / foles nya kurang baik.

4. Gerakan lengan pemukul dari awalan sampai pukulan bola empat kali, semestinya hanya dua kali gerakan pokok.

5. Meloncat ke depan hingga menyentuh net dan saat mendarat hanya satu kaki dan tidak mengeper.
Saat memukul bola posisi badan di udara terlalu miring, akibatnya pukulan smash arahnya terbatas.

6. Smasher kurang kreatif untuk menghindari block dan bervariasi dalam melakukan smash bola voli
Irama awalan, loncat, mencambuk / memukul dan mendarat kurang teratur / terputus-putus sehingga gerakan smash akan kaku dan tidak luwes, ini juga akan berakibat timing pada waktu memukul bola tidak tepat.

7. Pada waktu meloncat kurang di tekuk dan ayunan kedua tangan lewat belakang dan ke arah bawah, sehingga merugikan tinggi loncatan pemain sendiri.

8. Jari-jari dan telapak tangan di genggam pada saat memukul bola, ini jangan sampai terjadi ya karena anda akan sangat sulit mengarahkan bola dan melakukan smash tajam, efek yang timbul kalau bola gak keluar akan kena net.

9. Waktu mendarat hanya mempergunakan salah satu kaki dan tidak ngeper, sehingga kaki sering cedera karena menerima berat badan yang cukup berat pada salah satu kaki saja.

10.Jumping hanya menggunakan satu kaki saja, ini sering terjadi pada waktu latihan dan harus dihindari , karena selain tidak menghasilkan lompatan yang tinggi akan menyebabkan cedera.

11. Waktu meloncat dan memukul bola tidak melihat bola yang di smash.

12. Berat badan tidak ikut membantu lecutan lengan dalam smash, sehingga smash kurang keras

13. Pada saat memukul bola kedua kaki di tekuk pada lutut, sehingga kurang tinggi raihan tangan pada bola, ini akan sangat merugikan tidak bisa menghasilkan smash yang keras dan tajam.

14. Gerakan sendi bahu, sendi siku dan pergelangan tangan kurang lentuk

Itulah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pada waktu melakukan smash, sehingga saya sarankan jika anda ingin menjadi smasher yang handal kurangi atau minimalisir segala kesalahan pada waktu smash, sehingga efisiensi gerak akan tercapai dengan baik, selamat belajar, semoga bisa menjadi pemain bola voli yang handal.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

22 Responses to "Kesalahan Umum Dalam Melakukan Smash Bola Voli"

  1. kesalahan ini nich yang bikin kehilangan poin saat tanding poli mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kesalahanya sering diulang olehg pemain Bola Voli, Bisa kalah ya Mas Pertandinganya

      Delete
    2. kalau pemain kok sering salah itu berarti tidak fokus,kan sudah sering latihan,kenapa masih suka salah hayoo

      Delete
    3. hem sebanarnya kesalahan itu karena kurangnya ketrampilan gerak,jika kita mau koreksi pasti hasilnya lebih bagus kok

      Delete
  2. Ada Trik dan tekhnik nya juga ya Mas Pur dalam Smash Bola Voli itu. Kalau saya yang main nya pasti bakal salah semua cara Smash Bola Voli nya ya Mas Pur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe tergantung juga mas, intinya dalam berlatih selain kita bisa mengoreksi kesalahan orang lain, kita juga harus intropeksi, dari unsur gerakan dan keefesiennya, dan yang paling penting mau merubah kesalahan tersebut menjadi benar

      Delete
  3. Jujur Mas Purnama, saya sebelum menikah di Desa saya jadi idola anak desa lho gara gara saya pandai dalam bermain bolla voli.Tapi sekarang tidak selihai dulu aneh ya Mas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena pengaruh usia dan juga karena faktor rutinitas mas, ketrampilan gerak punya rumus, jika dalam waktu 3 hari tidak dilakukan, ketrampilan itu akan kembali semula, jadi ya bisa dipastikan kalau sama sekali tidak melakukan voli ya pastinya akan menurun drastis, tapi bisa di tingkatkan lagi kok mas kalau mau

      Delete
  4. Jika ini diperhatikan dengan baik dan dijadikan bahan evaluasi bagi khususnya pelatih vollyball, maka tentu dapat dijadikan pedoman untuk melatih klubnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lebih baik mas, karena tiap pelatihan bola voli, kita harus jeli dan mampu mengamati kesalahan-kesalahan yang ada, sehingga akan semakin baik

      Delete
    2. makanya sama nurut sama pelatihnya,wakakaka

      Delete
  5. ga baik ya di gengngam saya kira yang paling keras dengan menggengam tangan di pukulkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keras ih keras mas, tapi banyak gak masuknya, hehehe, percuma kalau keras bolanya keluar lapangan, sama saja tidak dapat point kan

      Delete
    2. benr juga sih udah cape2 tapi melenceng. sayang sekali ya.

      Delete
  6. Dengan mempelajari 14 kesalahan dalam melakukan smash tersebut sekaligus dapat memperbaikinya sehingga smash yang dilakukan menjadi keras dan bahkan bisa dengan menyilang sehingga energi tidak terkuras, ya mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, penerapan dan cara melakukan smash yang benar akan memaksimalkan tenaga dan pengarahan bola

      Delete
  7. Dulu saya pemain voli, tapi cuma liga kampung saja..tapi olahraga ini menyenangkan..tapi sayang jarang ada pertandingan bola voli di TV..salam smash sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, tapi sekarang ini sering tampil di tv kok, kalau liga indonesia, memang prosentasenya masih sedikit sekali

      Delete
  8. Mad saya mau tanya pas saya melakukan smash tngan saya kaku cmbukan kurang maksimal,makanya smash saya kdang keluar,padahal jump saya tinggi,yg sya tanyakan bagaimana melatih tngan atau lengan kta supaya lentur tidak kaku dan poles cara,dan ltihannya bagaimana,terima kasih om,salam pemula😊

    ReplyDelete
  9. Bagaimana ltihan melenturkan tngan ketika melakukan smash om,jjur tngan saya kaku jdi sering keluar,jenis ltihannya bgaimana ya om dan cara melatih poles

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.