Seni Rupa Murni ( Fine Art / Pure Art )

Seni rupa murni merupakan bentuk bagian dari seni rupa pada umumnya. Memahami apa itu seni rupa pada materi pelajaran seni budaya, kali ini untuk menyambung artikel sebelumnya yang sudah saya jelaskan secara rinci apa itu pengertian seni rupa, tiba saatnya untuk kita mengetahui pembagian seni rupa itu apa saja?

Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan yang lalu, seni rupa merupakan salah satu bentuk seni, seni rupa memadukan unsur garis, unsur bidang, warna, unsur tekstur, dan unsur volume, seni rupa dapat dikelompokkan berdasarkan ukuran sebuah karya baik teknik, bahan maupun kegunaannya, secara garis besar seni rupa dibagi menjadi dua macam yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Untuk kesempatan kali ini volimaniak akan membahas dulu salah satu dari pembagian seni rupa tersebut yaitu seni rupa murni / fine art, untuk lebih lengkapnya mari kita bahas secara detail.

Pengertian Seni rupa murni


Seni rupa murni yaitu bentuk seni rupa yang di ciptkan dengan lebih mengutamakan unsur ekpresi jiwa pembuatnya ( seniman ). seni murni diciptakan khusus untuk dinikmati dari segi estetik dan artistiknya, kebebasan dalam berekspresi menjadi hal penting dalam berkarya seni murni,kelompok seni murni ini terdiri dari seni lukis dan seni patung.

Kelompok Seni Rupa Murni


Pembagian seni rupa murni ini dibagi menjadi dua bagian yaitu seni lukis dan seni patung.untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dari tiap bagian seni rupa murni.

Seni Lukis


Seni lukis merupakan satu bentuk seni rupa yang berwujud dua dimensi. Seni lukis termasuk seni rupa yang sudah tua atau berumur ratusan tahun warisan dari nenek moyang. hal tersebut terbukti dari goresan-goresan dinding gua yang sudah ada pada zaman pra sejarah. awalnya goresan-goresan tersebut dibuat untuk kepentingan ritual, setelah itu seni lukis mengalami banyak perkembangan dengan munculnya beragam aliran seperti  kubisme,naturalis, dan realistis,
seni rupa murni
Dari situlah seni lukis berawal, maka pada jaman modern sekarang ini banyak sekali pengembangan seni lukis, bahkan seni lukis juga bisa dilakukan dengan alat canggih modern, seperti menggunakan laptop, serta alat modern yang lain.

Seni Patung

seni rupa murni

Seni patung merupakan satu bentuk seni rupa yang berwujud tiga dimensi. seni patung juga sudah berumur tua, awalanya patung-patung tersebut dibuat untuk kepentingan ritual pemujaan, patung-patung tersebut ada yang terbuat dari kayu atau bongkahan batu, hingga saat ini teknik pembuatan patung terus mengalami perkembangan, misalnya dengan membentuk ( membutsir ), memahat atau mengukir, dan mengecor, bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan seni patung ini beraneka ragam diantaranya adalah tanah liar, plastisini, lilin, bubur kertas, semen, gips, sabun dan es.

Baca Juga Info penting dalam seni rupa yaitu Pengertian Seni Rupa

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Seni murni yang bisa saya berikan pada postingan kali ini, untuk materi seni budaya yang lain akan saya perjelas pada postingan mendatang, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita dalam mengenal seni di indonesia dan juga saya berharap agar kita semua bisa melestarikan warisan karya yang luar biasa ini agar selalu ada dan jadilah penerusnya. selamat berkarya.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: