Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa ~ Sebelum anda belajar lebih lanjut mengenai Seni rupa, alangkah baiknya jika anda mengetahui dari unsur paling dasar terlebih dahulu, pada tingkatan pembelajaran materi seni budaya, seni rupa ini sudah di singgung dan masuk dalam kategori materi awal / dasar dalam mempelajari seni budaya, yaitu Seni rupa.

Seni Rupa sendiri merupakan pokok bahasan dari pembagian dari Seni, dan ini adalah salah satu jenis seni yang wajib kita ketahui, tahukah anda apa itu arti seni rupa?, pasti kebanyakan orang tahu namanya dan sering mempraktekkanya, dan ini secara tidak sadar kita sudah melakukan kegiatan seni rupa.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan uraikan lebih jelas apa sebenarnya pengertian seni rupa?, Mengapresiasi seni merupakan landasan pokok dalam mempelajari wawasan seni budaya, selain itu untuk memperluas pengetahuan anda tentang seni, hal ini juga untuk mendekatkan diri kita memahami seni dan juga ikut melestarikan seni kebudayaan yang sudah ada dari jaman nenek moyang. Sebelum membahas lebih lanjut ayo kita pahami apa itu definisi seni rupa.
pengertian-seni-rupa

Pengertian Apresiasi Seni Rupa


Kata Apresiasi secara etimologi berasal dari bahasa latin, yaitu appretiatus yang artinya memberi putusan dengan rasa hormat sebagai cara untuk menghargai suatu keindahan karya seni", adapaun dalam kamus umum bahasa inggris - indonesia diartikan to apreciate yang artinya "penghargaan", dengan demikian , mengapresiasi seni artinya berusaha mengerti tentang seni dan menjadi peka terhadap unsur di dalamnya sehingga secara sadar mampu menikmati dan pada akhirnya dapat menilai karya seni dengan baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali terdapat pandangan yang keliru terhadapat pengertian seni, hal ini bisa terjadi akibat terbatasnya pengetahuan serta informasi tentang lpenggetian seni, dampakanya adlaah adanya kesenjangan antara seni dengan lingkiungan sosial dan lemahnya kadar apresiasi seni dikalangan pelajar dan masyarakat pada umumnya.

Sebuah karya seni tercipta akan membuat efek lain pada diri penciptanya dan orang lain, suka tau tidak suka, indah atau tidak indah, menyenangkan atau tidak menyenangkan, serta berbagai perasan lain akan dirasakan oleh orang yang melihat karya seni tersebut.

Banyak orang yang mengatakan bahwa seni merupakan sesuatu yang mengandung nilai indah, pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar karena di samping indah, ada seni yang tidak indah, namun tetap mengnadung kata seni, indah atau tidak indahnya suatu karya seni bergantung pada seniman yang membuatnya dan juga para penikmat seni.

Sepanjang sejarahnya, manusia tidak terlepas dari seni, seni merupakan bagian dari kehidupan manusia yang universal, hal itu karena seni merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang mengandung nilai indah ( estetis ). Seni tidak mempunya defisini tersendiri mengingat kompleksitas dan kedalamannya, pengertian seni lebih terarah pada konsep yang muncul secara variatif sesuai dengan pamhaman, penghayatan dan pandangan seseorang terhadap seni yang dijadikan acuan atau batasan.

Pengertian Seni Rupa


Lantas apa sih sebenarnya pengertian seni rupa itu, dari penjelasan yang saya uraiakan diatas pastinya anda minimal sudah tahu banyak apa itu arti seni, dari beberapa sumber pengertian seni rupa dapat saya simpulkan sebagai berikut;
  1. Arti seni rupa adalah karya seni rupa yang dapat dinikmati dengan indra penglhatan visual dan peraba. seni rupa biasanya memanfaatkan beberapa unsur penting yaitu unsur garis, bidang, warna tekstur dan volume, tetapi untuk unsurnya tidak akan saya jelaskan lebih lanjut, kita akan bahas dikesempatan mendatang saja ya.
  2. Dari sumber wikipedia : Pengertian Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Saya rasa sekarang anda semua sudah paham apa itu sebenarnya pengertian seni rupa, jadi tidak usah bingung lagi ya, perlu saya ingatkan kembali bahwa seni rupa itu dibagi menjadi beberapa macam yaitu Seni rupa murni dan seni rupa terapan, ini juga sudah saya jelaskan pada kesempatan yang lalu, silahkan anda bisa mencarinya sendiri ya, untuk kesempatan kali ini cukup sekian dulu, saya juga sudah capek tanganya menuliskan panjang lebar, sampai ketemu di kesempatan mendatang dalam tema yang sama untuk memperdalam pengetahuan materi seni budaya khususnya seni rupa, semoga bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close