Sistem Informasi Managemen Paket Aplikasi Sekolah (PAS)

administrator web sekolah yang menggunakan cms balitbang.Salah satu mengatasi bug yang ada dalam  fitur sistem informasi manajemen (SIM) dalam cms balitbang. Ternyata tidak menggunakan fitur sim yang ada dalam cms balitbang. Untuk keperluan pengelolaan SIM sekolahnya menggunakan PAS (Paket Aplikasi Sekolah). CMS Balitbang digunakan sekedar sebagai website sekolah yang menampilkan profil sekolah, agenda sekolah, dan informasi lain dari fitur lain diluar fitur SIM.

Untuk mengetahui tentang Sistem Informasi Managemen Paket Aplikasi Sekolah (PAS) disebutkan sebagai Program Aplikasi Sekolah) dibawah ini beberapa pengertian yang saya cantumkan.

Sistem Informasi Managemen Paket Aplikasi Sekolah (PAS)

Paket Aplikasi Sekolah (PAS) adalah sebuah perangkat lunak sistem informasi manajemen pendidikan untuk sekolah menengah yang dikembangkan oleh pemerintah (KEMENDIKNAS). PAS-SMA dikembangkan dan didistribusikan oleh Direktorat Pembinaan SMA selanjutnya oleh Direktorat Pembinaan SMP dikembangkan sebagai PAS-SMP.  Perangkat lunak ini dibagikan secara gratis kepada RSBI (Rintisan Sekolah berstandar Internasional), sedangkan sekolah lainnya bisa mendowloadnya secara gratis dari Web Direktorat pembinaan SMP (http://dit-plp.go.id) dan Dikmenum (pas.dikmenum.go.id).


Manfaat PAS

Dengan menggunakan PAS administrasi sekolah akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolahnya kepada pihak luar yang membutuhkannya.

Pendataan :
Administrasi sekolah dengan mudah dapat melakukan pendataan (perekaman dan peremajaan data) antara lain terhadap:
1. Identitas sekolah

2. Penerimaan siswa baru: calon siswa pendaftar, passing grade ditetapkan, dan siswa baru diterima

3. Data induk: siswa, guru dan tenaga administrasi

4. Kegiatan belajar-mengajar: wali kelas dan guru mata pelajaran ditugaskan, jadwal pelajaran, absensi, dan nilai prestasi belajar setiap individu siswa

5. Kebutuhann guru

6. Keuangan sekolah: penerimaan dan pengeluaran

7. Fasilitas sekolah: buku, alat pendidikan, perlengkapan sekolah, lahan, ruang kelas, dan utilitas

8. Bantuan-bantuan yang pernah diterima

Pelaporan :
Kebutuhan intern sekolah akan data dan informasi mengenai pendidikan yang diselenggarakannya dengan mudah dan cepat dapat dipenuhi. Keluaran-keluaran dalam bentuk laporan yang dapat dihasilkan melalui PAS antara lain adalah
1. Daftar siswa, daftar, guru, dan daftar wali kelas

2. Jadwal pelajaran dan laporan absensi siswa

3. Raport siswa.

Keunggulan

Ada tiga keunggulan yang dimiliki PAS-SMA/PAS-SMP, yaitu:
1. Sederhana. Tidak membutuhkan perangkat keras komputer dengan spesifikasi teknis yang tinggi.

2. Fleksibel. Dapat disesuaikan dan dikembangkan secara lebih lanjut dan mandiri, berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing sekolah.

3. Terpadu. Modular namun merupakan bagian integral dari sistem informasi pendidikan nasional.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai Sistem Informasi Managemen Paket Aplikasi Sekolah (PAS) semoga dapat menambah ilmu dalam membacanya.Terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close