Jenis-Jenis Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat

Jenis-Jenis Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat. Untuk memenuhi kebutuhan belajar anda, khususnya pada materi seni budaya, kini saatnya anda untuk mengenal lebih lanjut apa saja macam karya seni rupa terapan seni rupa.

Secara umum sudah saya jelaskan apa pengertian seni rupa itu, nah dalam pembagiannya seni rupa juga di bagi menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah seni rupa terapan. nah berikut macam-macam karya seni rupa terapan daerah setempat.

Macam-macam karya seni rupa terapan


Hasil karya seni rupa terapan setiap daerah tidak sama. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Benda- benda seni rupa terapan yang dihasilkan di berbagai daerah, di antaranya sebagai berikut.

Kerajinan batik

Sejarah batik di Nusantara berkaitan dengan per- kembangan Kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudah- nya. Kain batik dibuat dengan cara melukis dengan menggunakan canting dan kuas di atas kain dengan bahan lilin yang dipanaskan. Hasil proses membatik tersebut dinamakan batik tulis.
Daerah-daerah penghasil batik di Nusantara, antara lain sebagai berikut. Jawa Tengah dan Yogyakarta Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas dan sarat dengan filosofi.
KERAJINAN BATIK

Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil kain batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta.

Kerajinan ukir

Kerajinan ukir di Nusantara, antara lain berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam. Daerah-daerah penghasil kerajinan ukir kayu di Nusantara, di antaranya adalah Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura, dan Sumatra.
KERAJINAN UKIR

Kerajinan ukir logam terbuat dari perak, tembaga, emas, dan kuningan. Proses pembuatan kerajinan logam banyak menggunakan teknik cetak atau cor, tempa, toreh, dan penyepuhan. Daerah penghasil kerajinan logam di Nusantara, antara lain Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kerajinan anyaman

KERAJINAN ANYAMAN

Anyaman banyak kita jumpai, baik berupa benda pakai maupun benda hias. Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis. Bahan-bahan alami yang digunakan, antara lain bambu, rotan, daun mendong, dan janur. Bahan-bahan sintetis yang digunakan, antara lain plastik, pita, dan kertas. Daerah penghasil kerajinan anyaman, antara lain Bali, Kudus, Kedu, Tasikmalaya, dan Tangerang.

Kerajinan Topeng

KERAJINAN TOPENG

Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang bisa digunakan untuk keperluan perlengkapan tari dan hiasan. Kerajinan topeng umumnya dibuat dari bahan kayu. Daerah penghasil kerajinan topeng di Nusantara, antara lain Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung. Setiap daerah memiliki ciri khas topeng yang berbeda.

Kerajinan tenun

Tenun merupakan hasil kerajinan tradisional yang dibuat dengan teknik dan alat khusus. Kerajinan tenun banyak terdapat di Kalimantan, Minangkabau, Sumatra Utara, NTT, NTB, Lampung, Flores, Sulawesi, dan Palembang. Motif yang dibuat pun berlainan di setiap daerah. Berbagai motif tenun dari Palembang, antara lain mawar Jepang, cantik manis, bintang berantai, nago besaung, dan bunga cino.
KERAJINAN TENUN

Ada dua jenis tenun, yaitu tenun ikat dan tenun songket. Keduanya berbeda dalam teknik dan bahan yang digunakan. Berbeda dengan tenun ikat, pada songket mendapat tambahan benang emas yang diletakkan dengan teknik tusuk dan cukit.

Kerajinan wayang

KERAJINAN WAYANG

Wayang merupakan budaya asli Nusantara, yang ceritanya berasal dari budaya Hindu India. Wayang dibuat untuk seni pertunjukan sekaligus sebagai hiasan. Jenis wayang terdiri atas wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu. Daerah penghasil kerajinan wayang, di antaranya Bali, Yogyakarta, dan Surakarta.

Kerajinan Keramik

KERAJINAN KERAMIK

Keramik merupakan hasil karya seni kerajinan yang ber- bahan dasar dari tanah. Hasil kerajinan keramik sangat beragam, seperti vas bunga, guci, mangkuk, cangkir, dan lain-lain. Daerah penghasil kerajinan keramik yang terkenal di Nusantara, di antaranya Kasongan (Yogyakarta), Sompok, dan Mayong (Jepara).
Sumber: Buku Seni Budaya kelas VII, Tri Edy Margono, Abdul Aziz

Nah itulah jenis jenis karya seni rupa terapan daerah setempat, dengan mengetahuinya setidaknya anda sudah mengenal ragam kerajinan yang ada di indonesia sekaligus mengapresiasi langsung pada materi seni rupa serta mencoba membuat salah satu dari ketrampilan seni rupa terapan diatas, semoga bermanfaat bagi kita semua dalam memahami seni di indonesia.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: