Olahraga Yang Termasuk Permainan Bola Kecil

Dalam pembelajaran Penjas tentunya anda sering menjumpai bahwa olahraga memang dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah olahraga permainan bola besar, olahraga permainan bola kecil, aquatik, atletik, kebugaran jasmani, dan masih banyak yang lainnya.

Pembelajaran ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam pembagian ranah cabang olahraga tertentu sehingga pengelompokan cabang olahraga ini wajib diketahui baik dari guru maupun oleh peserta didik kita. maka dari itu wajib bagi anda semuanya untuk mengenal pembagian cabang-cabang olahraga yang telah saya sebutkan diatas tadi.

Dari berbagai cabang olahraga yang ada tidak banyak dari siswa siswi kita mengenal secara lebih lengkap dari pembagiannya, nah dari itulah pada kesempatan kali ini volimaniak akan memberikan ilmu tambahan baru buat anda semuanya khususnya dalam pembagian cabang olahraga permainan bola kecil.
cabang olahraga permainan bola kecil
Untuk lebih lanjut apa saja pembagian olahraga yang tergolong dalam permainan bola kecil, mari kita bahas satu persatu'

Permainan bola kecil


olahraga yang tergolong dalam permainan bola kecil adalah sebagai berikut;

1. Tenis Meja

Olahraga tenis meja ini banyak kita jumpai di berbagai lapisan masyarakat, tetapi banyak juga sekolahan yang belum mengenal olahraga ini karena memang terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, maka dari itulah bagi anda yang ingin mengenal lebih lanjut bagaimana teknik permainan tenis meja bisa melihat lebih lengkap pada postingan yang lalu yaitu teknik dasar tenis meja.

2. Softball

Perlu anda ketahui bahwa softball ini adalah bentuk permainan terkenal dan biasanya pada tingkat sekolah dasar di modifikasi menjadi kasti Nah ini termasuk olahraga yang langka lo, karena memang alat olahraga softball lumayan mahal, apalagi di tunjang keamanan serta lapangannya harus luas untuk bisa bermain softball ini, untuk lebih lengkap mengenai softball silahkan anda bisa pahami dan mencarinya di volimaniak, semuanya sudah saya jelaskan secara lengkap, baca nih : teknik dasar softball

3. Kasti

Kasti biasa kita jumpai pada waktu kita duduk dibangku sekolah dasar, olahraga ini merupakan bentuk modifikasi dari permainan softball, untuk tekniknya silahkan bisa anda pahami dan cari disini semuanya sudah saya jelaskan.

4. Bulutangkis

Siapa sih yang tidak kenal dengan bulutangkis atau biasa dikenal dengan badminton ini, pastinya anda juga sudah mengenalnya, anda bisa membaca dan melihat penjelasan saya lebih lengkap mengenai teknik dasar bulutangkis

5. Bola tangan

Bola tangan juga salah satu olahraga tergolong dalam permainan bola kecil tetapi biasanya jarang kita jumpai pada pendidikan sekolah dasar, bisa saja jika ada sarananya diajarkan pada waktu tingkat SMP maupun SMA, tetapi dalam pembelajarannya jarang dimasukkan ke kurikulum

6. Tenis Lapangan

Nah tenis lapangan ini juga membutuhkan biaya yang banyak,maka dari itu tak banyak sekolahan yang bisa mengadakan pembelajaran ini karena memang banyak sekolahan di indonesia yang masih minim memiliki sarana dan prasarananya, untuk menambah wawasan anda bisa membaca teknik tenis lapangan.

Sementara itu dulu yang bisa saya berikan ya, mungkin masih banyak olahraga yang tergolong dalam pemainan bola kecil, tetapi yang saya sebutkan diatas adalah yang sering digunakan dalam pembelajaran penjas.baik ditingkat SD,SMP/MTs, SMA/SMK, tunggu update berikutnya ya, karena keterbatasan waktu saya tidak bisa menjelaskan secara rinci.terimakasih semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

30 Responses to "Olahraga Yang Termasuk Permainan Bola Kecil"

  1. tenis meja dan bulu tangkis adalah kesukaan saya kang. oleh raga ini sering saya lakukan tapi dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem terus sekarang sukanya apa mas aduls, pindah ke blog ya,wakakaka

      Delete
    2. Sekarang mah boro boro kan Mang Adul? Sibuk Batu bara saja sih hhh

      Delete
    3. hehehe iya benar mas saud, kan mas aduls ge ngurus tambang batu bara

      Delete
  2. kalo ditempat saya mah lagi musimnya sepak bola, kalo bola kecil paling bulutangkis aja mas. padahal banyak banget yah macam permainan bola kecil ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sepakbolamah sepanjang waktu ada terus kang.

      Delete
    2. hem yah kalau sekarang ini memang banyak penggila bola mas hendri, disinipun juga kok

      Delete
    3. Di tmpt saya saya ada loh mas sepak bola yang pakai bola kecil suerr.. soalnya sepak bolla nya memakai bolla kasti :D

      Delete
    4. hem nah itu juga masuk kategori modifikasi permainan sepak bola mas, tidak masalah kok mas

      Delete
  3. Permainan bulu tangkis memang olahraga favorit saya mas. Bukannya pamer, saya perna juara tingkat Kecamatan. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Kang atas diraihnya juara sekecamatan.

      Delete
    2. wah hebat mas dolaldmas bisa meraih prestasi tingkat kecamatan,selamat ya

      Delete
    3. patut di tiru nih mangs aduls

      Delete
    4. Perlu syukuran slametan th mas 3 hari 3 malam biar menang lagi hhh :D

      Delete
    5. nah wajib itu mas saud, saya harus diundang tuh

      Delete
  4. Ya juga sih bola tangan itu dari sd-sma rasnya belum pernah mas,heu
    memang sih kebanyakan yang sering dikeluhkan itu sarana dan prasarananya, kalau semangatnya orang indonesia mah saya percaya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali pak, karena memang keterbatasan alat juga penghalang dalam dunia pendidikan

      Delete
  5. paling saya mah permainan kasti aja yang dulu sering dimainkan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas marnes, kasti juga termasuk kategori olahraga bola kecil, dan ini juga enak dibuat aktifitas pembelajaran lo

      Delete
  6. Yang saya bingung ini bulu tangkis kok tetep masuk pada kelompok bola kecil, padahal bulu tangkis alias badminton kan ga pake unsur bola tapi blu yang di tankis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti yg mas inginkan kudu nya bulu tangkis termsuk unsur bulu buluan kali ya mas mus? Hhhh :D

      Delete
    2. hem kalau dalam teori olahraga buat mas jono shutlltechock itu di kategorikan bola, kan bola itu tidak harus bundar dan berbentuk karet, makanya itu masih kategori bola kecil, karena bulutangkis bolanya kecil

      Delete
    3. heheeh gak gitu juga kale mas saud

      Delete
  7. Tenis meja dan bola kasti termasuk kata gori olah raga bola kecil

    ReplyDelete
  8. ternyata bermain karti itu seperti softball ya mas. saya baru tahu nih, karena pada waktu sekolah dulu kami hanya dikenalkan bermain kasti ketika Sekolah Dasar. tapi kadang yang tidak enaknya adalah lemparan kawan yang terlalu keras membuat badan terasa sakit, hehe. mungkin seharusnya pakai pakaian pelindung ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan karti mas tapi kasti ya, hem kalau softball harus mas, dan ini salah satu alatnya di sebut body protector

      Delete
  9. Replies
    1. masuk mas, tapi gak termasuk olahraga, itu permainan kale, wakakaka

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.