Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw

Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw - Sepak takraw salah satu jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain ini salah satu ada yang tidak boleh menyentuh bola yaitu tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand.

Adapun pengenalan mengenai peramainan yang unik ini, anda bisa langsung saja memahami dan membaca mengenai Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw

Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw

Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw
Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melaka (1402 - 1511) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.

Cerita ini berawal tentang sepak raga/sepak takraw ini terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 - 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.
Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw masa Melayu
Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut Sipa, di Burma disebut Chinlone, di Laos disebut Kator, dan di Thailand disebut Takraw.

Selanjutnya, Sepak Takraw adalah kata Malaysia untuk menendang. Takraw adalah kata Thai untuk bola tenunan tangan awalnya digunakan dalam permainan.Jadi permainan dilakukan dalam bentuk menendang bola.Dalam bahasa Malaysia " Regu adalah tim" dan jumlah tim ada empat orang, tiga starter dan satu pemain pengganti.

Olah raga ini dikenal sebagai Takraw resmi . Dalam bahasa malaysia Takraw berasal dari kata kick dan Takraw yang diartikan menjadi kata Thai berarti bola tenunan, karena itu Takraw  secara harfiah berarti untuk menendang bola. Pemilihan nama ini untuk olahraga pada dasarnya merupakan kompromi antara Malaysia dan Thailand,dua negara raksasa olahraga.

Hanya itulah yang bisa saya samapaikan mengenai Olah Raga yang membahas tentang Mengenal Sejarah Olahraga Sepak Takraw, semoga dapat menambah anda semua dalam pembelajaran Olah raga pada khususnya.Terimakasih.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: