Pengertian Seni Rupa Menurut Beberapa Ahli

Tak lengkap rasanya kalau saya hanya berbagi hanya dalam informasi materi pelajaran penjas saja. maka dari itulah saya akan mencoba memaparkan kepada para pembaca semuanya mengenai mapel seni budaya ini.

Pada tahun ajaran baru 2015/2016 ini saya mendapatkan tugas mengajar seni budaya, maka dari itu untuk menambah wawasan peserta didik saya dan juga seluruh peserta didik di indonesia untuk lebih mengenal mengenai seni budaya akan saya coba jelaskan secara rinci disini.

pengertian seni rupa
Untuk mengawali postingan pertama mapel seni budaya ini akan saya jelaskan materi paling dasar terlebih dahulu, sehingga nantinya anda bisa mempelajari ke materi lebih lanjut. untuk menyingkat waktu mari langsung saja kita bahas apa itu pengertian seni rupa?


Pengertian Seni Rupa


Secara singkat bahwa kita ketahui bahwa seni rupa merupakan seni terapan yang menggabungkan berbagai unsur penjiwaan dan inspirasi seseorang untuk menghasilkan suatu karya. tetapi untuk lebih mengela mari kita simak beberapa pendapat dari para ahli berikut ini;

Seni merupakan suatu karya yang dibuat atau diciptakan dengan kecakapan yang luar biasa sehingga merupakan sesuatu yang elok atau indah. Kebutuhan akan seni budaya merupakan kebutuhan manusia yang lebih tinggi diantara urutan kebutuhan lainnya. Seni budaya berkaitan langsung dengan kesejahteraan, keindahan, kebijaksanaan, ketentraman, dan pada puncaknya merupakan proses evolusi manusia untuk makin dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, seni budaya akan berkembang apabila masyarakat makmur dan sejahtera.
Berikut ini adalah Pengertian dan definisi seni budaya menurut para ahli:

1. HARRY SULASTIANTO

Sei budaya merupakan suatu keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan akan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju

2. M. THOYIBI

Seni budaya merupakan penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan, sudah dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.

3. IDA BAGUS PUTU PERWITA

Seni budaya merupakan penunjang sarana upacara adat

4. SARTONO KARTODIRDJO

Seni budaya merupakan sistem yang koheren karena seni budaya dapat menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan melalui satu bagian saja dapat menunjukkan keseluruhannya

4. Dari wikipedia 

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Nah itulah uraian sedikit materi awal seni budaya khususnya dalam memahami pengertian seni rupa, semoga bisa membantu anda semuanya yang belum tahu, dan minimal menambah wawasan anda dalam materi seni budaya, kita lanjutkan di kesempatan mendatang ya.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: