Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Benar

Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok. Pasti anda semuanya sudah sering kali mendengar Lompat Jauh kan, Bisa dikatakan Lompat Jauh adalah salah satu Cabang Atletik No. Lompat yang mana memiliki beberapa Macam Gaya Lompat Jauh.

Dari berbagai Gaya Lompat Jauh yang pernah pastinya ada beberapa keuntungan ataupun tingkat kesulitan yang ada, jika anda belum tahu apa saja Gaya dalam lompat jauh silahkan bisa anda cari di blog ini karena sudah saya jelaskan secara rinci semuanya.

Sebelum mengenal dan berlatih Lompat Jauh Gaya Jongkok ini alangkah baiknya jika anda sudah tahu dan bisa menguasai Teknik Dasar Lompat Jauh terlebih dahulu, sehingga proses belajar dan latihan akan lebih maksimal. Untuk itulah perlu pemahaman lebih mengenai itu semuanya, khususnya bagi siswa yang memiliki kekurangan dalam gerak psikomotor, untuk lebih jelasnya Bagaimana Cara Melakukan Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan benar?, kali ini Volimaniak akan mencoba berbagi kepada anda semuanya, silahkan bisa di baca dan dipahami, jangan lupa praktekkan dan usaha kerja keras anda adalah modal untuk keberhasilan dalam melakukan Lompat Jauh Gaya Jongkok ini;

Lompat Jauh Gaya Jongkok

Pengertian Lompat Jauh Gaya Jongkok


Ada 3 Jenis pengertian Lompat Jauh menurut beberapa ahli diantaranya adalah sebagai berikut;
  1. Lompat Jauh Gaya Jongkok adalah sebuah cabang pertandingan atletik yang mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan ketangkasan atletik dalam usaha untuk melompat sejauh mungkin dari papan tolakan.
  2. Menurut Djumidar A. Widya (2006: 47) lompat jauh merupakan keterampilan gerak pindah dari satu tempat ketempat lainnya dengan satu kaki tolakan ke depan sejauh mungkin.
  3. Berdasarkan pendapat tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa lompat jauh gaya jongkok adalah suatu gerakan melompat pada waktu kaki kiri/kaki tolak lepas dari tanah (papan tolakan) keadaan sikap badan di udara jongkok seperti duduk, dengan jalan mencondongkan badan ke depan kedua lutut ditekuk, kedua lengan diayunkan ke depan. Pada waktu akan mendarat, kedua kaki diluruskan jauh ke depan, badan membongkok ke depan, perhatian tertuju pada tempat mendarat.

Cara Melakukan Lompat Jauh Gaya Jongkok


Adapun pembagian Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok dibagi menjadi 4 bagian yaitu teknik dasar awalan, teknik dasar tolakan, teknik dasar sikap di udara dan terakhir, teknik dasar mendarat, nah untuk lebih jelasnya cara dari 4 bagian teknik tersebut bisa anda baca lebih lengkap dibawah ini;
Lompat Jauh Gaya Jongkok

1. Teknik Dasar Awalan Lompat Jauh Gaya Jongkok
  1. Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya
  2. Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan
2. Teknik Dasar tolakan Lompat Jauh Gaya Jongkok
  1. Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan,posisi badan lebih digerakan
  2. Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki
  3. Gerak kaki ke depan bersamaan dengan kedua lengan
3. Teknik Dasar Sikap di Udara Lompat Jauh Gaya Jongkok
  1. Badan melenting ke depan
  2. Kedua lengan lurus ke depan
  3. Kedua kaki rapat di depan
4. Teknik Dasar Mendarat Lompat Jauh Gaya Jongkok
  1. Dari sikap di udara , kedua lengan diluruskan ke depan
  2. Kedua kaki lurus kedepan
  3. Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, luruskan kedepan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu
  4. Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengeper dan berat badan dibawa ke depan
Demikianlah sedikit ilmu mengenai Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok semoga bisa menambah pengetahuan kita dalam bidang olahraga, dan akhir kata salam olahraga.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: