Faktor Penyebab Cedera dalam Berolah Raga

Olahraga salah satu kebutuhan bagi setiap individu yang ingin kondisi tubuhnya selalu sehat dan fit.Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan, baik yang jenis olahraga yang dapat kita lakukan seperti : Jalan, jogging, senam aerobik dll.

Untuk itu, bila kita berolah raga maka langkah yang harus kita lakukan pertama kali yaitu pemanasan sebelum berolah raga.Jika kita tidak memulai berolah raga maka akan terkena yang namanya cidera.Cedera olahraga dapat diminimalisasi dengan pemberitahuan pengetahuan tentang cedera olahraga pada atlet dan dampaknya serta pengorganisasian sistem latihan dan perlengkapan latihan atlet.

Selanjutnya mengenai berita tentang Faktor Penyebab Cedera dalam Berolah Raga, silakan anda bisa baca dibawah ini.

Faktor Penyebab Cedera dalam Berolah Raga

Faktor Penyebab Cedera dalam Berolah Raga
Adapu Faktor yang  menyebabkan cedera antara lain adalah sebagai berikut :

1.Latihan Yang Berlebihan,
Ini bisa terjadi jikaanda memaksa diri untuk berlatih di luar batas kemampuan diri anda, berlatihlah sesuai dengan kemampuan anda, anda harus tahu batas kemampuan tubuh anda sendiri.

2.Metode Latihan Yang Salah,
Di mana anda terlalu cepat meningkatkan intensitas ataupun jumlah latihan,hanya karena ingin kalori cepat terbakar ataupun karena ingin cepat mendapatkan hasil dari olahraga ini.

3.Kelainan Struktural
Kelainanan struktural atau anatomi tubuh anda yang dapat memberikan stress tambahan, misalnya kelainan otot, tulang, sendi dll. Ini bisa karena bawaan dari lahir

4.Kurangnya Flexibilitas,
Dimana otot yang dipertegang oleh latihan yang keras akan lebih rentan terhadap untuk terjadi cereda.

5.Ketidak Seimbangan Otot
Ini bisa terjadi jika salah satu otot lebih kuat daripada otot lain yang melakukan fungsi yang berlawanan misalnya selain melatih otot Biceps (Lengan Atas Depan) kita juga harus melatih otot Triceps (Lengan Atas Belakang), agar kekuatan otot lengan kita berimbang

6.Kurangnya Pemanasan
Pemanasan sebelum berolahraga sangat penting, karena ini membantu untuk kita menjadi tidak kaku/ menambah flexibilitas sehingga bisa terhindar dari cedera.

Demikian mengenai materi Olah Raga yang dapat saya sampaikan mengenai Faktor Penyebab Cedera dalam Berolah Raga semoga dapat menambah anda dalam pembelajaran.
Sumber: http://id.shvoong.com
Powered by Blogger.