Pengertian Menhir, Dolmen, Peti Kubur Batu dan Punden Berundak,Sarkofagus Lengkap Gambarnya

Apa itu Menhir, Sarkofagus, Dolmen, Peti Kubur Batu, Waruga, Punden Berundak, Arca atau Patung- Manusia di dunia ini tidak terlepas dari yang namanya kepercayaan. termasuk kepercayaan pada jaman dahulu yang memuja roh atau arwah leluhur. ini dilakukan karena anggapan manusia bahwa roh yang memiliki kekuatan alam dan roh itu dianggap suci.

Manusia purba juga masih mempunyai kepercayaan lain selain memuja roh atau arwah leluhur nah salah satunya adalah sebuah kepercayaan pada masa bercocok tanam. ini dianggap bahwa manusia yang telah meninggal di percaya masih hidup tetapi beda alam. seperti yang kita ketahui juga bahwa dalam ajaran modern sekarang ini pun khususnya agama islam bahwa orang mati ronya masih di dalam barzah dan dianggap tidak mati.

Masyarakat masa bercocok tanam memiliki ciri khas yang sesuai dengan perkembangan penemuan-penemuan barunya. Nilai-nilai hidup semakin berkembang dan manusia pada waktu itu tidak lagi menggantungkan hidupnya pada alam, tetapi sudah menguasai alam lingkungan sekitarnya dan aktif membuat perubahan-perubahan.

Sebagai masyarakat petani, penduduk sudah dapat memproduksi makanan sehari-hari. Salah satu segi yang menonjol dalam masyarakat adalah sikap terhadap kehidupan yang sudah mati. Kepercayaan bahwa roh seseorang tidak lenyap pada saat orang meninggal, sangat memperngaruhi kehidupan manusia. Roh dianggap mempunyai kehidupan di alamnya tersendiri sesudah orang meninggal.

Pada jaman dahulu kepercayaan yang dikenal manusia purba ini terdiri banyak sekali yang menggabungkan dari berbagai etnik dan budaya. salah satu peninggalan sejarah yang masih dikenal di indonesia yaitu berupa Menhir, sarkofagus, dolmen, peti kubur batu, waruga, pundek berundak, arca atau patung. nah untuk memperjelas itu semua kali ini akan saya bahas semua agar anda yang masih bingung dengan pengertian Menhir dan sarkofagus bisa mengenal lebih dalam lagi, untuk lebih jelasnya yuk mari kita simak apa pengertian dari menhir, sarkofagus, dolmen, peti kubur batu, waruga, pundek berundak, arca dan patung.berikut penjelasan lebih rincai bisa anda baca dan di cermati lebih mendalam lagi ya.

Pengertian Menhir, Dolmen, Peti Kubur Batu,Pundek Berundak, Waruga, Arca atau Patung


Untk Menjawab penjelasan mengenai Pengertian Menhir, Pengertian Dolmen, Pengertian Peti Kubur Batu, Pengertian Punden Berundak, Pengertian Waruga, Pengertian Arca dan juga Pengertian Patung juga akan saya perjelas dengan gambar yang ada, sehingga jika anda kesulitan atau yang belum tahu dari gambar menhir, gambar dolmen, gambar peti kubur batu, gambar punden berundak, gambar waruga, gambar arca dan juga gambar patung bisa lebih tahu, dan saya berharap anda bisa menghargai hasil peninggalan kebudayaan masa sejarah indonesia ini; untuk lebih jelas langsung saja mari kita bahas satu persatu ya.

Pengertian Menhir


Pengertian Menhir adalah sebuah tugu batu yang tegak sebgai tempat pemujaan terhadap arwah leluhur. Menhir bisa anda temukan di sebagian wilayah indonesia khususnya di sumatera, sulawesi tengah dan kalimantan.
pengertian-menhir

Sedangkan Pengertian Menhir dari Wikipedia di jelaskan bahwa Menhir adalah batu tunggal, biasanya berukuran besar, yang ditatah seperlunya sehingga berbentuk tugu dan biasanya diletakkan berdiri tegak di atas tanah. Istilah menhir diambil dari bahasa Keltik, dari kata men (batu) dan hir (panjang).

Menhir biasanya didirikan secara tunggal atau berkelompok sejajar di atas tanah, namun pada beberapa tradisi juga ada yang diletakkan terlentang di tanah. Menhir, bersama-sama dengan dolmen dan sarkofagus, adalah megalit. Sebagai salah satu penciri utama budaya megalitik, pembuatan menhir telah dikenal sejak periode Neolitikum (mulai 6000 Sebelum Masehi). Beberapa menhir memiliki pahatan pada permukaannya sehingga membentuk figur tertentu atau menampilkan pola-pola hiasan. Menhir semacam ini dikenal sebagai menhir arca (statue menhir). Pada kebanyakan kebudayaan, tradisi pembuatan menhir telah berlalu, diganti dengan pembuatan bangunan; namun demikian di beberapa tempat, terutama di Nusantara, tradisi ini masih dilakukan hingga abad ke-20.Soure : id.wikipedia.org

Pengertian Dolmen


Pengertian / Arti Dolmen adalah meja batu tempat meletakkan sesaji yang akan dipersembahkan kepada arwah nenek moyang. Di bawah dolmen ini biasanya ditemukan kuburan batu.Dolmen yang merupakan tempat pemujaan misalnya ditemukan di Telagamukmin, Sumberjaya, Lampung Barat. Dolmen yang mempunyai panjang 325 cm, lebar 145 cm, tinggi 115 cm ini disangga oleh beberapa batu besar dan kecil. 
Pengertian-dolmen

Hasil penggalian tidak menunjukkan adanya sisa-sisa penguburan. Benda-benda yang ditemukan pada umumnya dolmen banyak ditemukan di Jawa Timur dan Sumatera Selatan Dolmen merupakan hasil kebudayaan megalitikum, dimana pada zaman megalit bangunannya selalu berdasarkan kepercayaan akan adanya hubungan antara yang hidup dan yang mati terhadap kesejahtraan masyarakat dan kesuburan tanaman. Domen ini merupakan sebuah media atau peralatan yang dipergunakan untuk mengadakan upacara pemujaan terhadap roh nenek moyang.

Dolmen-dolmen yang masih dapat disaksikan sampai sekarang mempunyai bentuk-bentuk besar sehingga kadang-kadang sulit dibayangkan bagaimana batu besar dan dengan berat berton-ton itu dapat diangkut. Pengangkutan batu sampai setinggi dua meter lebih tentu mempunyai teknik tersendiri di dalam cara pengangkutannya. Besar tiang-tiang penyangga biasanya disesuaikan dengan besar batu datarnya. Semakin besar batu datar maka semakin besar pula tiang penyangganya.

Pengertian Sarkofagus


Pengertian Sarkofagus adalah peti jenazah yang terbuat dari batu bulat (batu tunggal) / Bisa disebut juga sebuah peti mati untuk menyimpan jenasah seseorang yang sudah meninggal.  Sarkofagus sering disimpan di atas tanah oleh karena itu sarkofagus seringkali diukir, dihias dan dibuat dengan teliti. Beberapa dibuat untuk dapat berdiri sendiri, sebagai bagian dari sebuah makam atau beberapa makam sementara beberapa yang lain dimaksudkan untuk disimpan di ruang bawah tanah. Di Mesir kuno, sarkofagus merupakan lapisan perlindungan bagi mumi keluarga kerajaan dan kadang-kadang dipahat dengan alabaster. 

Pengertian Arca 


Pasti anda juga sudah tahu seperti apa wujud dari arca itu, tetapi pada jaman sejarah patung atau bisa disebut dengan arca ini memiliki banyak makna dan arti sehingga para ilmuan sejarah mencoba menjelaskan dari tiap peninggalan arca yang ada di indonesia sehingga kita tahu apa maksud dan tujuannya, sedangkan Pengertian Arca menurut wikipedia adalah patung yang dibuat dengan tujuan utama sebagai media keagamaan, yaitu sarana dalam memuja tuhan atau dewa-dewinya. Arca berbeda dengan patung pada umumnya, yang merupakan hasil seni yang dimaksudkan sebagai sebuah keindahan. Oleh karena itu, membuat sebuah arca tidaklah sesederhana membuat sebuah patung.

 Arca atau patung bisasnya identik dengan agama hindu, budha dan kristen dan agama ini termasuk salah satu dari 5 agama yang ada di di indonesia. Untuk mengetahui atau melihat arca peninggalan jaman kuno, atau yang ada di jaman modern ini mungkin anda bisa mencoba melihatnya ke tempat ibadah dari agama yang sudah saya sebutkan diatas, atau anda bisa menemukan arca ini di wilayah indonesia khususnya Sumatera selatan, Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pengertian Patung


pengertian-patungPatung identik digunakan sebagai karya seni dari seorang seniman, tetapi pada jaman dahulu patung digunakan sebagai tempat pemujaan arwah nenek moyang yang sudah meninggal, sedangkan Pengertian Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.

Pengertian Peti Kubur Batu


Kuburan batu adalah peti jenazah yang terbuat dari batu pipih. Sebagaimana kebiasaan atau adat jaman purbakala yang dikenal dengan jaman batu masyarakat purba seringa memanfaatkan batu sebagai alat utama, tidak hanya digunakan untuk memasak, alat bercocok tanama tetapi batu pun juga di gunakan sebagai alat untuk menyimpan jenasah, biasanya Kuburan batu bisa anda temukan di sebagian daerah indonesia seperti kuningan, jabar, dan nusa tenggara, jika anda belum tahu seperti apa gambarnya bisa anda lihat dibawah ini ya;
pengertian-kubur-batu/peti kubur batu

Pengertian Punden Berundak


pengertian-punden-berundakPunden berundak atau bisa disebut juga dengan Punden berundak-undak memiliki pengertian sebuah bangunan/ tempat suci sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang dibuat dalam bentuk bertingkat-tingkat atau berundak-udak. anda bisa menemukan Bangunan ini banyak ditemukan di daerah Lebak Si Bedug, Banten Selatan. mungkin anda mau wisata atau mengenal sejarah purbakala indonesia bisa mencoba berkunjung ke tempat-tempat dimana di temukannya peninggalan sejarah jaman purba indonesia seperti pundek berundak ini.

Pengertian Waruga

pengertian-waruga

Pengertian Waruga adalah kubur atau makam leluhur orang Minahasa yang terbuat dari batu dan terdiri dari dua bagian. Bagian atas berbentuk segitiga seperti bubungan rumah dan bagian bawah berbentuk kotak yang bagian tengahnya ada ruang.

Sumber: Buku sejarah dan id.wikipedia.org

Saya rasa sudah jelas mengenai Pengertian Menhir, Dolmen, Peti Kubur Batu dan Punden Berundak,Sarkofagus, Pengertian waruga, saya sudah ringkaskan dari beberapa sumber, semoga anda mudah dalam mempelajarinya dan anda lebih mengenal peninggalan sejarah pada jaman purba, kita lanjut materi di kesempatan mendatang ya.terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

4 Responses to "Pengertian Menhir, Dolmen, Peti Kubur Batu dan Punden Berundak,Sarkofagus Lengkap Gambarnya"

  1. I think your blog is very nice and thanks for your blog
    sanadomino

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. SAMA-SAMA, semoga pengertian menhir, dolmen, peti kubur diatas bisa membantu mengerjakan tugas anda

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.