Cara Melakukan Gerakan Meroda Pada Senam Lantai Dengan Benar

Cara Melakukan Gerakan Meroda Pada Senam Lantai. Gerakan meroda merupakan sebuah gerakan dasar dalam olahraga senam yang mana sering kali kita jumpai ketika masih duduk dibangku SMP maupun SMA, Gerakan meroda senam lantai ini sebenarnya cukup simpel dan mudah asal dilakukan dengan benar.

Gerakan meroda ini salah satu dari gerakan senam lantai yang paling dasar diantara gerakan senam lantai yang lain, karena jika kita amati dengan seksama gerakan senam lantai banyak sekali, itupun bisa di rangkai menjadi variasi dan kombinasi yang sangat indah gerakannya, tetapi tidak banyak dari kalian yang mampu melakukannya.

Memang dalam senam lantai membutuhkan tingkat kelenturan tubuh yang tinggi serta memiliki daya tahan otot yang lebih, maka dari itu untuk menambah pengetahuan anda dalam belajar senam lantai, kali ini volimaniak akan mencoba berbagi kepada anda semuanya mengenai gerakan meroda pada senam lantai. ok deh mari kita pahami satu-satu dari inti meroda ini;

Senam Lantai Meroda


Untuk mempermudah anda semuanya, saya akan jelaskan secara rinci termasuk dari pengertian, cara melakukan meroda dengan benar, serta cara memberikan pertolongan meroda, baiklah langsung saja mari kita lanjutkan;

Pengertian Meroda


Apa sih pengertian meroda itu? hem cukup simpel sebenarnya kok, jika anda tahu roda berputar ya kurang lebihnya seperti itu, karena memang gerakan meroda ini merupakan suatu gerakan memutarkan badan kesamping dengan tumpuan kedua tangan, olahraga ini cukup digemari oleh anak SD juga lo, karena malah dari mereka yang masih kecil masih lentur pinter sekali melakukannya, adapun cara melakukan gerakan meroda bisa anda lihat lebih lanjut berikut rincian cara melakukannya;

Cara Melakukan Meroda


Untuk latihannya anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini;
  • Berdiri sikap menyamping arah gerakan, kedua kaki dibuka sedikit lebar, kedua  tangan lurus ke atas serong ke samping (menyerupai huruf "V") dan pandangan ke depan.
  • Jatuhkan badan ke samping kiri, letakan telapak tangan kiri ke samping kiri, kemudian kaki kanan diangkat lurus ke atas. Setelah itu disusul dengan meletakan tangan kanan di samping tangan kiri.
  • Letakan kaki kanan ke samping kaki kiri, tangan terangkat disusul dengan meletakan kaki kiri di samping kaki kiri di samping kaki kanan.
Untuk lebih detailnya anda bisa melihat gambar dibawah ini;
gerakan meroda senam lantai

Cara Memberikan Pertolongan Pada Latihan Meroda 

  • Satu orang teman memberikan pertolongan dengan cara berdiri di belakang orang yang melakukan gerakan meroda.
  • Pada saat badan dan kedua kaki yang melakukan meroda terangkat ke atas, maka si teman segera memegang kedua sisi pinggulnya.
  • Dilanjutkan dengan melakukan gerakan meroda ke samping, dan teman yang membantu tetep memegang kedua sisi pinggulnya sampai kedua kaki menumpu di lantai. 

Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat melakukan Meroda

  • Lemparan kaki kurang kuat
  • Lemparan kaki membusur ke arah depan, seharusnya ke atas.
  • Penempatan tangan pertama di lantai terlalu dekat dengan kaki tolak
  • kedua siku dibengkokan
  • sikap badan kurang melenting
  • sikap kepala kurang menengadah saat kedua tangan bertumpu di lantai
  • Penempatan kaki terakhir yang mendarat terlalu dekat dengan kaki pertama mendarat di kaki.
Cukup mudah bukan cara melakukan gerakan senam lantai meroda ini, yah jika anda mau latihan paling 1 jam sudah bisa kok, selamat mencoba buat para pembaca semua, cukup disini dulu materi senam lantai kali ini khususnya gerakan meroda senam lantai, sampai ketemu di materi penjas berikutnya.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: