Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang mudah kita dapatkan dan biasanya sering kita jumpai di masyarakat, harga buah pepaya pun terbilang terjangkau untuk semua kalangan, biasa orang mengenal buah pepaya digunakan untuk melancarkan pencernaan, karena memang buah pepaya mengendung banyak serat dan kaya akan kandungan vitamin.

Pastinya anda semuanya sudah pernah memakan buah pepaya, asal anda tahu buah pepaya ini punya banyak manfaat lo, sesaat lagi akan kita bahas sama-sama. Buah pepaya selain enak dikonsumsi setiap hari juga mempunyai rasa yang manis dan banyak jenis nya juga, tetapi yang saya bahas disini adalah manfaat buah pepaya secara umum.

Untuk lebih meyakinkan anda, mari kita cari tahu apa saja kandungan gizi pada buah pepaya ini, berikut keterangannya;

1. Kandungan Gizi:

Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.
manfaat buah pepaya untuk kesehatan
Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui.
Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya dari buah apel.

2. Kandungan Enzim Papain

Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein.
Enzim papain pun berkhasiat sebagai obat perut seperti diare, sakit maag dan sembelit.

Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh.
Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.

Enzim Papain terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya.

3. Kadar protein

Dalam buah pepaya memang tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Tapi jumlah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Hal ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya yang mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Selain itu buah pepaya juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Setelah tahu apa saja kandungan gizi buah pepaya, mari kita simak lebih lanjut sebenarnya apa sih manfaat buah pepaya itu?, info lebih lanjut adalah sebagai berikut;

Manfaat Buah Pepaya


1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A pada buah pepaya dipercaya bisa menjaga kesehatan mata, tahu sendiri kan bahwa buah pepaya banyak kandungan gizinya, sedangkan orang bilang bahwa buah pepaya tidak baik untuk mata ? yah jawabannya sepele saja, ya memang buah pepaya tidak baik untuk mata, masak buah di lemparkan ke mata, pastinya untuk dimakan di mulut to ya, hehehehe

2. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Selain kaya akan vitamin A buah pepaya juga kaya akan zat antioksidan yang tentunya bermanfaat sekali mencegah terjadinya oksidasi kolestrol yang menyebabkan stroke maupun serangan jantung.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Mungkin anda perna mengalami yang namanya badan meriang, flu, dan demam secara tiba-tiba padahal cuaca sedang cerah. Hal ini bisa saja disebabkan karena menurunya kekebalan tubuh atau sistem imunitas kita. Bagi anda yang mengalaminya bisa mencoba mengkonsumsi buah pepaya untuk mengatasinya karena kandungan vitamin C pada buah ini mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

3. Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering maupun kusam bisa mencoba mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin C dan E pada buah ini akan mambantu mengatasi kulit kering serta meremajakan sel kulit anda.

4. Pembersi Racun Dalam Tubuh

Banyak dari kita yang hobi mengkonsumsi makanan ce[at saji maupun makanan-makanan yang diolah dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Zat-zat terseut dapat berubah menjadi racun yang berbahaya. Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akan membuat antioksidan yang dikandungan menetralkan racun-racun tersebut.

5. Anti inflamasi

Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

6. Menyehatkan tulang

Kekurangan asupan vitamin K banyak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi, pada masalah patah tulang. Penting untuk mengkonsumsi buah pepaya, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi ekskresi kalsium.

7. Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

8. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

9. Mencegah Degenerasi Makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan, akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.

10. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika pepaya digunakan secara topikal dengan menumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

11. Pencegahan Asma

Risiko untuk mengembangkan asma, akan lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang banyak terkandung dalam pepaya. Seperti yang juga terdapat pada manfaat brokoli, manfaat melon, labu dan manfaat wortel.

12. Mengurangi Berat Badan 

Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa manfaat buah Pepaya untuk kesehatan memang banyak sekali, saya sarankan agar anda bisa mengkonsumsi buah pepaya setiap hari, salam sehat dan semoga manambah wawasan anda.

Baca juga : Manfaat buah apel

Thanks to :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya
http://manfaat.co.id/
http://www.likethisya.com/
Sumber gizi :
Oleh Drh. Rizal Damanik, MRepSc., PhD,
DEPARTEMEN GIZI MASYARAKAT, FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA IPB

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

22 Responses to "Manfaat Buah Pepaya"

  1. Memang manfaat buah pepaya seperti yang diulas diatas terbukti khususnya kalau susah BAB mas. Banyak sekali orang yang sudah tertolong oleh buah yang satu ini ketika susah BAB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, makanya sering-sering makan pepaya ya biar lancar BAB nya

      Delete
    2. wah bagus mas, di rawat yang baik biar buahnya juga besar dan enak

      Delete
    3. Sip mas. Terima kasih informasinya tentang pepaya mas.

      Delete
  2. manfaat buah pepaya versi pecinta burung,dapat mengurangi suhu tubuh burung yang panas serta mengurangi sifat over birahi dan bikin burung tidak galak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ya kelupaan kalau mas rip sukanya burung, jaga burungnya baik-baik ya mas, jangan sampai kluyuran

      Delete
  3. saya baru tau kalo ada enzim papain.
    bisa mencegah strok ya hebat si buah pepaya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, hampir semua buah-buahan jika sering dikonsumsi bisa mencegah penyakit, karena kebutuhan vitamin dan gizi tubuh tercukupi, termasuk manfaat buah pepaya ini juga banyak sekali

      Delete
  4. di kebun saya masih ada buah pepaya yg di tanam mas,jadi nggk perlu beli deh hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak donk mas, tinggal ambil dan makan pisang sepuasnya

      Delete
  5. daun pepaya itu juga berkhasiat utk kesehatan,cuma saya kurang suka karena pahit rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah pahit, tergantung cara memasaknya mas bsa kok di hlangkan rasa pahitnya

      Delete
  6. waktu di kampung saya sering makan buah pepaya, sekarang dibatam sudah jarang, bahkan bisa dihitung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem mungkin karena malas harus beli dulu ya mas,kalau di kampung tnggal ambl langsung bsa dimakan

      Delete
  7. kalau pepaya matang saya kurang suka mas...tapi kalau pepaya yang setengah matang doyan..buat ngerujak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe enak juga tuh mas pepaya di buat rujak

      Delete
  8. banyak banget manfaatnya ternyata, saya suka buah pepaya, adem diperut kalo dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, jangan makan sama isinya ya,wakakaka

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.