4 Gaya Renang Yang Diperlombakan Dalam Pertandingan

4 Gaya Renang Yang Diperlombakan Dalam Pertandingan ~ Renang merupakan olahraga air yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dari hobi renang inilah yang nantinya bisa membawa anda menjadi atlet renang yang bisa meraih prestasi dari berbagai even pertandingan.

Renang sudah dikenal sejak zaman kuno, di Indonesia renang dikenal sebelum kemerdekaan dan ini hanya dilakukan oleh bangsa kulit putih serta bagi mereka yang berada saja. Namun pada saat ini di Indonesia renang semakin berkembang dan kompetitif, buktinya sudah semakin banyak dijumpai perkumpulan – perkumpulan renang, atau club renang

Pelajaran materi renang dalam pendidikan penjas pun juga sudah dikenalkan mulai dari bangku sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, semua ini bertujuan agar minimal peserta didik memahami olahraga air yang dikenal dengan nama aquatik agar mereka bisa mengenal ragam olahraga di indonesia.
4 gaya renang yang diperlombakan dalam pertandingan

Salah satu faktor untuk bisa melakukan renang dengan baik adalah dengan menguasai teknik dasar renang yang baik, ini tidak lepas dari unsur latihan dan seberapa besar niat anda dalam berlatih olahraga renang ini.

Memang jika kita amati renang kelihatannya mudah sekali, tetapi banyak sekali yang bilang ini sangat susah, karena ada beberapa unsur penting dalam renang, sebagai contoh, mengapung di air, teknik meluncur di air, dan bagaimana bisa berenang dengan benar, yah ini agaknya susah ya, tetapi anda tidak usah kawatir ini bisa kita latih dengan perlahan-lahan, jika butuh instruktur renang untuk melatih privat, bisa saya ajarkan secara lengkap dan pastinya dalam waktu kurang dari 1 bulan pasti anda sudah bisa renang.

Kebiasaan renang harus diajarkan sejak dini, agar gerak psikomotorik benar-benar bisa terkuasai dengan baik, lantas apa sih yang harus dikuasai terlebih dahulu, ini tidak akan saya bahas pada kesempatan kali ini, tetapi volimaniak pada kesempatan kali ini akan saya bahas terlebih dahulu gaya renang yang di perlombakan di olimpiade, ok deh tak usah berlama-lama langsung cekidot kita pelajari bersama-sama.

Macam-Macam gaya renang yang diperlombakan di olimpiade


Renang juga ditentukan dengan gaya yang diperlombakan lo, tidak asal renang gaya becak, atau gaya batu langsung tenggelam deh, ( Hem hanya bercanda kawan ), dalam even nasional ataupun internasional ada 4 gaya renang yang di perlombakan, yaitu;

a) Renang gaya dada ( Breast Stroke )

Penasaran apa itu renang gaya dada, tidak usah kawatir jika anda kebingungan anda bisa membaca postingan volimaniak yang lalu yaitu : Renang gaya dada ( Breast stroke )

b) Renang gaya bebas ( Freestyle / Breast stroke )

Ingin bisa renang gaya bebas juga, silahkan di ikuti panduan serta cara latihannya di : Renang gaya dada

c) Renang gaya punggung ( Back Stroke )

Untuk gaya punggu hampir sama dengan gaya bebas, cuma posisinya terbalik, jadi badan diatas seperti orang berbaring, cara latihannya bisa anda pelajari di : Renang gaya punggung

d) Renang gaya kupu – kupu ( Buterfly Stroke )

Nah yang ini menurut saya agak sulit lo, banyak dari mereka yang kurang fasih dalam melakukan gaya kupu-kupu ini, karena memang dibutuhkan stamina yang tinggi serta power ayunan lengan yang kuat, tahu lumba-lumba renang kan, nah kurang lebihnya seperti itu, gaya ini juga sering disebut dengan gaya dolpin, ingin belajar lebih lanjut gimana gayanya, baca nih uraian dari volimaniak : Renang gaya kupu-kupu

Nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam Olimpiade:

  1. Gaya dada: 50 m,100 m,200 m,400 m,800 m (putri),1500 m (putra)
  2. Gaya kupu-kupu : 100 m dan 200 m
  3. Gaya punggung : 100 m dan 200 m
  4. Gaya bebas : 100 m dan 200 m
  5. Gaya ganti perorangan : 200 m dan 400 m
  6. Gaya ganti estafet : 4 x 100 m
  7. Gaya dada estafet : 4 x 100 m dan 4 x 200 m
  8. Marathon 10 Km
Salah satu gaya yang selalu diperlombakan dalam kejuaraan renang adalah gaya dada atau breast stroke. Dalam perkembangannya gaya dada telah banyak mengalami perubahan baik itu dari segi tehnik maaupun power. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan koordinasi gerakan yang efektif dan pastinya lebih cepat dari yang sebelumnya. Kaidah – kaidah ilmu kepelatihan sangat diperlukan untuk dapat berprestasi pada cabang olah raga renang, salah satunya komponen kondisi fisik.

Nah ok deh, saya sudah capek ngetiknya, kita belajar lebih lanjut mengenai renang di episode mendatang aja ya ( Kayak sinetron nih admin ), kan harus bertahap dalam berlatih, kalau langsung saya jamin anda bisa langsung klepek-klepek banyak minum air, ok cukup sekian dulu informasi dari volimaniak mengenai gaya renang yang diperlombakan dalam olimpiade, semoga menjadi tambahan wawasan anda dalam bidang olahraga khususnya renang.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close