Cara Melakukan Gerakan Meroda Pada Senam Lantai Dengan Benar

Cara Melakukan Gerakan Meroda Pada Senam Lantai. Gerakan meroda merupakan sebuah gerakan dasar dalam olahraga senam yang mana sering kali kita jumpai ketika masih duduk dibangku SMP maupun SMA, Gerakan meroda senam lantai ini sebenarnya cukup simpel dan mudah asal dilakukan dengan benar.

Gerakan meroda ini salah satu dari gerakan senam lantai yang paling dasar diantara gerakan senam lantai yang lain, karena jika kita amati dengan seksama gerakan senam lantai banyak sekali, itupun bisa di rangkai menjadi variasi dan kombinasi yang sangat indah gerakannya, tetapi tidak banyak dari kalian yang mampu melakukannya.

Memang dalam senam lantai membutuhkan tingkat kelenturan tubuh yang tinggi serta memiliki daya tahan otot yang lebih, maka dari itu untuk menambah pengetahuan anda dalam belajar senam lantai, kali ini volimaniak akan mencoba berbagi kepada anda semuanya mengenai gerakan meroda pada senam lantai. ok deh mari kita pahami satu-satu dari inti meroda ini;

Senam Lantai Meroda


Untuk mempermudah anda semuanya, saya akan jelaskan secara rinci termasuk dari pengertian, cara melakukan meroda dengan benar, serta cara memberikan pertolongan meroda, baiklah langsung saja mari kita lanjutkan;

Pengertian Meroda


Apa sih pengertian meroda itu? hem cukup simpel sebenarnya kok, jika anda tahu roda berputar ya kurang lebihnya seperti itu, karena memang gerakan meroda ini merupakan suatu gerakan memutarkan badan kesamping dengan tumpuan kedua tangan, olahraga ini cukup digemari oleh anak SD juga lo, karena malah dari mereka yang masih kecil masih lentur pinter sekali melakukannya, adapun cara melakukan gerakan meroda bisa anda lihat lebih lanjut berikut rincian cara melakukannya;

Cara Melakukan Meroda


Untuk latihannya anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini;
  • Berdiri sikap menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka sedikit lebar, kedua  tangan lurus ke atas serong ke samping (menyerupai huruf "V") dan pandangan ke depan.
  • Jatuhkan badan ke samping kiri, letakan telapak tangan kiri ke samping kiri, kemudian kaki kanan diangkat lurus ke atas. Setelah itu disusul dengan meletakan tangan kanan di samping tangan kiri.
  • Letakan kaki kanan ke samping kaki kiri, tangan terangkat disusul dengan meletakan kaki kiri di samping kaki kiri di samping kaki kanan.
Untuk lebih detailnya anda bisa melihat gambar dibawah ini;
gerakan meroda senam lantai

Cara Memberikan Pertolongan Pada Latihan Meroda 

  • Satu orang teman memberikan pertolongan dengan cara berdiri di belakang orang yang melakukan gerakan meroda.
  • Pada saat badan dan kedua kaki yang melakukan meroda terangkat ke atas, maka si teman segera memegang kedua sisi pinggulnya.
  • Dilanjutkan dengan melakukan gerakan meroda ke samping, dan teman yang membantu tetep memegang kedua sisi pinggulnya sampai kedua kaki menumpu di lantai. 

Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat melakukan Meroda

  • Lemparan kaki kurang kuat
  • Lemparan kaki membusur ke arah depan, seharusnya ke atas.
  • Penempatan tangan pertama di lantai terlalu dekat dengan kaki tolak
  • kedua siku dibengkokan
  • sikap badan kurang melenting
  • sikap kepala kurang menengadah saat kedua tangan bertumpu di lantai
  • Penempatan kaki terakhir yang mendarat terlalu dekat dengan kaki pertama mendarat di kaki.
Cukup mudah bukan cara melakukan gerakan senam lantai meroda ini, yah jika anda mau latihan paling 1 jam sudah bisa kok, selamat mencoba buat para pembaca semua, cukup disini dulu materi senam lantai kali ini khususnya gerakan meroda senam lantai, sampai ketemu di materi penjas berikutnya.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

34 Responses to "Cara Melakukan Gerakan Meroda Pada Senam Lantai Dengan Benar"

  1. kayanya saya berat sama perut mas:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem berat sama dipikul mas aduls, jadi gak perlu pusing kalau perutnya berat

      Delete
    2. bukan kabanyakan makan bukan bos batubara tapi emang dasar aja perut sayah istri suka yang begini. hahahaha

      Delete
    3. wakakaka, jadi saingan ya mas aduls

      Delete
    4. maksudnya begini gimana mangs, hamil ya ? hahahaha

      Delete
    5. nah benar tuh mas mukhlis, wakakaka

      Delete
  2. kalo senam lantai mah kayaknya saya blom nyobain mas, saya sukanya senam SKJ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas, bisa dicoba dulu deh

      Delete
    2. betul, mesti dicoba sekarang juga tuh ya mas ? hehehe

      Delete
    3. hem jangan sekarang mas, biar latihan dulu

      Delete
    4. saya tiap selasa senam ayo bangtik. coba cari aja di yutub

      Delete
    5. hem wah sehat donk mas, di tmbah porsi nya mas, coba senam aerobik

      Delete
  3. kalo orang belum terbiasa mungkin akan menjadi susah ya mas purnama untuk melakukannya, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, butuh kelenturan dan keseimbangan untuk melakukan gerakan meroda

      Delete
    2. kalo saya alhamdulillah aman mas :) hehehe

      Delete
    3. alhamdulillah kalau gitu mas mukhlis

      Delete
  4. sory ya mas ? telat hadir, habis macet dijalan akhir akhir ne, selalu ada razia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok deh mas gak ap2, maklum lah saya kadang juga begitu kok

      Delete
    2. kok tahu mas, ngintips ya hahahaha

      Delete
  5. Aku pernah melakukan senam meroda seperti itu tapi hasilnya kurang bagus, lentingan badan justru terlalu kuat tapi jatuhnya ke belakang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, berarti keseimbangannya kurang bagus itu mas

      Delete
  6. klo sekarang senam meroda kayanya miring, nggak bisa lurus badannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem, mungkin dah jarang melakukannya mas, makanya gitu deh

      Delete
  7. gerakan seperti ini sampai sekarang gak bisa sya lakukan

    ReplyDelete
  8. teorinya udah di simak,tinggal di praktekin aja nih mas biar bisa

    ReplyDelete
  9. Saya gak bisa senam lantai meroda, di umur 20 tahun saya punya badan lentur karena selalu menari dan pemanasan, tapi saya tdk bisa senam lantai meroda, apa tidak akan kenapa2 belajar meroda di umur 20 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pak, gak masalah, asal rajin latihan saja, terutama kelenturan tubuhnya

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.