Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw Yang Perlu Dipahami

Sepak takraw- Salah satu jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand. Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melayu ((634-713)) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.

Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 - 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.

Adapun mengenai sejarah yang sudah saya tuliskan diatas, Next, anda bisa bagaimana cara bermainya dalam permaina.Inilah salah satu pembahasan yang akan saya paparkan yaitu Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw dibawah ini.

Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw Yang Perlu Dipahami

Taknik dasar dalam permainan Sepak Takraw adalah sebagai berikut :
1. Sepak Sila
Sepak sila adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam gunanya untuk menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan smash lawan.
Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw
2. Sepak Kuda (Sepak Kura)
Sepak kuda atau sepak kura adalah sepakan dengan menggunakan kura kaki atau dengan punggung kaki. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari smash lawan, memainkan bola dengan usaha menyelamatkan bola dan mengambil bola yang rendah.
Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw
3. Sepak Cungkil
Sepak cungkil adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki (jari kaki). Digunakan untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking.
Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw
4.Menapak
Menapak adalah menyepak bola dengan menggunakan telapak kaki. Digunakan untuk :smash ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola dekat net (jaring).
Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw
5.Sepak Simpuh atau Sepak Badek
Sepak badek adalah menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola dalam usaha penyelamatan.

6. Sundulan (heading)
Sundulan (heading) adalah memainkan bola dengan kepala. Digunakan untuk menerima bola pertama dari pihak lawan, meyelamatkan bola dari smash lawan.
Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw
7. Mendada
Mendada adalah memainkan bola dengan dada, digunakan untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.

8. Memaha
Memaha adalah memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola, digunakan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari smash lawan.
Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw
9. Membahu
Membahu adalah memainkan bola dengan bahu dalam usaha mempertahankan dari smash pihak lawan yang mendadak, dimana pihak pertahanan dalam keadaan terdesak dan dalam posisi yang kurang baik.

Teknik khusus dalam sepak takraw
Teknik khusus dalam permainan sepak takraw adalah cara bermain sepak takraw, bagaiman permainan dimulai, apa yang harus dilakukan. Setelah bola dikuasai tindakan apa yang harus dilakukan untuk membuat smash sehingga smash itu mendapatkan hasil atau nilai bagi regunya.

Adapun teknik khusus dalam permainan sepak takraw adalah :
Sepak Mula (Servis)
Sepak Mula (Servis) adalah sepakan yang dilakukan oleh tekong kearah lapangan lawan sebagai cara memulai permainan. suatu gerak kerja yang penting dalam permainan sepak takraw, karena point dapat dibuat oleh regu yang melakukan servis. Tujuan suatu servis hendaklah dipusatkan kepada pengacuan permainan atau pertahanan lawan sehingga kita dapat mengatur smash yang mematikan dan sulit menerima bola oleh lawan.

Begitulah mengenai materi olah raga yang sudah saya bahas yaitu tentang Teknik Teknik Permainan Olah Raga Sepak Takraw.Semoga dapat membantu dalam permainan anda semua, dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam pembahasan.Terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: