Pengertian Kesegaran Jasmani Menurut Beberapa Ahli

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
 
Pengertian kesegaran jasmani. Kita sering sekali mendengar kata kebugaran jasmani ketika masih duduk dibangku sekolah baik dari tingkat sekolah dasar, tingkat menengah, tingkat atas bahkan di jenjang perkuliahan, apa sih benarnya kebugaran jasmani itu?

Nah bagi anda para pembaca yang masih bingung soal kebugaran jasmani ini gak usah bingung dan kawatir, karena volimaniak pada kesempatan kali ini ingin menambah wawasan anda dalam bidang olahraga dan kesehatan yaitu pengertian kesegaran jasmani menurut ahli. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-satu ya.

Membicarakan tentang kesegaran jasmani tentulah sangat menarik, dalam aspek kehidupan manusia, kesegaran jasmani merupakan modal yang utama. Olahragawan memerlukan tingkat kesegaran jasmani yang tinggi agar dapat mencapai prestasi. Para pekerja membutuhkan kesegaran jasmani agar mereka dapat bekerja dengan baik agar dapat meningkatkan mutu kerja mereka dan meningkatkan produktifitas kerja. Begitu pula dengan para siswa Sekolah Dasar Brajan juga membutuhkan kesegaran jasmani yang baik pula agar mereka dapat meningkatkan belajar mereka dengan baik.
PENGERTIAN KESEGARAN JASMANI
Kesegaran jasmani berkaitan dengan kesehatan ketika aktivitas fisik dapat dilakukan tanpa kelelahan berlebihan, terpelihara seumur hidup dan sebagai konsekuensinya memiliki risiko lebih rendah untuk terjadinya penyakit kronik lebih awal. Seseorang yang secara fisik bugar dapat melakukan aktivitas fisik sehari-harinya dengan giat, memiliki risiko rendah dalam masalah kesehatan dan dapat menikmati olahraga serta berbagai aktivitas lainnya.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Dari beberapa ahli memberikan pendapat bahwa arti dari kebugaran jasmani adalah sebagi berikut;
  1. Kesegaran jasmani menurut the presidents council Phisical Fitness and Sport dalam Yusnul Hairly (2004: 1.17) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan giat dan dengan penuh kewaspadaan, tanpa mengalami kelelahan yang berat, dan dengan energi yang cukup untuk menikmati waktu senggangnya dan menghadapi hal-hal yang darurat yang tidak terduga sebelumnya.
  2. Menurut Engkos Kosasih (1983: 10) bahwa seseorang berada dalam keadaan fit (memiliki kesegaran jasmani) apabila seseorang cukup mempunyai kekuatan (strenght), kemampuan (ability), kesanggupan, daya kreasi dan daya tahan untuk melakukan pekerjaan dengan efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.
  3. Orang bugar adalah mereka yang dapat menikmati hidup dan kehidupanya, baik secara fisik, mental, emosional dan sosial (total fitness) Endang Rini S dan Fajar Sri W (2008: 1). 
  4. Menurut Pusat Pengembangan Kesegaran Jasmani (2010: 1) kebugaran jasmani adalah kondisi jasmani yang bersangkut paut dengan kemampuan dan kesanggupannya berfungsi dalam pekerjaan secara optimal dan efisien.
  5. Kesegaran jasmani juga berarti kapasitas seseorang untuk dapat menyesuaikan diri terhadap latihan yang melelahkan dan dapat segera pulih kembali dari kelelahan tersebut
  6. Pengertian kebugaran jasmani wikipedia adalah Kebugaran ialah paduan antara olahraga dan aktivitas yang dilakukan di tempat olahraga/pusat olahraga, atau di rumah ( id.wikipedia.org )
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kesegaran jasmani merupakan kemampuan untuk dapat melaksanakan tugas seharihari tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk kegiatan atau menikmati waktu luang dengan baik. Sehingga
jelaslah bahwa dengan tubuh yang memiliki kesegaran jasmani yang baik tentulah akan dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan baik, sehingga disadari atau tidak kesegaran jasmani merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia, karena kesegaran jasmani menyatu dalam kehidupan manusia.

Cukup sekian dulu yang bisa saya infokan mengenai pengertian kebugaran jasmani, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga, jika mau tetap dalam kondisi sehat, jagalah kondisi tubuh anda dengan melakukan olahraga rutin sesuai kaidah kesegaran jasmani.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: