Macam-Macam Gaya Pada Tolak Peluru

Macam-Macam Gaya Pada Tolak Peluru. Tolak peluru merupakan sebuah cabang olahraga yang masih dalam kategori cabang olahraga atletik, dan ini merupakan salah satu kategori nomor lempar, Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar (peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Berat peluru yang digunakan dalam perlombaan adalah 7,25 kg (untuk putra) dan 4 kg (untuk wanita).

Bagi anda yang masih kebingungan mengenai tolak peluru, tidak usah kawatir karena volimaniak akan jelaskan secara rinci semua seluk beluk mengenai olahraga atletik tolak peluru ini. Tolak peluru seringkali kita jumpai pada waktu kita masih duduk di bangku sekolah baik dari tingkat SD, SMP/MTs, SMA / MTs,

Jika anda ingin menghasilkan tolakan yang benar minimal anda harus mengetahui dan menguasai teknik dasar tolak peluru dengan benar, olahraga ini terbilang mempunyai tingkat resiko tinggi karena dengan sarana peluru yang terbuat dari besi dan beratnya pun juga lumayan, maka dari itu keamanan pada waktu melakukan tolak peluru haruslah diperhatikan, jangan sampai ketika siswa sedang melakukan tolak peluru ada siswa yang lain di depannya. Untuk itulah bagi anda guru penjas harus pintar-pintar mengondisikan siswa siswinya dilapangan agar tidak terkena lemparan peluru.
jenis gaya tolak peluru
Ok deh tidak usah lama-lama saya menjelaskan uraian untuk tolak peluru ini, kali ini volimaniak akan sedikit menjelaskan macam-macam gaya tolak peluru, untuk lebih jelasnya mari kita pahami satu persatu.

Macam-macam gaya tolak Peluru


Gaya dalam tolak peluru secara umum dibagi menjadi 2 bagian yaitu gaya ortodoks, dan gaya O"brien, nah apa sih gaya itu dan bagaimana cara melakukannya? sesaat lagi anda akan tahu penjelasaanya kok, santai saja deh.

Gaya tolak peluru yang sering digunakan pada tolak peluru, yaitu gaya lama atau gaya ortodoks dan gaya baru atau gaya O`Brian. Kalau ada gaya lain hanyalah merupakan variasi dari kedua gaya tersebut. Tujuan tolak peluru adalah menolak sejauh-jauhnya untuk memperoleh prestasi yang optimal. Adapun pembagian gaya pada tolak peluru dibagi menjadi 2 gaya yaitu;

Tolak Peluru Gaya Menyamping / Ortodoks


Cara melakukan attau teknik tolak peluru gaya samping adalah sebagai berikut :
macam-macam gaya pada tolak peluru

  1. Peluru siap dipegang (dengan tangan kanan) dan diletakkan pada pangkal leher seperti yang telah diutarankan terdahulu yaitu cara memegang peluru pada tolak peluru
  2. Sikap permulaan berdiri badan miring, arah tolakkan disebelah kiri badan. Lutut kaki kanan agak ditekuk, kaki kiri dijulurkan kebelakang agak lurus dan rileks/lemas berpijak pada ujung kaki. Tangan atau lengan kiri diangkat rileks setinggi bahu atau lebih. Berat badan sebagian besar pada kaki kanan, pandangan kedepan bawah.
  3. Sebelum meluncur kekiri, kaki kiri diangkat kedepan terus melingkar kesamping kiri dan kembali berpijak ditempat semula. Ayunan kaki kiri ini hanya mendapat gerakkan pendahuluan saja, untuk mencari pendahuluan. Maka gerakkan pendahuluan saja, untuk mencari keseimbangan . Maka gerakkan pendahuluan ini cukup dilakukan 2 atau 3 kali saja.
  4. Setelah keseimbangan badan benar-benar mantap, maka pada putaran/ayuanan kaki yang terakhir, kaki kiri tadi tidak perlu  diletakkan ditanah, tetapi justru agak ditari kekanan sehingga tungkai betis) kiri berada dibelakang betis/kaki kanan, atau lebih kekanan lagi (agak menyilang). 
  5. Dari sinilah kaki kiri diayuankan cepat kesamping kiri dengan disertai tolakkan kaki kanan. Tolakkan kaki kanan ini harus datar dan rendah saja (bukan melonca/melambung). Akhir dari gerakkan meluncur kekiri ini, kaki kanan mendarat terlebih dahulu kira-kira pada pusat lingkaran, sedangkan kaki kiri terus dijulurkan jauh kesamping kiri, sehingga saat berpijak ditanah ujung telapak kaki hampir atau sedikit menyentuh bidang dalam balok penahan. Saat inilah sikap/posisi menolak seperti telah diuraikan terdahulu.
  6. Dari sikap/posisi menolak ini, perlu segera di tolakkan dengan cara seperti telah diuraikan didepan.

Tolak Peluru Gaya Belakang / O'brien


Teknik Tolak peluru gaya Belakang (O'Brein) hampir sama dengan gaya tolak peluru ortodoks, cuma bedanya cara melakukan tolakan dengan membelakangi sektor lemparan.
macam-macam gaya tolak peluru

  1. Peluru siap dipegang dan diletakkan pada pangkal leher (dengan tangan kanan).
  2. Sikap pemula berdiri membelakangi arah tolakkan. Kaki kanan tegak, kaki kiri terjulur agak lurus dan rileks kebelakang berpijak pada ujung kaki. Barat badan sebagian besar berada pada kaki kanan. Pandangan kebawah atau kedepan (sekitar 5-10 meter). Pada posisi ini seluruh bagaian badan rileks, sambil berkonsentrasi dan mengatur pernapasan.
  3. Secara bersamaan, badan dicondongkan kedepan dan kaki kiri  diangkat rileks keatas  hampir datar dengan tanah, lengan kiri turun-lurus-lemas kedepan-bawah. Kemudian lutut kanan dan lutut kiri sama-sama ditekuk, sehingga paha kanan hampir menyentuh dada. 
  4. Dari posisi ini, lutut kiri segera diluruskan/dijejakkan/diayunkan cepat kebelakang dengan disertai tolakkan kaki kanan (lutut samping lurus). Tolakkan kaki kanan kebelakng ini harus rendah saja dan secepat mungkin agar gerakkan meluncur gerakkan ini berjalan lancar dan tidak melambung. Selama meluncur kebelakang badan tetap rendah dan condong kedepan serta masih membelakangi arah tolakkan.
  5. Akhir dari luncuran kebelakang tadi diawali dengan mendaratnya kaki kanan terlebih dahulu kira-kira pada pusat lingkaran, disusul kaki kiri berpijak agak disebelah kiri dan garis tengah, bagian ujung kaki hampir atau sedikit menyentuh bidang dalam balok penahan. Pada saat kaki ini berpijak, disinilah terjadi sikap/posisi menolak.
  6. Dari sikap/posisi menolak ini, peluru segera ditolakkan dengan cara seperti telah diuraikan terdahulu yaitu Tahapan-tahapa dalam Tolak Peluru
Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai macam-macam gaya pada tolak peluru, semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya.
Powered by Blogger.