Mengenal Aneka Macam Musik Tradisional Nusantara Serta Keunikannya

Musik tradisional Nusantara selain merupakan kekayaan bangsa, juga menunjukkan identitas suatu daerah. Di bawah ini akan dijelaskan tentang ragam musik Nusantara yang berada di Indonesia agar kalian lebih memahaminya.

Musik tradisional adalah Musik yang tumbuh dan berkembang secara turun-temurun yang berkembang di suatu daerah dan menjadi ciri khas suatu daerah dengan memakai gaya bahasa dan melodi yang berbeda-beda serta alat musik itu terbuat dari bahan kekayan alam dengan menggunakan nada pentatonis.

Dari berbagai wilayah nusantara di indonesia memiliki ciri khas musik nusantara yang berbeda-beda dan biasanya memiliki keunikan tersendiri, maka dari itulah kita sebagai warga indonesia harus bisa menjaganya agar tetap bisa utuh dan melestarikannya.

Memang perkembangan musik di era modern ini sudah berkembang pesat, banyak model musik yang ada, baik dari mulai band, dangdut, rege, house musik, rock, klasik dan masih banyak lainnya, tetapi jangan sampai kita melupakan keunikan musik nusantara di indonesia, kita wajib manjaga, melestarikan warisan nenek luhur kita.

Jika kemarin sudah saya infokan mengenai Pengertian Birama, yang merupakan bagian dari musik, nah untuk menambah wawasan dalam seni musik saya ingin berbagi kepada anda semua dan mengajak untuk Mengenal Aneka Macam Musik Tradisional Nusantara, seperti apakah musik itu, langsung saja mari kita bahas satu persatu ya.

Macam-Macam Musik Nusantara Di Indonesia

Dikesempatan kali ini akan saya jelaskan secara singkat dan jelas untuk Jenis Musik Nusantara yang ada di indonesia dari berbagai daerah indonesia, ini hanya merupakan Contoh Musik Nusantara, dan anda mungkin bisa menambahi lagi jika anda lebih tahu, tinggalkan saja dikolom komentar ya.langsung saja berikut Jenis-jenis musik nusantara di indonesia.

Musik Daerah Nusantara Jawa Barat


Musik daerah setempat Jawa Barat banyak ragamnya. Setiap musiknya mempunyai ciri khas
sendiri. Keragaman ini dapat dilihat dari instrumen yang digunakan. Musik daerah setempat Jawa Barat, antara lain sebagai berikut.
macam-macam musik nusantara
  1. Angklung adalah alat musik bambu yang dikerat. Alat musik ini ukurannya bermacammacam. Angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan per pasang atau dalam sebuah rak.
  2. Calung adalah alat musik bambu yang dikerat. Satuan-satuannya mirip atau sama dengan satuan-satuan angklung. 
  3. Arumba adalah alunan rumpun bambu. Pada prinsipnya, musik arumba hampir sama dengan
  4. angklung. Hanya arumba dilengkapi dengan susunan bambu mirip gambang. Arumba dibunyikan dengan cara dipukul. 
  5. Tarling adalah musik daerah yang berasal dari Cirebon. Tarling diambil dari singkatan gitar
  6. dan suling. 
  7. Degung adalah seperangkat musik gamelan yang mempunyai ciri tertentu dalam warna musiknya. Dahulu, gamelan degung berfungsi untuk mengiringi upacara adat atau upacara keagamaan. 
  8. Gending Cianjuran adalah jenis musik yang menonjolkan vokal khas Cianjur. Musik ini digunakan
  9. untuk sarana hiburan para bangsawan Sunda.

Musik Daerah Nusantara Jawa Tengah

Musik daerah Jawa Tengah adalah gamelan. Berdasarkan laras-nya, gamelan dibedakan menjadi dua, yaitu gamelan laras slendro dan gamelan laras pelog.
  1. Laras slendro adalah tangga nada pentatonis yang menggunakan nada 1 2 3 5 6 1 (dibaca: ji, ro, lu, mo, nem, ji). Ciri khas tangga nada ini adalah jarak antarnadanya lebih besar daripada nada-nada do re mi. Jenis tangga nada ini memberi kesan gembira, ringan, dan lincah.
  2. b. Laras pelog adalah tangga nada pentatonis yang menggunakan nada 1 2 3 4 5 6 7 (dibaca: ji, ro, lu, pat, ma, nem, pi). Jenis tangga nada ini memberi kesan tenang dan luhur.
musik-daerah-jawa-tengah
Pemain musik gamelan disebut niyaga, sedangkan penyanyinya disebut sinden atau waranggana. Lagu-lagu yang dinyanyikan secara umum disebut gending. Gamelan terdiri atas
  • alat musik idiophone (bonang, gender, demung, saron, slenthem, kethuk, kenong, kempul, gong, dan gambang);
  • alat musik membranophone (kendang);
  • alat musik chordophone (siter dan rebab);
  • alat musik aerophone (suling).

Musik Daerah Nusantara Jawa Timur

Musik daerah yang ada di Jawa Timur sama dengan musik gamelan yang ada di Jawa Tengah, yaitu mempunyai tangga nada pelog dan slendro. Di Madura, musik gamelan disebut gamelan sandur.

Musik Daerah Nusantara Bali

macam-macam-musik-daerah-bali
Dalam tradisi Bali, kata gamelan berasal dari kata gamel. Gamelan terdiri atas beberapa instrumen tabuh, meliputi metalofon, silofon, gong, gendang, dan bonang. Gamelan Bali juga hampir sama dengan gamelan Jawa. Gamelan Bali memiliki dua sistem nada, yaitu pelog dan slendro. 

Gamelan pelog dapat dikelompokkan dalam empat nada, lima nada, dan tujuh nada. Gamelan slendro dikelompokkan dalam empat nada dan lima nada. Setiap desa atau kelompok menyetem nada gamelan secara berbeda-beda, sehingga instrumen gamelan Bali tidak dapat ditukarkan. Dalam permainannya, gamelan Bali lebih dinamis dan cepat dibandingkan dengan gamelan Jawa.

Musik Daerah Riau

Musik daerah Riau terdiri atas dua bagian, yaitu orkes Melayu dan musik gambus.
a. Orkes Melayu
Musik orkes Melayu adalah orkes yang membawakan lagu-lagu Melayu asli. Instrumennya terdiri atas akordeon, gendang Melayu, dan gong kecil. Orkes inilah yang menjadi cikal bakal musik Melayu yang sekarang dikenal dengan sebutan musik dangdut.
b. Musik Gambus
Musik gambus erat hubungannya dengan agama Islam. Gambus adalah alat musik sejenis gitar dengan wadah gema cembung dan memakai tujuh dawai yang ditala secara rangkap seperti mandoline. Para pemain musik gambus pada umumnya juga sebagai vokalis. Lagu yang dibawakan umumnya bertema keagamaan dan persoalan cinta. Alat musik yang digunakan adalah gambus, rebana, dan biola.

Musik Daerah Minang ( Sumatera Barat )
jenis musik tradisional nusantara

Musik di daerah ini yang terkenal adalah talempong. Talempong, yaitu alat musik sejenis bonang
dari logam perunggu atau besi berbentuk bundar dengan puncak di tengah. Alat musik daerah Minang terdiri atas
  • alat musik perkusi (gendang besar, ketipung, rebana, gendang sedang, talempong, dan gong);
  • alat musik tiup (saluang, serunai, puput tanduk, dan suliang);
  • alat musik Barat (trompet, gitar, dan biola).

Musik Daerah Minahasa


Musik khas daerah Minahasa (Sulawesi Utara) adalah kolintang. Kolintang adalah sejenis gambang
atau xilofon yang terbuat dari bilahan kayu. Satu perangkat kolintang terdiri atas tujuh kolintang yang dimainkan dengan dua pemukul. Tangga nada yang digunakannya adalah tangga nada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si). Alat musik lainnya, antara lain rebana, gambus, dan suling.

Musik Daerah Maluku


Alat musik di seluruh Maluku hampir sama, yaitu
  • arababu (rebab) dengan resonator dari tempurung;
  • idiokordo yang disebut tetabuhan;
  • gong (didatangkan dari Jawa);
  • korno (alat musik tiup) yang terbuat dari siput;
  • bermacam-macam gendang yang disebut tifa.
Untuk daerah Halmahera, Bacan, Ternate, dan Tidore sebagai daerah Islam memiliki alat-alat musik islami, seperti rebana, gambus, bangsil (suling), dan sulepe. Sulepe merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari tali, tetapi resonator-nya terbuat dari tempurung.

Sumber : 
Buku Terampil bermain musik kelas 7

Demikianlah sedikit pengetahuan dalam rangka Mengetahui Macam-Macam Musik tradisional Nusantara, semoga tambah ilmu, dan tetap belajar ya, selamat berkreasi
Powered by Blogger.