Pengertian Tangga Nada Dan Macam-Macam Tangga Nada ( Diatonis dan Pentatonis)

Tangga Nada merupakan bagian terpenting dalam Seni Musik dan ini adalah salah Unsur Seni Musik yang wajib kita pelajari dan kita kuasai dengan baik agar ketika kita bermain musik dapat tercapai hasil yang maksimal, enak didengar orang, enak di hayati dan memiliki makna yang baik.

Dari beberapa Unsur Musik yang ada Tangga Nada merupakan unsur yang bisa dikatakan menjadi patokan dalam setiap bermain musik. karena musik memiliki tingkatan nada yang berbeda-beda sehingga ketika kita mau bermain musik perlu mengetahui nada yang pas dengan lagu yang ada. dan setiap lagu memiliki nada yang berbeda-beda. dan ini adalah salah satu Unsur Lagu yang penting dalam pembelajaran musik.

Secara umum Tangga Nada ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu diatonis dan Pentatonis sesaat lagi akan saya bahas biar anda lebih paham apa itu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis serta bagian-bagian dari tiap 2 bagian tangga nada tersebut.

Mungkin dari kebanyakan orang sudah mengenal nada, tapi apakah mereka tahu Apa itu Arti Tangga Nada? nah jika anda kebetulan belum tahu Pengertian Tangga Nada bisa anda simak baik-baik artikel saya pada postingan kali ini. kalau bahas musik mengingatkan saya ketika saya melatih marching band ditempat sekolah saya mengajar karena selain guru penjas saya juga merangkap menjadi guru musik dan seni rupa juga, sehingga ya dobel gitu deh, selain itu saya juga mengajar TKJ juga di SMK, jadinya saya ini guru yang campur aduk ilmunya, hehehehe. Ok tanpa bosa basi lagi mari langsung saja kita bahas Pengertian Tangga Nada dan Macam-Macam Tangga Nada apa saja.

Pengertian Tangga Nada Dan Macam-Macam Tangga Nada

  • Jika di Artikan tangga nada itu singkat loh, pasti kalian juga sudah pernah mendengar dan sering diajarkan ketika disekolah, Pengertian Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do.
  • Pengertian Tangga Nada dari wikipedia ; Tangga nada merupakan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada, mulai dari salah satu nada dasar sampai dengan nada oktafnya, misalnya do, re, mi, fa, so, la, si, do

Macam-Macam Tangga Nada

Nah setelah kita tahu apa pengertian tangga nada saatnya kita mengetahui jenis dari tangga nada itu apa saja,Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis.
 
1) Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis. Tangga nada diatonis ada beberapa macam sebagai berikut.

a.Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2. Untuk Lebih jelasnya anda bisa menyimak gambar dibawah ini ya;
tangga-nada-mayor
b. Tangga Nada Minor

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
  1. Tangga Nada Minor Asli
  2. Tangga nada minor asli hanya memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian merupakan bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini. Berikut ini, tangga nada minor asli.
    tangga-nada-minor-asli

  3. Tangga Nada Minor Harmonis
  4. Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan turun tetap sama. Berikut ini, tangga nada minor harmonis.
    tangga-nada-minor-harmonis

  5. Tangga Nada Minor Melodis
  6. Tangga nada minor melodis adalah tanga nada minor asli yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan ½ laras. Berikut ini, tangga nada minor melodis.
tangga-nada-minor-melodis
2) Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Sedangkan Pengertian Tangga Nada Pentatonis dari wikipedia dijelaskan bahwa Skala pentatonik atau tangga nada pentatonik adalah suatu skala dalam musik dengan lima not per oktaf. Skala pentatonik biasanya digunakan sebagai dasar dalam memainkan jenis musik blues . Ada dua skala pentatonik yang paling sering digunakan yaitu skala pentatonik "Major dan skala pentatonik "Minor" . Pola interval pada skala penatonik "Major" adalah M2-M2-m3-M2-m3 , sementara pada skala pentatonik "Minor" adalah m3-M2-M2-m3-M2.

Skala pentatonik ditemukan di seluruh dunia: dalam tuning krar di Ethiopia dan gamelan di Indonesia, juga pada melodi dari lagu spiritual Afrika-Amerika dan komponis Claude-Achille Debussy. Tangga nada pentatonik pada umumnya digunakan pada musik tradisional di Indonesia misalnya pada musik gamelan. Sumber : buku seni musik kelas 8 dan wikipedia.org

Demikianlah sedikit penjelasan dari saya mengenai Pengertian Tangga Nada dan Macam-macam tangga nada baik dari tangga nada diatonis dan pentatonis semoga menambah ilmu kita semua dalam dunia musik, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close