Macam-macam Bentuk Tes dan Pengukuran untuk Mengukur Tingkat Kesegaran Jasmani

Macam-macam Bentuk Tes dan Pengukuran untuk Mengukur Tingkat Kesegaran Jasmani. Kesehatan adalah modal utama bagi kita, dengan tubuh yang sehat pastinya kita bisa melakukan kegiatan rutinitas sehari-hari dengan lancar.

Memang dalam kenyataannya kesibukan akan bekerja bisa melupakan kebutuhan akan olahraga, itu semua tergantung dari kita sendiri bagaimana kita memanagemen waktu sebaik mungkin, sehingga dalam sela kesibukan kita bisa tetap menjalankan aktifitas olahraga agar kondisi tubuh dan daya tahan kita bisa tetap terjaga dan akhirnya tubuh bisa tetap dalam keadaan sehat.

Tes pengukuran kesegaran jasmani dilakukan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani seseorang, ini pun juga berlaku bagi seorang pelatih yang ingin mengetahui tingkat kondisi fisik para atletnya ataupun untuk melakukan seleksi pemain / bibit sesuai dengan cabang olahraga tertentu.

Seorang pelatih biasanya akan menyeleksi pemainnya terlebih dahulu sebelum dilakukan latihan lebih lanjut, nah untuk itulah agar anda juga tahu apa saja tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani seseorang.
bentuk tes kesegaran jasmani
bentuk tes kesegaran jasmani - source image : greatist.com
Setelah kemarin kita bahas faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai Macam-macam bentuk tes dan pengukuran untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani, untuk lebih lanjut apa saja bentuk tesnya, berikut urainnya;

Macam-Macam Tes dan pengukuran tingkat kesegaran jasmani


Beberapa bentuk tes dan pengukuran dapat digunakan untuk mengukur dan mengetes kesegaran jasmani seseorang secara sederhana dan dapat digunakan siapa saja yang menginginkannya dan tentunya disesuakan dengan kapasitas yang akan dicapai. Seperti yang diungkapkan oleh Yusnul Hairy (2004: 10.9 – 10.33) adalah sebagai berikut:
  1. Tes Lari 2,4 km. Tes ini merupakan bentuk tes yang paling sering dipergunakan untuk menentukan kesegaran kardiovaskuler berdasarkan waktu yang dicapai dengan lari atau dengan berjalan sejauh 2,400 meter. Isapan oksigen maksimal dihitung berdasarkan waktu tempuh untuk menyelesaikan jarak tersebut.
  2. Step Test. Tes ini digunakan untuk menghitung isapan oksigen maksimal, beban yang diberikan hanya sub maksimal. Tes ini dilakukan dengan menggunakan bangku dengan tinggi 16 ¼ inci dan tes ini berlangsung tiga menit.
  3. Astrand-Ryhming Test. Tes ini merupakan tes yang sangat sederhana dan paling praktis, sehingga tes ini sering dipergunakan untuk menghitung isapan oksigen maksimal dan tes ini dilakukan dengan menggunakan sepeda ergometer.
  4. Harvard step test. Tes ini bertujuan untuk mengukur fungsi kardiovaskuler dengan naik turun bangku harvard. Tes ini dilakukan dengan menggunakan bangku harvard setinggi 19 inci untuk lakilaki dan 17 inci untuk wanita.
  5. Tes jalan cepat 4800 meter. Tes ini untuk mengukur daya tahan kardiovaskuler. Tes ini dilakukan dengan menempuh jarak 4800 meter dengan jalan cepat.
  6. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia merupakan tes yang disusun oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tes ini terdiri dari 5 butir tes yang berlaku untuk beberapa kelompok umur yang dibedakan dalam masing-masing jenis kelamin. Adapun 5 butir tes tersebut meliputi : lari jarak pendek, gantung siku tekuk/gantung angkat tubuh, baring duduk (sit-up), loncat tegak (Vertical jump), dan lari jarak menengah.
Berdasar bentuk tes-tes tersebut dapat terlihat jelas bahwa tes kesegaran jasmani yang banyak dipergunakan karena Instrumen ini merupakan hasil penelitian di Indonesia yang sudah dibakukan dan Instrumen ini lebih mudah dilakukan terdiri dari lima butir tes. Namun pada tes inipun mempunyai kelemahan dilihat dari segi sarana dan prasarana, waktu pelaksanaan maupun pengawasan dari masing-masing butir tes. Namun demikian sebenarnya dari semua kondisi yang dianggap sulit, sebagai seorang guru pendidikan jasmani dapatlah disiasati dengan bijaksana dan tepat.

Untuk tes kesegaran jasmani pada pemain bola voli, silakan anda bisa melihat uraian saya tempo lalu mengenai bentuk tes kesegaran jasmani bagi pemain bola voli ( TKJI ).

Nah sementara cukup sekian dulu apa yang bisa saya sampaikan mengenai bentuk tes dan pengukuran tingkat kesegaran jasmani, semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya, amin
Powered by Blogger.