Pengertian Birama Dan Macam-Macam Birama Yaitu 2/4 - 3/4 - 4/4 - 6/8

Pengertian Birama Dan Macam-Macam Birama Yaitu 2/4 - 3/4 - 4/4 - 6/8, Biasanya dalam memahami seni musik ada banyak hal yang harus anda ketahui baik dari pemahaman Unsur-unsur Musik maupun tingkat penguasaan nada yang baik.

Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu kapan manusia mula mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika, sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun lalu telah ada perubahan evolusi pada otak manusia. Dengan otak yang lebih pintar dari hewan, manusia merancang pemburuan yang lebih terarah sehingga bisa memburu hewan yang besar.

Dengan kemampuan otak seperti ini, manusia bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan menggunakan imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara manusia. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan memberikan nama panggilan untuk seseorang.

Nah musik itu sendiri memiliki beberapa unsur yang mencakup di dalamnya, untuk itulah musik perlu memperhatikan beberapa unsur penting yang harus dipenuhi agar musik yang dihasilkan bisa selaras dan terasan enak ditelinga.

Kemarin Sudah saya jelaskan dengan lengkap mengenai Unsur Dalam Lagu Notasi Angka dan Notasi Balok ( Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Dan Nada Tanda Diam). nah untuk lebih memperdalam pengetahuan anda dalam belajar seni musik kali ini saya akan menjelaskan secara rinci kepada pembaca semuanya khususnya Pengertian Birama Dan macam-macam birama ( Birama 2/4,3/4,4/4 dan 6/8.

Untuk Lebih jelas agar tidak kelamaan dalam menyampaikan dan tentunya anda semua cepat paham dengan apa yang saya sampaikan ok deh langsung saja mari kita bahas satu persatu dari tiap Pengertian Birama dan Apa Jenis Birama itu? berikut penjelasannya;

Pengertian Birama


Ada beberapa penjelasan dalam mengetahui apa itu Arti Birama dan disini saya mengambil dari 2 sumber yang berbeda agar anda bisa membandingkannya, dan arti birama pun tidak jauh beda kok. jika anda ingin lebih tahu ya harus memahaminya, jangan cuma menghafalkan dari pengertian birama itu.

Pengertian Birama, Ruas Birama, Arti Arsis dan Arti Aksen

  1. Pengertian Birama adalah suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dalam satu ruas birama. Satu ruas birama ditunjukkan oleh batas-batas garis vertikal yang disebut garis birama.
  2. Pengertian Birama Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Dalam notasi balok (musik), birama adalah bagian /segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut. Misalnya, birama ¾ maka nada-nada pada setiap ruas birama seharga 3 ketukan yang setiap ketukannya senilai ¼. Pada umumnya suatu birama dibatasi oleh garis birama. Suatu lagu pendek terdiri atas 8 atau 16 birama, sedangkan lagu standar terdiri atas 32 birama.
  3. Pengertian Ruas Birama adalah ,Petak-petak yang dibatasi garis birama / bisa di artikan juga ruang dalam meletakkan birama ( jarak antara garis birama )
  4. Tiap birama dalam musik mempunyai tekanan suara yang teratur yang disebut arsis dan aksen. Arti Arsis adalah birama yang ringan dan Arti Aksen adalah birama yang kuat.
Untuk lebih jelas dan lebih paham silahkan anda bisa lihat gambar dibawah ini yang merupakan Contoh Birama;
contoh-birama
Keterangan :
B = Birama
GB = Garis Birama

Nah sekarang saya harap dengan sedikit penjelas Arti Dari Birama anda lebih paham, ok selanjutnya jika sudah tahu, lantas Apa Saja Jenis Birama itu? berikut penjelasannya;

Macam-Macam Birama


Dalam pembagiannya birama adalah satu unsur-unsur dalam musik, maka dari itulah birama diperlukan agar musik yang di hasilkan dari kreasi bisa selaras dan enak untuk didengarkan, untuk itulah Jenis Birama terdiri atas beraneka macam, yaitu birama 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8.

1. Birama 2/4

Kenapa di sebut dengan Birama 2/4, dengan adanya birama 2/4 ini bisa di artikan tiap birama yang terdiri atas dua ketukan birama seharga 1/4. dan untuk Contoh Lagu nusantara yang ada di indonesia yang menggunakan birama 2/4 adalah sebagai berikut;
  • Hari Merdeka (lagu nasional)
  • Cik Cik Periok dari Kalimantan Barat
  • Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan
  • Manuk Dadali dari Jawa Barat

2. Birama 3/4

Jika birama 2/ 4 menggunakan 2 ketukan sama halnya dengan Birama 3/4 yang seharga 1/4, yang dalam biramanya memiliki 3 ketukan, jika lebih mudah sih anda bisa melihat ketukan awal pada angka birama itu;sedangkan contoh lagu yang menggunakan ketukan 3/4 adalah;
  • Burung Tantina dari Maluku
  • Burung Kakatua dari Maluku
  • Tumpi Wahyu dari Kalimantan Tengah
  • Lisoi dari Tapanuli

3. Birama 4/4

Birama 4/4 Memiliki arti yaitu birama yang terdiri dari 4 ketukan nada seharga 1/4. contoh lagu yang menggunakan birama 4/4 adalah;
 artinya tiap birama terdiri atas empat ketukan.
  • Bungong Jeumpa dari Aceh
  • Butet dari Tapanuli
  • Injit Injit Semut dari Sumatera Timur
  • Ayam Den Lapeh dari Sumatera Barat
  • Jali-Jali dari Jakarta

4. Birama 6/8

Yang terakhir Jenis Birama adalah Birama 6/8, Birama 6/8 ini memiliki pengertian birama yang terdiri atas 6 ketukan tiap biramanya seharga 1/8. sedangkan contoh lagu birama 6/8 adalah;
  • Naik-Naik ke Puncak Gunung dari Maluku.
Sumber : 
  • Buku Terampil bermain musik kelas 7
  • Wikipedia
Nah saya rasa sudah jelas bukan dari Pengertian Birama, Macam-macam birama, Birama 2/4, Birama 3/4, Birama 4/4 dan juga birama 6/8, untuk itu saya anggap udah paham materi seni musik kali ini, kita lanjut pada materi berikutnya ya. silahkan di share di social media agar teman anda juga bisa mengetahui informasi ini. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pengertian Birama Dan Macam-Macam Birama Yaitu 2/4 - 3/4 - 4/4 - 6/8"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.