Alat Dan Bahan Yang Diperlukan Untuk Menggambar Model

Menggambar model merupakan kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar. Objek gambar model dapat berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan kumpulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh. Kita akan mempelajari gambar model dengan objek alam benda yang biasa disebut dengan gambar bentuk, dilakukan dengan cara mengamati langsung objek gambar sehingga dapat diketahui struktur bentuk dan bidang gambarnya.

Dalam penjelasan tempo lalu sudah saya singgung mengenai Prinsip Menggambar Bentuk nah dari itu bisa kita simpulkan bahwa dalam menggambar dibutuhkan imajinasi serta penghayatan yang baik agar hasil yang kita harapkan bisa sesuai dengan model yang ada, sebagai contoh kita akan menggambar model buah apel, maka gambar yang dihasilkan setidaknya harus sesuai dan proporsional dengan objek yang kita inginkan itu.

Menggambar model (alam benda) menuntut ketepatan bentuk dan karakter objek yang akan digambar. Model gambar sebaiknya diletakkan sesuai dengan jarak pengamatan mata kita. Model diletakkan tidak terlalu jauh dari pandangan agar kita bisa mengamati detail dari setiap objek yang digambar. Dalam menggambar, dapat menggunakan bidang gambar berupa kertas atau kanvas. Alat dan bahan yang digunakan adalah pensil, charcoal (arang), pensil warna, krayon, cat air, cat akrilik, dan cat minyak.

Nah untuk menghasilkan karya yang baik dibutuhkan alat dan media yang tepat, termasuk ketika dalam pembelajaran dibutuhkan alat yang bisa digunakan untuk menggambar, nah kira-kira apa saja Alat dan Bahan Yang diperlukan Untuk menggambar model itu? ok anda bisa melihat penjelasan lebih lanjut dan lebih lengkapnya dibawah ini ya;

Alat dan Bahan Dalam Menggambar Model


Beberapa alat dan bahan yang dapat digunakan dalam menggambar model dapat di jumpai dalam
berbagai ukuran dan jenis barang seperti pensil, penghapus, kertas dan sebuah papan gambar. Barang barang ini memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing.
1. Pensil
bahan menggambar model


Pilihlah yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B-2B (lunak). Gunakan peraut pensil untuk memperuncing ujung pensil. Kita juga bisa menggunakan sepotong kecil kertas amplas untuk mempermudah mengatur keruncingan pensil sesuai dengan kebutuhan.

2. Penghapus
alat untuk menggambar model

Pilihlah penghapus yang lunak dan lentur untuk membersihkan garis-garis pensil tanpa merusak kertas.

3. Kertas
alat untuk menggambar model

Gunakan kertas gambar sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu tipis dan usahakan yang memiliki tekstur. Beberapa jenis kertas dapat digunakan untuk menggambar model seperti kertas ukuran standar (A3, A4, kwarto). Untuk latihan, bisa juga menggunakan kertas buram.

4. Pensil Warna
bahan menggambar model

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna. Tekanan pada penggunaan pensil sangat memengaruhi ketajaman warna.

5. Krayon
menggambar model

Bahan krayon terdiri dari dua macam, yaitu bahan berbasis kapur dan minyak (lilin).

6. Cat Air
alat menggambar model

Bentuk cat air terdiri atas bentuk tube dan batangan. Pada bentuk tube menggunakan palet sedangkan cat air dalam bentuk batangan dapat langsung digunakan di kemasannya

Nah dari penjelasan diatas mengenai Macam-macam Alat dan Bahan Menggambar Model saya rasa udah jelas semua, jadi anda perlu siapkan minimal alat dan bahan agar dalam proses menggambar model bisa tercapai hasil yang baik, pesan dari saya, berkreasilah selama waktu masih ada, dan terus berdoa, usaha agar anda bisa mengembangkan bakat anda, share jangan lupa ya. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Alat Dan Bahan Yang Diperlukan Untuk Menggambar Model"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close