Pengertian dan Sejarah Perkembangan Futsal Singkat, Padat dan Jelas

Pengertian dan Sejarah Perkembangan Futsal Singkat, Padat dan Jelas - Olahraga futsal sekarang sudah menjadi tern dikalangan remaja bahkan bapak-bapak. Olahraga ini sama seperti sepak bola hanya saja jumlah pemain dan ukuran lapangannya berbeda. Kita mencintai olahraga ini tapi belum mengetahu sejarah dari futsal sendiri menurut saya itu belum mencintai.

Dalam artikel ini saya akan membagikan sedikit informasi bagi anda pecinta olahraga futsal yaitu tentang Pengertian dan Sejarah Futsal. Silahkan baca sendiri ya.
Pengertian dan Sejarah Futsal Singkat, Padat dan Jelas

Pengertian Futsal

Futsal berasal dari bahasa Spanyol yakni Futbol dan Sala, gabungan dua kata itu mengandung arti sepak bola dalam ruangan. Menurut sumber informasi dari FIFA, futsal sudah dimainkan pertama kali di negara Uruguat dan diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani yang menjadi pelatih sepak bola asal Argentina. Berikut ini perkembangan futsal dari tahun ke tahun:

Sejarah Perkembangan Futsal 

Berikut ini perkembangan futsal dari tahun ke tahun:
Pada tahun 1930
Permainan futsal pertama kali diperkenalkan di Uruguay dan sudah menyebar dan menarik perhatian di seluruh wilayah Amerika Selatan khususnya di Brasil. Salah satu bintang sepak bola Brasil, Pele mulai tertarik mengembangkan bakat futsal. Semenjak itu perkembangan futsal di Brasil semakin pesat dengan adanya perlindungan Federation Internationale de Football Association.

Pada tahun 1936

Dibuat kesepakatan mengenai penetapan aturan main futsal dan pada tahun tersebut futsal tidak memiliki banyak perubahan seperti sat ini.

Pada tahun 1950
Futsal mulai menyebar di Italia dan di Amerika Latin. Di Italia, futsal diperkenalkan pemain sepak bola dari Amerika Latin yang bermain di Seri A liga Italia. Di Italia sendiri futsal dimainkan pada saat para pemain sepak bola dalam keadaan senggang.

Pada tahun 1965
Diadakan kompetisi internasional futsal pertama kali dan yang menjadi juaranya adalah Paraguay.

Pada tahun 1980 dan 1984
Brazil berhasil memenangi piala Pan Amerika dan diadakannya pertemuan futsal dari berbagai negara. Pertemuan tersebut membahas tentang membentuk satu organisasi untuk memfasilitasi futsal seluruh dunia bernama FIFUSA (The Federacao Internationale de Futebol de Salao / Federasi Futsal AS).

Pada tahun 1988

Even kejuaran futsal sudah menyebar di Spanyol dan tahun tersebut menjadi yang pertama kali berhasil diadakan di Eropa. Futsal semakin teratur dan terorganisir sehingga semakin maju dari segi fasilitasnya.

Pada tahun 1989
FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai satu bagian atau olahraga sepakbola. Pada tahun itu juga FIFA mengambil alih semua penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai olah raga futsal. Semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan anda tentang dunia futsal dengan adanya Pengertian dan Sejarah Futsal Singkat, Padat dan Jelas ini. Terimakasih.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Perkembangan Futsal Singkat, Padat dan Jelas"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.