Pedoman Struktur Kurikulum PAUD 2013

Pedoman Struktur Kurikulum 2013 PAUD. Perkembangan kurikulum di indonesia ini sudah mulai berjalan dengan baik, tujuan utama pembenahan kurikulum yang ada di indonesia tak lain adalah untuk meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan di indonesia, maka dari itulah kita sebagai guru jangan mengeluh atau jenuh dengan adanya pergantian kurikulum ini, tugas guru adalah mendidik dan mengajar, nah dari situlah kita bisa pelajari bagaimana kita bisa menjadi guru yang profesional serta tetap mengemban tugas berat sebagai guru, tujuan mulia dan memberikan ilmu itulah yang bisa kita berikan untuk menatap masa depan yang lebih baik, begitu juga dengan adanya kurikulum 2013 untuk PAUD ini.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum sebagai kerangka kerja (framework) yang berisi rencana dan implementasi sebuah program untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak dalam menyiapkan anak mencapai keberhasilan di sekolah dan tahap selanjutnya. Kurikulum memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menarik, dan berkualitas tinggi.

Dulu di negara kita juga sudah diterapkan kurikulum KTSP, kurikulum KTSP ini merupakan gabungan dari CBSA dan KBK, dengan demikian kita di berikan wewenang mengelola pembelajaran sesuai dengan karakter kita masing-masing dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.

Berbicara masalah kurikulum ini, volimaniak ingin mencoba berbagi kepada anda semua mengenai Pedoman kurikulum 2013 untuk PAUD,satuan anak usia dini ini mulai diperhatikan pemerintah karena tolak ukur anak kedepan mau menjadi apa, memang dimulai dari kebiasaan perilaku yang baik dari usia dini akan memberikan efek yang lebih baik untuk kedepan.
pedoman struktur kurikulum paud

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik-integratif agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh, untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut melalui program pendidikan yang terstruktur. Komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

Pedoman Struktur Kurikulum PAUD


Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan di atas secara konsisten menjadi rujukan dalam mengembangkan tujuan kurikulum 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2014/2015 memenuhi kedua dimensi tersebut. Untuk menerapkan kedua dimensi tersebut, maka seluruh pendidik dan pengelola PAUD harus memahami kerangka dan struktur kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini agar dalam penyelenggaraan program PAUD sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini


Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong perkembangan peserta didik secara optimal melalui pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan sehingga anak mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mendukung keberhasilan di sekolah dan pendidikan pada tahap selanjutnya.

Muatan Kurikulum PAUD


Muatan kurikulum berisi program-program pengembangan, yang terdiri: (1) program pengembangan nilai agama dan moral, (2) program pengembangan fisik motorik, (3) program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni. Program pengembangan dimaksud adalah perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku, kematangan berpikir, kinestetik, bahasa, sosial emosional, dan bahasa melalui kegiatan bermain. Suasana belajar diartikan segala sesuatu yang dapat mendorong minat anak untuk belajar. Anak dapat belajar dengan baik apabila:
  1. Orang-orang yang ada di sekitarnya menyenangkan. Guru yang ramah, memperlakukan semua anak secara adil, teman bermain yang saling menerima, komunikasi yang hangat, terbuka, santun, dan terjadi dalam dua arah.
  2. Lingkungannya menyenangkan. Tersedia alat main yang memadai, bersih, tertata dengan tepat sesuai dengan pertumbuhan fisik anak, dan dapat digunakan oleh anak sesuai dengan pikirannya. Luas tempat di dalam dan di luar cukup untuk anak dapat melakukan kegiatan dengan nyaman adalah pijakan lingkungan yang sangat mendukung kebebasan anak berkreasi.
  3. Proses pembelajaran yang mendukung kebebasan berpikir, tanpa tekanan, sedikit instruksi dan pembatasan dari guru. Guru memberi respon yang tepat saat anak bertanya, memberikan penguatan disaat anak menemukan sesuatu/berhasil melakukan sesuatu, memberikan bantuan saat anak memerlukan. Terkait dengan pemaparan tersebut:
    • Program pengembangan nilai agama berarti ada guru yang menjadi teladan bagi pengembangan perilaku yang bersumber dari nilai agama dan moral. Ditunjang dengan lingkungan belajar yang mencerminkan penerapan nilai agama dan moral serta nilai-nilai lain yang berkembang dalam masyarakat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
    • Program pengembangan fisik-motorik berarti ada guru yang mengerti kebutuhan dan memberikan kesempatan serta dukungan kepada anak untuk bergerak, berlatih motorik kasar dan halus, serta membiasakan menerapkan hidup sehat. Tersedia tempat alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih kekuatan, kecakapan, kelenturan, koordinasi tubuhnya untuk mencapai kematangan kinestetik dan pembiasaan hidup sehat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
    • Program pengembangan kognitif berarti ada guru yang mengerti konsep pengetahuan mendasar yang dapat dipelajari anak, memahami cara anak belajar, mendukung anak untuk mencari tahu, dan melakukan/ mencoba untuk mencari jawaban dari keingintahuannya. Mengoptimalkan setiap ruang, alat, bahan dan kejadian yang ada di lingkungan untuk mendorong kematangan proses berpikir anak. Dilaksanakan dalam proses belajar saintifik yang mendorong anak menjadi kritis, analitis, evaluasi dalam setiap tindakan utuk menghasilkan cara mengatasi permasalahannya atau berkreasi.
    • Program pengembangan bahasa berarti ada guru yang menguasai teknik berkomunikasi yang tepat untuk membantu mencapai kematangan bahasa ekspresif dan reseptif. Tersedia tempat sumber, alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih berbahasa dan mengenal keaksaraan awal. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
    • Program pengembangan sosial-emosional berarti ada guru yang memahami tahapan perkembangan sosial emosional anak, mendukung berkembangnya kesadaran mengenal perasaan diri, perasaan orang lain, menjadi contoh berperilaku pro-sosial bagi anak. Terciptanya lingkungan belajar yang membuat anak dapat tumbuh kematangan sosial emosional melalui proses belajar yang menyenangkan dengan dukungan pendidik yang memahami pengelolaan belajar dan pengelolaan konflik emosional anak.
    • Program pengembangan seni berarti ada guru yang memahami pengembangan seni bagi anak, memberi kesempatan, menyediakan tempat, waktu dan alat yang dapat digunakan anak untuk berekplorasi, berekspresi dan mengapresiasi hasil karya dirinya dan orang lain baik dalam bentuk gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan dalam suasana yang menyenangkan.
Nah itu merupakan cuplikan singkat dari pedoman pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD, untuk lebih lengkap dan jelasnya silahkan anda bisa mendownloadnya dibawah ini;

Download Pedoman Struktur Kurikulum 2013 PAUD Disini

NB. File dalam bentuk PDF dan bisa anda convert sendiri, silahkan request kalau butuh versi word

Cara Download : Cukup tunggu 3/5 detik pilih skip ads pojok kanan atas

Semoga bisa bermanfaat dan membantu rekan guru semua yang sedang berkecimpun di dunia pendidikan anak usia dini, semoga kita selalu diberi kelancaran rizqi dan barokah dalam mengamalkan ilmu kita, tujuan mulia untuk mencerdaskan anak bangsa, salam edukasi

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

16 Responses to "Pedoman Struktur Kurikulum PAUD 2013"

  1. Anak saya juga masih sekolah di PAUD pak, berarti pakai Kurikuum ini ya pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, ini kurikulum terbaru untuk PAUD

      Delete
  2. wah lengkap banget ni, syukur dapet ya kedua ni saya :D

    ReplyDelete
  3. jadi sampai saat ini, PAUD masih tetep pakai kurikulum 2013 ya mas.
    dengan penjelasan struktur ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengajar PAUD khususnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagian ada yang menggunakan K13 mas

      Delete
  4. Saya sempat denger dari teman yang ikut pelatihan kurikulm katanya akan ada kurikulm baru penyempurna kurikulum 2013, namanya kurikulum nasional disingkat KURNAS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm, mungkin kedepan bisa juga ada mas

      Delete
    2. kalau sering ketemu tos dulu deh mas, hehehe

      Delete
  5. Saya belum begitu mudeng mas soal kuri kulum Paud ....tahunya ngeblog aja...he.he...tapi artikel semacam ini banyak yg nyari kok bagi mereka...yg memang ahli di bidang nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, kalau bidangnya ngeblog ya ditekuni mas, pasti nanti ada hasilnya deh

      Delete
  6. di saya di paud itu mas main semuanya hehehhee.
    makan

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.