Istilah Kata Dalam Olahraga Renang

Istilah Kata Dalam Olahraga Renang, Saya yakin anda semuanya juga sudah mengenal olahraga Renang,karena memang olahraga ini sifatnya selain menjadi alternatif untuk olahraga juga memiliki banyak manfaat, salah satu Manfaat Renang adalah dapat menjaga kesehatan tubuh dan masih banyak lagi manfaat olahraga renang.

Renang tergolong dalam olahraga Aquatik / olahraga air yang mana sudah diajarkan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan di perguruan tinggi, olahraga renang sekarang ini menjadi salah satu olahraga favorit dimana seakan menjadi olahrga wajib bagi kebanyakan orang.

Cocok sekali untuk mengisi hari libur anda semuanya, apalagi untuk sarana rekreasi bagi segenap keluarga anda, jadi multifungsi selain untuk olahraga rekreasi juga bisa membantu perkembangan tumbuh anak, menjaga kesehatan dan masih banyak manfaatnya.

Berbicara masalah Renang perlu anda ketahui ada 4 Gaya Renang yang wajib kita ketahui dan sering digunakan dalam perlombaan di indonesia, nah dari semua itu biasanya memiliki cara dan teknik yang berbeda-beda.

Dalam dunia olahraga dikenal dengan Istilah Dalam Olahraga, tetapi renang sendiri memiliki banyak kata asing yang mungkin bagi kebanyakan orang tidak mengetahui apa artinya karena menggunakan bahasa inggris, nah untuk menambah pengetahuan anda semnuanya, kali ini volimaniak akan sedikit sharing kepada anda semuanya yaitu Istilah-Istilah Dalam Renang. langsung saja berikut penjelasan yang bisa saya berikan.
Istilah Istilah Renang

Istilah-Istilah Renang


Sebenarnya masih banyak Istilah Olahraga Renang selain yang saya jelaskan dibawah ini, karena keterbatasan ilmu saya hanya bisa memberikannya sedikit, jika dilain waktu ada refrensi tambahan akan saya tambahkan lebih lengkap lagi, selamat belajar sobat,
  1. Artistic Impression adalah salah satu kategori yang  merupakan aspek yang dinilai dalam suatu perlombaan olahraga renang dalam renang indah. Istilah ini mencakup koreografi dan juga tata gerak yang diaplikasikan dalam musik yang digunakan dalam perlombaan.
  2. Back Layout adalah posisi tubuh yang terlentang memanjang dan posisi wajah, dada, paha, kaki dan lain mengapung atau tampak di permukaan air, dan posisi kepala dan pinggul harus berada dalam posisi satu garis lurus.
  3. Back Pike adalah posisi tubuh menyudut 45 derajat di pinggul, badan dan tungkai lurus ke atas.
  4. Balancing Tank adalah bak penampungan yang dimensinya lebih kecil dari kolam renang yang berfungsi sebagai penyeimbang volume air luapan kolam renang
  5. Ballet Leg adalah satu kaki diangkat tegak lurus muncul di permukaan air sementara posisi seluruh tubuh berada di dalam air atau back layout.
  6. Ballet Leg Double adalah posisi dimana kedua tungkai diangkat tegak lurus di atas permukaan air, dan wajah perenang juga tampak atau berada di permukaan air.
  7. Boost adalah istilah yang digunakan untuk suatu gerakan yang dilakukan oleh perenang saat mereka muncul ke permukaan air dengan gerakan yang sangat cepat. Biasanya perenang akan menggunakan kepala mereka untuk memacu gerak tubuh untuk keluar dari dalam air.
  8. Cadence Action adalah aatu rangkaian gerak yang identik, yang ditampilkan oleh seluruh anggota tim secara individual, dan bergantian atau berubah-ubah secara cepat.
  9. Combined Spin adalah menggambarkan bagaimana perenang melakukan putaran 360 derajat ke bawah lalu melakukan putaran yang mengarah ke arah yang sama tapi dilakukan dengan putaran sebaliknya mengarah ke atas.
  10. Continuous Spin adalah perenang melakukan 720 derajat putaran ke bawah yang dilakukan dengan rotasi yang cepat.
  11. Crane adalah posisi tubuh tegak ke atas dan satu tungkai diluruskan ke depan sehingga membentuk sudut 90 derajat terhadap tubuh.
  12. Filter adalah alat penyaring kotoran dari kolam renang yaitu berupa tabung yang diisi dengan media pasir kwarsa / silica
  13. Gaya Anjing adalah kepala mendongak di atas air sementara tungkai dan lengan digerak-gerakan di dalam air seperti anjing berenang.
  14. Gaya Bebas atau Crawl Stroke adalah gerakan kaki ke atas / bawah dalam posisi lurus. Sedangkan tangan bergerak dari depan ke belakang, kemudian diangkat di permukaan air secara bergantian.
  15. Gaya Dada atau Breast Stroke adalah tangan digerakkan melingkar dari depan ke belakang, kemudian kaki ditekuk dan dihentakkan lurus.
  16. Gaya Kupu-Kupu atau Buterfly Stroke adalah gerakan tangan memutar tapi tetap terletak di bagian samping badan. Sedangkan kaki ditekuk untuk menghentakkan badan ke depan.
  17. Gaya Punggung atau Back Crawl Stroke adalah perenang harus telentang dan tidak bisa melihat depan. Adapun teknik gerakannya sama dengan gaya bebas
  18. Gaya Samping adalah berasal dari perkembangan gaya dada.
  19. Gaya Trudgen (Trudgeon) adalah serupa dengan gaya bebas, namun dengan gerakan kaki gunting.
  20. Inlet Fitting adalah aksesoris pada dinding kolam renang yang berfungsi untuk tempat masuknya air kedalam kolam kembali
  21. Kicking Board adalah papan latihan principle digunakan dalam pengenalan air dalam renang Kolam Renang adalah bak principle difungsikan sebagai tempat Pongo pygmaeus berenang dimana merupakan bagian utama Dari Persian Kolam renang itu sendiri.
  22. Kolam Renang adalah bak yang difungsikan sebagai tempat orang berenang dimana merupakan bagian utama dari kolam renang itu sendiri.
  23. Maindrain adalah aksesoris Kolam principle berfungsi sebagai alat hisap Dari Persian Kolam principle terhubung ke pompa sirkulasi, biasanya terletak di dasar Kolam renang. Pompa Sirkulasi adalah pompa principle berfungsi sebagai pompa transfer air Dari Persian Kolam kembali ke Kolam.
  24. Pompa Sirkulasi adalah pompa yang berfungsi sebagai pompa transfer air dari kolam kembali ke kolam.
  25. Poul Bouy adalah pelampung yang di gunakan perenang saat pengenalan dengan air
  26. Strainner adalah tabung yang di dalamnya terdapat saringan kotoran yang dipasang pada bagian depan / hisap pompa
  27. Turn Over Rate adalah waktu yang diperlukan peralatan sirkulasi untuk menyaring kotoran, pada umumnya waktu yang diperlukan / direncanakan minimun 6 jam/hari.
Pelajari Juga : Teknik Dasar Renang

Demikian sedikit wawasan baru Istilah Penting Dalam Olahraga Renang, semoga bisa tambah wawasan dalam dunia olahraga renang, salam olahraga
Powered by Blogger.