Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani. Membicarakan tentang kesegaran jasmani tentulah sangat menarik, dalam aspek kehidupan manusia, kesegaran jasmani merupakan modal yang utama. Olahragawan memerlukan tingkat kesegaran jasmani yang tinggi agar dapat mencapai prestasi. Para pekerja membutuhkan kesegaran jasmani agar mereka dapat bekerja dengan baik agar dapat meningkatkan mutu kerja mereka dan meningkatkan produktifitas kerja. Begitu pula dengan para siswa Sekolah Dasar Brajan juga membutuhkan kesegaran jasmani yang baik pula agar mereka dapat meningkatkan belajar mereka dengan baik.

Dalam belajar olahraga tertentu pasti yang dijadikan patokan dasar untuk mengetahui kemampuan anda adalah dengan melakukan berbagai tes yang berhubungan dengan kesegaran jasmani, memang dalam kesegaran jasmani itu memiliki beberapa bagian tersendiri, bisa di sebut juga komponen kesegaran jasmani, dari 10 komponen itulah mana yang lebih utama akan di tingkatkan sesuai dengan cabang olahraga yang di dalami.

Hakikat kebugaran jasmani / Kebugaran jasmani adalah bentuk kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan giat dan dengan penuh kewaspadaan, tanpa mengalami kelelahan yang berat, dan dengan energi yang cukup untuk menikmati waktu senggangnya dan menghadapi hal-hal yang darurat yang tidak terduga sebelumnya, dengan kata lain orang yang memiliki kondisi kesegaran jasmani pastinya memiliki tingkat kemampuan yang baik untuk melakukan aktifitas olahraga tertentu.
faktor-faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani
Kesegaran jasmani - Source image : kawankumagz.xom
Pada kesempatan yang lalu sudah kita ketahui bersama apa itu pengertian kesegaran jasmani, dan untuk lebih lengkap bahasannya, kali ini volimaniak akan berbagi informasi penting ini kepada anda semuanya khususnya faktor-faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani. apa saja faktornya, berikut jawabannya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani


Kesegaran Jasmani seseorang satu sama lain berbeda-beda Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesegaran jasmani seseorang, secara umum faktor ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  1. Keturunan
  2. Latihan
  3. Jenis Kelamin
  4. Usia
Untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa baca lebih lanjut penjelasan yang bisa saya berikan berikut ini;

1. Keturunan

Penyebab dari perbedaan tingkat kebugaran yang disebabkan oleh keturunan karena adanya faktor-faktor yang memberikan kontribusi pada tingkat kesegaran yang diturunkan oleh orang tuanya. Faktor-faktor tersebut antara lain kapasitas maksimal sistem respirasi dan kardiovaskular, jantung yang lebih besar, sel darah merah dan hemoglobin yang lebih banyak, Faktor keturunan lainnya seperti fisik dan komposisi tubuh juga mempengaruhi tingkat kesegaran dan performa yang tinggi.

2. Latihan (olahraga teratur)

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesegaran, apalagi jika ditunjang dengan berkurangnya lemak tubuh karena proses pembakaran selama olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi dan kapasitas sistem respiratori dan kardiovaskular serta volume darah.

Olahraga teratur secara erobik dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menghasilkan energi secara aerobik dan dapar mengubah metabolisme dari karbohidrat ke lemak. Ini membuat otot membakar lemak lebih efisien yang dapat menghasilkan kesehatan yang paling  penting dari olahraga.Pembakaran lemak mengurangi simpanan lemak, kadar lemak darah (kolesterol) dan resiko penyakit jantung, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resiko diabetes, serta menurunkan resiko beberapa jenis kanker.

3. Jenis Kelamin

Sebelum puber, perbedaan tingkat kesegaran anak laki-laki dengan anak perempuan tidak besar. Akan tetapi setelah puber, tingkat kesegaraan anak perempuan jauh tertinggal dari anak laki-laki.

Penyebabnya adalah adanya perbedaan jumlah hemoglobin (komponen pembawa oksigen dalam darah merah), besarnya otot, dan kandungan lemak. Wanita memiliki masa otot lebih kecil dan umumnya wanita memiliki kandungan lemak lebih banyak di banding pria.

4. Usia

Usia akan menurunkan tingkat kesegaran seseorang, dengan penurunan rata-rata 8 hingga 10% perdekade untuk individu yang tidak aktif (dalam kehidupan sehari-hari ).

Hal lain yang sangat penting dan perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesegaran jasmani seseorang seperti yang diungkapkan oleh Joko pekik Irianto (2004: 6-7) yang dikutip dalam pambudi wibowo (2010) adalah sebagai berikut:

a). Makanan

Untuk dapat mempertahankan hidup secara layak setiap manusia memerlukan makanan yang cukup, artinya dimana makanan itu memenuhi syarat berimbang. Kebutuhan energi untuk kerja sehari-hari diperoleh dari makanan dengan proporsi karbohidrat 60%, lemak 25% dan protein 15%.

Untuk dapat memiliki kesegaran jasmani yang baik selain memperhatikan makanan yang sehat kita juga dituntut untuk tidak merokok, minum-minuman yang berakohol, makanan yang berlebih dan tidak teratur.

b). Istirahat

Tubuh manusia tersusun atas organ, jaringan dan sel yang memiliki kemampuan kerja yang terbatas. Seseorang tidak akan mampu untuk bekerja terus menerus sepanjang hari tanpa berhenti. Kelelahan merupakan satu indikator keterbatasan fungsi tubuh manusia. Untuk itu kita sangat memerlukan istirahat agar memiliki kesempatan untuk pemulihan kembali, sehingga dapat melanjutkan aktivitas sehari- hari dengan nyaman. Dalam sehari seseorang memerlukan istirahat 7 hingga 8 jam.

c). Latihan Jasmani

Melakukan aktivitas fisik merupakan alternatif yang paling efektif dan aman untuk memperoleh kesegaran jasmani, karena dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur kita akan mendapat manfaat yang cukup banyak antara lain secara fisik dapat meningkatkan kesegaran jasmani, secara psikis kita menjadi lebih tahan terhadap stres dan dapat lebih berkonsentrasi, secara sosial dapat menambah rasa percaya diri

Untuk itu agar dapat mencapai kondisi jasmani yang baik seseorang perlu melakukan latihan fisik agar memperoleh manfaat dari latihan yakni:
  1. Dapat mengetahui kondisi kesegaran jasmani seseorang, sekaligus dapat menentukan program latihan yang sesuai untuk memelihara kesegaran jasmani.
  2. Untuk mengevaluasi keberhasilan maupun kegagalan progam latihan fisik.
Demikian informasi singkat mengenai faktor-faktor kebugaran jasmani yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu kita semua dalam memahami bidang olahraga, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

6 Responses to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani"

  1. Saya jarang olahraga gan, harus berusaha nih biar nggak gendut

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem harus mas, rajin olahraga biar sehat

      Delete
  2. Faktor keturunan juga termasuk ya mas...

    ReplyDelete
  3. bener tuh,pola makan seseorang jg berpengaruh besar pada kesehatannya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar sekali mas harum, penting sekali kita mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesegaran jasmani itu

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.