Waktu Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru / UKG Tahun 2015

Waktu Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015 ~ UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi (subject matter) berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas. Oleh karena itu instrumen tes untuk guru SD, SMP, SMA dan SMK dibedakan sesuai dengan jenjang pendidikan tempat guru tersebut bertugas. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian kompetensi pedagogik dimaksud.

Semua prinsip dan waktu pelaksanaan UKG ini sebenarnya juga sudah terdapat dalam Juknis UKG guru tahun 2015, tetapi untuk menambah wawasan anda, tak ada salahnya jika saya jelaskan lebih rinci lagi disini;
Jadwal UKG tahun 2015

Dalam pelaksanaan UKG harus diperhatikan prinsip-prinsip UKG sebagai berikut.

1. Objektif

Pelaksanaan uji kompetensi guru dilakukan secara benar, jelas, dan menilai kompetensi sesuai dengan apa adanya.

2. Adil
Dalam pelaksanaan uji kompetensi guru, peserta uji kompetensi guru harus diperlakukan sama dan tidak membeda-bedakan kultur, keyakinan, sosial budaya, senioritas, dan harus dilayani sesuai dengan kriteria dan mekanisme kerja secara adil dan tidak diskriminatif.

3. Transparan

Data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan uji kompetensi seperti mekanisme kerja, sistem penilaian harus disampaikan secara terbuka dan dapat diakses oleh yang memerlukan.

4. Akuntabel

Pelaksaan uji kompetensi guru harus dapat dipertanggung-jawabkan baik dari sisi pelaksanaan maupun keputusan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

Jadwal Pelaksanaan UKG Tahun 2015


Untuk waktu Pelaksanaan UKG tahun 2015 dilakukan dengan dua sistem yaitu sistem online dan sistem online, adapun waktu pelaksanaannya adalah sebagai berikut;

1. Sistem Online

Pelaksanaan UKG online tahun 2015 akan berlangsung antara tanggal 9-27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Jadwal pelaksanaan UKG ditentukan bersama oleh PPPPTK/LPPKS/ LPPPTK-KPTK, bersama LPMP dan dinas pendidikan kab/kota. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak Tempat Uji Kompetensi (TUK) semakin cepat pelaksanaan UKG.

2. Sistem Offline

Waktu pelaksanaan UKG Offline dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 1 (satu) hari, jadwal pelaksanaan akan ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKG online atau setelah UKG online selesai.

Demikian yang bisa saya berikan mengenai Jadwal Waktu Pelaksanaan UKG tahun 2015, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mempersipakan segala persiapan dalam mengikuti Tes UKG tahun 2015, semoga bisa bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Waktu Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru / UKG Tahun 2015"

  1. pedoman UKG dan jadwal waktu pelaksanaan tentunya sangat di perlukan di ketahui oleh para guru yang tahun ini akan mengikuti uji kompetensi, semoga yang tahun ikutan UKG pada sukses semuanya yeah

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin mas thea, terimakasih atas doa dan partisipasinya untuk menyukseskan UKG tahun 2015

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.