Jadwal Ujian Nasional Perbaikan Tahun 2015

Jadwal Ujian Nasional Perbaikan Tahun 2015 ~ Dasar pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) Tahun 2015 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik, Penyelenggaraan Ujian Nasional, dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTs atau yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang Sederajat dan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0031/P/BSNP/III/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) Tahun Pelajaran 2014/2015.

Ujian Nasional Perbaikan merupakan pilihan (tidak wajib) bagi peserta UN tahun 2015 yang telah lulus dari satuan pendidikan pada jenjang SMA/MA/ SMAK/SMTK, SMK/MAK, dan Program Paket C yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima) pada mata ujian tertentu.

Bagi sekolah yang memiliki siswa siswinya yang kurang memenuhi standar nilah yaitu 55 bisa mengadakan dan mengikuti Ujian nasional perbaikan ( UNP ) tahun 2015, untuk lebih jelasnya anda bisa melihat secara detail Jadwal Pelaksanaan Ujian nasional perbaikan ( UNP ) tahun 2015 ini.

Ujian Nasional Perbaikan (UNP) merupakan pilihan (tidak wajib) bagi peserta UN tahun 2015 yang telah lulus dari satuan pendidikan pada jenjang SMA/MA/ SMAK/SMTK, SMK/MAK, dan Program Paket C yang memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima) pada mata ujian tertentu.
jadwal ujian nasional perbaikan / unp tahun 2015

Seperti kita ketahui bahwa Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2015 ini dilakukan dengan sistem CBT, begitu juga dalam pelaksanaan ujian perbaikan nasional ini juga akan diadakan dengan ujian berbasis komputer / CBT dan semuanya itu tetap mengacu pada kisi-kisi UN tahun 2015 kemarin.Untuk lebih jelasnya berikut informasi yang bisa volimaniak berikan mengenai jadwal pelaksanaan Ujian nasional perbaikan tahun 2015.

Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan ( UNP )

  1. Ujian Nasional Perbaikan dilaksanakan dalam bentuk ujian berbasis komputer/Computer Based Test (CBT).
  2. Soal UNP mengacu pada kisi-kisi UN 2015.
  3. Hasil UNP dilaporkan dalam bentuk SHUN yang memuat nilai mata ujian yang ditempuh pada UNP dan ditandatangani oleh Ketua Pelaksana UNP yang ditetapkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemdikbud.
  4. Ujian Nasional Perbaikan diselenggarakan pada tanggal 22 Februari sampai dengan 5 Maret 2016.

Jadwal Ujian Nasional Perbaikan ( UNP )

Untuk lebih jelas kapan waktu pelaksanaan UNP ini anda bisa melihat tabel dibawah ini;

JADWAL UNP TAHUN 2015
No. Tahapan Kegiatan Jadwal/waktu Pelaksanaan
1 Pendaftaran Calon Peserta UNP. 28 September s.d. 23 Oktober 2015
2 Verifikasi peserta oleh Provinsi/Kabupaten/Kota dan sekolah . 16 Oktober s.d. 15 November 2015
3 Rekapitulasi dan penetapan peserta serta pengalokasian tempat UNP. 1 s.d. 23 November 2015
4 Pemilihan tempat UNP oleh peserta. 1 s.d. 11 Desember 2015
5 Penetapan tempat dan jadwal ujian untuk peserta. 12 s.d. 23 Desember 2015
6 Pengumuman tempat ujian dan jadwal kepada peserta. 16 s.d. 31 Januari 2016
7 Pencetakan Kartu Peserta ujian oleh peserta 16 s.d. 31 Januari 2016
8 Pelaporan diri peserta ke panitia pelaksana UNP di tempat ujian 1 s.d. 10 Februari 2016
9 Latihan ujian oleh peserta UNP di lokasi pelaksanaan UNP 1 s.d 13 Februari 2016
10 Pelaksanaan UNP 22 Februari s.d. 5 Maret 2016
11 Pengumuman hasil UNP. 19 Maret 2016
Demikian yang bisa saya informasikan mengenai Jadwal ujian nasional ( UNP ) tahun 2015, semoga bisa menjadikan himbauan bagi kita semuanya khususnya dalam dunia pendidikan, dan bagi putra putri kita bisa segera teratasi yang mengalami kendala dalam ujian nasional, semoga bermanfaat, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

20 Responses to "Jadwal Ujian Nasional Perbaikan Tahun 2015"

  1. informasinya cocok banget buat tetangga saya mas.. saya save ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mbak, silahkan bisa di amankan dulu

      Delete
  2. Jadwl Ujian Nasional Perbaikan tentu menjadi sangat di cari oleh para pemuda haraan bangsa yang kemarin terkendala Ujian Nasional nya karena berbagai hal.
    semoga ujian perbaikan ini hasilnya juga semakin harus menjadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas thea, semoga saja pengadaan UN semakin baik dan lancar

      Delete
  3. Wah, bukan main mas Purnama. Jauh-jauh hari dikeluarkan jadwal UN sekalian dengan perbaikannya. Semoga menjadi langkah yang bagus untuk mempersiapkan UN 2016...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ini salah satu antisipasi awal dalam memperisapkan segala sesuatunya mas, jadi bisa lebih aman dan setiap permasalahan dalam UN bisa cepat teratasi

      Delete
  4. saya ikut dong pak guru,soalnya ujian saya dulu ilainya jeblok semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas rip, tapi kalau ikut jangan nilainya tambah anjlok ya, kan dah lama lo gak belajar, paling dah lupa semuanya, wakakaka

      Delete
  5. perasaan baru kemaren saya jadi panitia penerimaan siswa baru eh gak lama lagi bakal ada ujian yah, dan ternyata jadwal ujian nasional tersebut dari jauh-jauh hari udah dipersiapkan yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar skali mas, ini aja kita sudah mid semester bentar lagi gak terasa juga sudah persiapan semester lo mas

      Delete
  6. Kalau UNP sama remedial beda ya mas...berarti dengan adanya UNP semua siswa sudah dipastikan Lulus 100% ya... sekarang enak sekali ujiannya pakai berbasis komputer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mas, kalau remidial itu dilakukan dalam lingkup kecil, kalau UNP ini serentak di seluruh indonesia dalam pelaksanaan UN, apalagi juga sudah dalam progam CBT

      Delete
  7. Ini perlu nih informasi yang seperti ini. patut di bokrmark. tapi tempat kami libur terus mas, karena asap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem sabar mas, semoga cobaannya bisa segera teratasi

      Delete
  8. sukur alhamdulillha ya mas masih ada jadwal perbaikan jgn sia siakan inih

    ReplyDelete
  9. bagaimana melihat pengumuman tempat ujian dan jadwal kepada peserta

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk secara online mungkin belum tersedia mas, tunggu updatenya saja

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close