Sarana Prasarana dalam Olah Raga Sepak Takraw

Sarana Prasarana dalam Olah Raga Sepak Takraw - Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand.

Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melaka (1402 - 1511) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.Sarana Prasarana dalam Olah Raga Sepak Takraw.

Adapun pertunjukan dalam berolah raga Sepak Takrau ada salah satu yang namanya Sarana Prasarana dalam tindakan.Inilah Sarana Prasarana Olah Raga Sepak Takraw, mohon dipahami dan dilaksanakan.

Sarana Prasarana dalam Olah Raga Sepak Takraw

Sarana Prasarana dalam Olah Raga Sepak Takraw
Beberapa Sarana Prasarana dalam berolah raga Sepak Takraw adalah sebagi berikut :
1.Lapangan
* Ukuran lapangan P: 13,42 m , L : 6,10 m.
* Bebas rintangan setinggi 7,32 m.
* Baris batas tebalnya tidak boleh lebih dari 3,8 cm diukur dari dalam.
* Garis tengah tebalnya 3,8 cm.
* Perempat lingkaran jumlahnya ada 4 buah yang di buat pada kedua garis tengah dengan jari-jari 91 cm dan tebal garis 3,8 cm. Perempat lingkaran ini adalah tempat untuk melambungkan bola kepada pemain yang akan melakukan sepak mula (servis) lingkaran sepak mula dimuat pada kedua bagian lapangan jari-jari 0,31 m dan dibuat titik pusat berjarak 2,44 m dari garis belakang dan 3,05 m dari garis sampingan.

2.Tiang
Dua tiang di pasang sebelah kiri dan kanan, tinggi 1,55 m dari lantai penampang tiang 3,8 cm. Jarak tiang dengan garis batas samping lapangan 31 cm.

3.Jaring atau Net
Jaring atau net di permainan sepak takraw terbuat dari nilon. Untuk membuat net petak lubang 4-5,3 cm panjang 6,7m, lebar 0,72 m, dengan tinggi net 1,55 m pada kedua tiang dan 1,524 tinggi net di tengah lapangan.

4.Bola
Bola terbuat dari rotan berlapis 9 atau 11 lilitan yang di anyam bulat. Lingkaran 41-43 cm dengan jumlah lubang 12, berat bola 160-180 gr.
5.Pemain Sepak Takraw
Tiap regu terdiri atas 3 orang pemain apit kanan, apit kiri, dan tekong.

6.Pergantian Pemain
Pergantian pemain di sepak takraw hanya sekali pergantian pemain tiap regu.

7.Pakaian Pemain
Pakaian pemain yaitu T-shirt, celana pendek, dan bersepatu karet.

8.Pemimpin Pertandingan
Yaitu seorang wasit (official referee) dan wasit pembantu (service judge). Posisi kedua wasit saling berhadapan berseberangan dipinggir lapangan.

Cukup itu dalam pembahasan olah raga mengenai share yang saya terapkan yaitu Sarana Prasarana dalam Olah Raga Sepak Takraw, semoga dapat membantu anda dalam bermain olah raga tersebut.Terimakasih.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close