Notasi Angka dan Notasi Balok ( Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Dan Nada Tanda Diam)

Notasi Angka dan Notasi Balok ( Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Dan Nada Tanda Diam). Seni musik merupakan salah satu kategori dalam pelajaran seni budaya yang mana dalam seni budaya itu dibagi menjadi beberapa bagian salah satunya adalah seni musik, seni rupa, seni tari masih ada yang lain.

Sedikit curhat dalam sekolah saya kebetulan untuk mapel Seni budiri tidak ada yang mengampu maka dari itulah saya di tugaskan oleh kepala sekolah untuk mencoba mengajar mapel seni budaya ini, nah untuk itulah dalam blog sederhana ini saya mencoba berbagi beberapa materi seni budaya yang saya ketahui, dan untuk pembahasan kali ini saya akan jelaskan kepada anda semuanya mengenai Unsur dalam Lagu yang dibagi menjadi Notasi Angka dan Notasi balok, sedangkan notasi balok sendiri dibagi menjadi beberapa bagian / unsur yaitu Bentuk, nama, harga nilai - nilai notasi balok dan juga nada tanda diam.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu dalam setiap unsur yang ada pada notasi angka dan notasi balok yang sudah saya sebutkan diatas;

Notasi Angka dan Notasi Balok ( Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Dan Nada Tanda Diam)

Unsur-unsur dalam Lagu


Apersepsi selain syair dan nada, sebuah lagu terdiri atas berbagai bagian yang membentuknya. Lagu akan terdengar indah karena berbagai unsur musik yang digabungkan. Adapun, unsur-unsur yangn membentuk sebuah lagu adalah sebagai berikut.

Notasi Musik ( Notasi Angka dan Balok )

Nada tidak dapat dilihat atau diperlihatkan, tetapi dapat didengar ataupun diperdengarkan. Nada adalah bunyi yang getarannya teratur. Untuk menuliskan nada, digunakan notasi (simbol). Pada dasarnya, notasi hanya dapat melukiskan dua sifat nada, yaitu tinggi rendah dan panjang pendek. Warna nada dapat dilukiskan dengan notasi. Dengan notasi, kita dapat mengenal, membaca, menulis, dan menyanyikan lagu. Jenis notasi ada dua macam, yaitu notasi angka dan notasi balok.

Untuk penjelasan bagian dari Notasi Angka Dan Notasi Balok bisa anda perhatikan penjelasan dibawah ini;

Notasi Angka

Notasi angka pertama kali ditemukan oleh Guido D'Arezzo ( 990-1050_ seorang ahli teori musik bangsa prancis yang lama berdiam di Arrezo italia, Dia adalah orang yang berhasil menciptakan suatu metode membaca notasi musik dengan menggunakan suara manusia.

Pengertian Notasi Angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol angka-angka. Angka-angka yang dipakai adalah Do, Re, Mi, Fa, Sol, La , dan si sedangkan untuk notasi angkanya menjadi 1, 2, 3, 4, 5, 6,7 , untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tabel dibawah ini untuk lebih jelas dan memahami model Notasi Angka.
Susunan Notasi Angka
1
2
3
4
5
6
7
DO
RE
MI
FA
SOL
LA
SI
Seiring dengan Perkembangan musik baik di indonesia atau dimanca negara maka notasi angka dianggap kurang efektif karena tidak memiliki patokan nada tinggi yang tetap, sehingga bisa disimpulkan bahwa not angka ini cocok di gunakan sebagai pembelajaran vocal atau menyanyi.

Notasi Balok

Pengertian Notasi balok adalah simbol atau tanda untuk menyatakan tinggi rendahnya suara yang diwujudkan dengan gambar. Notasi balok disebut juga notasi mutlak karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap (a = 440 Hz) sehingga sangat efektif digunakan dalam bermain musik. Bagian-bagian notasi balok dibagi menjadi tiga, yaitu bendera, tangkai, dan kepala. Amatilah gambar bagian-bagian notasi di bawah ini;
bagian-notasi-balok

Selain ketiga bagian yang ada pada gambar diatas notasi balok juga bisa dibedakan menjadi beberapa bagian lagi yaitu ;
  1. Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Nada
  2. Bentuk dan Nilai Tanda Diam
Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas satu persatu dari 2 bagian diatas;

Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Nada

Berikut adalah gambar bentuk, nama, harga dan nilai suatu nada, anda bisa mengamati lebih teliti bagaimana bentuk serta harga dari setiap not yang anda, sehingga anda akan lebih  mudah mempelajari dan tentunya bisa membaca not balok dengan baik.
bentuk-nama-harga-nilai-nada
Dalam Penulisan notasi balok diletakkan pada tempat not yang disebut garis paranada. Garis paranada terdiri atas lima buah garis sejajar yang sama panjangnya. Jaraknya bernomor dari bawah ke atas, yaitu 1, 2, 3, 4, 5. Selang atau jarak antara dua buah garis notasi disebut spasi. Tempat dan tinggi setiap nada yang terletak pada garis paranada tetap dan tidak dapat diubah-ubah.

Cara penulisan notasi balok pada garis paranada adalah sebagai berikut.
(1) Bagian kepala notasi miring ke kanan atas. Contoh:
Cara penulisan notasi balok pada garis paranada
(2 ) Arah tiang tegak lurus dua setengah spasi. Contoh:
cara-menulis-notasi-balok-model-tegak
(3) Notasi di bawah garis ketiga, arah tiang ke atas, dan notasi di atas garis ketiga, arah tiang ke bawah. Contoh:
Cara menulis not nada di paranada
(4) Notasi pada garis ketiga, arah tiang boleh ke bawah atau ke atas. Contoh:
(5) Bendera notasi, baik tangkai ke atas maupun ke bawah selalu ke arah kanan dengan panjang kurang lebih dua spasi. Contoh:
cara-menulis-nada-pada-paranada

(6) Beberapa nada dalam satu ketuk benderanya dapat disatukan jika masih dalam satu birama. Contoh:
contoh-penulisan-notasi-nada-pada-paranada
(7) Apabila garis paranada tidak cukup, dapat menambah garis bantu (garis penolong).
cara-menulis-not-pada-paranada
Dalam sebuah lagu, kita sering menjumpai satu atau lebih titik di belakang notasi. Titik di belakang notasi gunanya untuk memperpanjang notasi. Nilai titik adalah setengah dari notasi di depannya. Di bawah ini adalah nilai titik di belakang notasi.

Untuk lebih jelas anda bisa melihat Nilai Titik Notasi Nada, sehingga dalam penulisan anda tidak salah;
Unsur Dalam Lagu Notasi Angka dan Notasi Balok ( Bentuk, Nama, Harga, dan Nilai-Nilai Dan Nada Tanda Diam)

Bentuk dan Nilai Tanda Diam


Pengertian Tanda diam adalah lambang yang menyatakan berapa lama harus berhenti atau beristirahat. Di bawah ini disajikan bentuk nilai dan letak tanda diam dalam garis paranada. untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak contoh gambar dari Bentuk dan Nilai Tanda Diam dalam Notasi Balok melalui gambar dibawah ini
Notasi nada
Nah saya rasa sudah sangat panjang dan lebar saya menjelaskan mulai dari Notasi Angka, Notasi Balok dan juga pembagian dari notasi balok yang dibagi menjadi 2 bagian yang sudah saya sebutkan diatas, semoga anda lebih mengerti dalam memahami setiap unsur dalam lagu baik dari notasi angka dan balok serta anda memhami bentuk, nama, harga dan nilai-nilai serta nada tanda diam dalam suatu not, kita lanjut dalam postingan mendatang masih dalam materi seni musik ya. terimakasih

Sumber refrensi : 
- Buku terampil bermain musik oleh Wahyu Purnomo & Fasih subagyo - kelas 7
- wikipedia

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close