Cara Melakukan Gerakan Handstand Dengan Benar

Cara Melakukan Gerakan Handstand. Pasti anda semuanya sudah tidak asing lagi kan dengan handstand ini, memang gerakan handstand merupakan salah satu gerakan senam lantai, dan biasanya sering kita dapatkan materinya di tingkat SMP dan SMA.

Gerakan Handstand ini tergolong sulit dilakukan karena mambutuhkan kekuatan otot lengan yang tinggi serta membutuhkan keseimbangan yang baik. maka dari itu dulu ketika materi handstand ini banyak murid saya yang tidak bisa melakukannya,

Lantas,  apa yang harus saya lakukan agar bisa melakukan handstand ini? tenang anda tidak usah kawatir, jika ada niat dan mau latihan yang keras pasti anda dengan mudah bisa melakukan gerakan handstand dengan baik.

Ok untuk menyingkat waktu kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semuanya yaitu cara melakukan gerakan handstand pada senam lantai dengan benar, anda bisa mengikuti semua saran dan cara latihan yang benar berikut ini;

Gerakan Handstand Senam Lantai


Handstand merupakan sikap berdiri menggunakan kedua tangan yang terbuka, sehingga terbentuklah posisi berdiri dengan tumpuan tangan serta posisi badan yang lurus. untuk melakukan gerakan handstand silahkan anda bisa mencoba cara sederhana berikut;
cara melakukan gerkan handstand
Gerakan Handstand - Source imaga : id.wikihow.com

Cara Melakukan Hands Stand


Cara melakukan gerakan handstand adalah sebagai berikut :

Sikap awal
  1. Berdiri tegak, kaki kiri didepan dan kaki kanan dibelakang
  2. Kedua tangan rileks, sejajar bahu, lurus ke atas
Gerakannya yaitu:
  1. Berdiri tegak kaki diceraikan ke muka dan belakang.
  2. Bungkukkan badan, tangan menumpu selebar bahu, lengan lurus, pandangan agak ke depan, pantat diangkat setinggi-tinginya, tungkai kedepan bengkok, sedang tungkai belakang lurus.
  3. Ayunkan tungkai belakang ke atas diikuti tungkai yang lain.Kedua tungkai rapat clan lurus, membentuk satu garis dengan badan dan lengan.
  4. Pertahankan keseimbangan. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakanhandstand yaitu : Pinggang terlalu melenting, kepala kurang menengadah, siku-siku bengkok, penempatan tangan dilantai kurang atau terlalu lebar, arah jari tangan tidak kedepan dan jari tangan terlalu rapat, ayunan kaki keatas kurang baik (terlalu atau kurang kedepan dan lutut dibengkokkan)
  5. Pada saat melemparkan kaki keatas bahu mundur kebelakang dan kepala kurang menengadah.
  6. Menegangkan otot leher, bahu atau pinggang, sehingga menghambatgerakan.Kurang usaha mempertahankan sikaphandstand untuk beberapa saat, sehingga cepat roboh.Waktu roboh melepaskan tangan tumpuan atau tidak menekuk kepala(untuk mengguling ke depan).

Cara memberikan bantuan handstand yaitu:

  1. Menopang/menahan panggul, belakang paha, kedua pergelangan kaki,dan bahu si pelaku.
  2. Bantuan dengan menopang pada bahu dilakukan untuk pelaku yang bahu, lengan, dan tangannya belum cukup kuat.
  3. Bagi siswa yang belum dapat atau sukar melempar/mengayun satu kakike atas, dapat dilakukan pada tembok dengan dibantu mengangkat satukaki

Ciri Gerakan Handstand yang benar :

Untuk melihat apakah gerakan handstand itu benar atau tidak anda bisa melihat beberapa posisi tubuhnya yaitu;
  1. Posisi jari tangan membuka lebar dan kedua tangan sejajar dengan bahu serta lurus
  2. Posisi Badan / tubuh lurus layaknya kita sedang berdiri
  3. Posisi Kepala menghadap Kebawah
  4. Posisi kedua kaki rapat lurus keatas

Bentuk latihan Gerakan Handstand

  1. Anda bisa mencoba beberapa latihan yang pernah saya terapkan berikut ini;
  2. Sebelum anda melakukan gerakan handstand yang perlu anda ketahui adalah beberapa unsur penting yang harus di penuhi salah satunya adalah kekuatan tangan dan keseimbanga, anda bisa memulai latihan ini dengan sering melakukan push-up atau bisa dengan latihan berjalan dengan kedua tangan dengan bantuan teman.
  3. Latihan bisa anda coba dengan bantuan dinding, anda bisa mencoba melakukan handstand dengan tumpuan dinding / tembok, sehingga kita disini mencoba melatihan posisi badan agar lurus serta kekuatan tangan, lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya;

handstand di tembok
Handstand di tembok - Source image : crossfitstasis.com
Demikian yang bisa sedikit saya infokan pada kesempatan kali ini khususnya dalam materi senam lantai yaitu cara melakukan gerakan handstand senam lantai, semoga bisa memberikan pengetahuan kepada kita semua, dan selamat mencoba.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close