Pengertian Permainan Bulutangkis/Badminton

Pengertian Permainan Bulutangkis. Olahraga yang di kenal dengan cara bermain menggunakan raket adalah bulutangkis, olahraga ini termasuk dalam kategori olahraga permainan bola kecil yang mana sudah sering kita terima pelajarannya ketika masih duduk dibangku sekolah,

Permainan bulutangkis merupakan olahraga yang bisa di bilang cukup modern dan hampir dikenal oleh semua orang masyarakat indonesia, karena olahraga ini termasuk olahraga yang mudah di pelajari dan bisa dilakukan oleh berbagai umur, termasuk dari anak-anak, remaja, dan dewasa.

Olahraga ini salah satu olahraga termahal yang membutuhkan biaya banyak untuk bisa bermain, karena memang perlengkapan utama yang dibutuhkan adalah shuttlechock, dan ini sifatnya hanya dalam satu permainan sudah rusak, tidak seperti olahraga lain seperti permainan bola voli yang bolanya bisa digunakan dalam beberapa tahun.

Hem walaupun mahal olahraga ini termasuk laris dan seringkali dimainkan oleh beberapa kalangan, karena badminton juga bisa dimainkan dimanapun, untuk lebih idealnya memang olahraga ini dimainkan di ruangan tertutup yang tidak ada angin, bisa di GOR atau pun yang lain, saya pun juga sering mengisi waktu luang pada waktu malam hari untuk bermain bulutangkis ini lo, memang asyik dan menyenangkan walau harus keluar uang lumayan banyak untuk bisa bermain.
pengertian bulutangkis
Pengertian Bulutangkis, Source image : indopos.co.id
Pada topik kali ini masih seputar bulutangkis, untuk menambah wawasan anda selain mempelajari teknik dasar bulutangkis, alangkah baiknya jika anda lebih tahu secara detail apa sih pengertian bulutangkis itu?

Ok tak usah lama-lama saya menguraikannya, bagi yang sudah ingin lanjut materi ini, wajib di baca sampai habis ya, berikut keterangan lebih lanjut mengenai pengertian bulutangkis.

Pengertian Bulutangkis/Badminton


Hem emang ada ya arti dari badminton itu? yah semua materi penjas bisa di artikan lo, baik dari permainan, aquatik, atletik, kebugaran jasmani dan sebagainya, termasuk olahraga badminton ini, ok berikut pengertian permainan badminton;

Dari sumber wikipedia disebutkan bahwa pengertian permainan bulutangkis adalah : Suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Sekarang sudah tahu kan apa itu arti permainan bulutangkis, untuk lebih lengkap lagi juga akan saya bahas sedikit informasi dari permainan bulutangkis, untuk lebih jelas, bisa dibaca berikut ya;

Sejarah permainan bulutangkis

Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket, kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.

Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Untuk lebih jelas lebih lengkap mengenai sejarahnya bisa anda baca pada postingan yang lalu yaitu : Sejarah permainan bulutangkis

Teknik Dasar Bulutangkis


Untuk bisa bermain bulutangkis dengan baik perlu penguasaan teknik dasar badminton dengan baik, maka dari itu anda yang belum tahu bisa baca baik-baik, teknik dasar bulutangkis di bagi menjadi beebrapa bagian yaitu ;
  • Cara memegang raket (Grip)
  • Sikap Berdiri
  • Gerak Kaki (Foot Work)
  • Teknik Pukulan (Strokes)
  • Pukulan dari atas kepala :
  • Pukulan dari tengah atau samping
Tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut mengenai uraian dari tekniknya, ini sudah saya bahas secara lengkap beserta pembagiannya, anda bisa membacanya lebih lanjut pada postingan saya yang lalu :
Powered by Blogger.