Unsur Unsur Musik Serta Pengertiannya

Musik pada dasarnya adalah bunyi yang diungkapkan melalui pola ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta menggunakan berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Indonesia merupakan negara yang kaya akan beragam budaya terutama musik.

Musik dapat menghadirkan gambaran latar belakang budaya suatu bangsa. Jangan sampai kekayaan budaya yang tidak ternilai ini menjadi hak paten bangsa lain. Sebagai contoh lagu Rasa Sayange dan musik gamelan. Oleh karena itu, inilah saatnya menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang kita miliki.

Belajar musik adalah suatu proses apresiasi yang panjang, teratur, disiplin, serta melalui tahapan-tahapan. Melalui proses yang panjang akan diperoleh pola pikir yang baik. Dengan pola pikir yang baik, akan diperoleh kemudahan dalam belajar musik.

Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi.Untuk itulah kita wajib tahu apa saja Unsur Unsur Musik itu, karena untuk bisa bermain musik dengan baik minimal kita harus tahu apa saja yang harus di lakukan agar bisa tercipta karya musik yang baik.

Mungkin dalam pembelajaran sekarang ini musik sudah diajarkan baik dari tingkat SD,SMP, SMA bahkan yang di universitas pun juga sudah diajarkan, musik bisa dijadikan sebagai salah satu media penyampaian materi yang baik, apalagi bagi orang-orang tertentu yang mempunyai bakat khusus dalam bermain musik.

Memang semuanya tidak bisa dipaksakan dan dicapai dengan mudah, tetapi kita harus memulainya dari sedikit demi sedikit. untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas Unsur-Unsur Dalam Seni Musik yang wajib anda ketahui, untuk lebih jelasnya langsung saja mari kita bahas satu-satu.

Unsur-Unsur Musik


Unsur Musik dibagi menjadi 8 bagian, dan semuanya itu saling terkait dan seakan tidak dapat dipisahkan, dari semua unsur musik yang ada perlu pemahaman yang baik agar tercipta musik yang baik,selaras dan bisa dinikmati oleh semua pendengarnya, lantas Apas saja Unsur Musik itu? ok berikut penjelasannya;

1. Melodi

Melodi adalah rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi merupakan bentuk ungkapan penuh atau hanya penggalan ungkapan nada.

Setiap musik daerah mempunyai melodi berbeda-beda sesuai dengan karakter dan laras yang digunakan. Melodi yang baik adalah melodi yang intervalnya dapat terjangkau oleh register setiap alat musik atau suara manusia, artinya tidak terlalu rendah dan tinggi.

2. Ritme / Irama


Ritme/irama adalah gerak teratur karena munculnya aksen secara tetap. Keindahan irama lebih terasa karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan-satuan bunyi. Ritme merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti beberapa variasi gerak melodi. Ritme dapat kita rasakan dengan mendengarkan lagu secara berulang-ulang. Pola irama musik memberikan perasaan ritmis karena pada hakikatnya irama adalah yang menggerakkan perasaan yang erat hubungannya dengan gerak fisik.

Setiap ragam musik daerah menghasilkan pola irama dan warna yang berbeda sehingga kita mengenal berbagai macam irama, seperti irama gamelan, Melayu, gambus, dan Maluku.

3. Birama


Pengertian Birama adalah suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dalam satu ruas birama. Satu ruas birama ditunjukkan oleh batas-batas garis vertikal yang disebut garis birama.

Pengertian Birama Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Dalam notasi balok (musik), birama adalah bagian /segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut. Misalnya, birama ¾ maka nada-nada pada setiap ruas birama seharga 3 ketukan yang setiap ketukannya senilai ¼. Pada umumnya suatu birama dibatasi oleh garis birama. Suatu lagu pendek terdiri atas 8 atau 16 birama, sedangkan lagu standar terdiri atas 32 birama.

4. Harmoni


Harmoni adalah keselarasan paduan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi susunan, peranan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk keseluruhan. Harmoni memiliki elemen interval dan akor. Akor adalah susunan nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis. Akor mengiringi melodi lagu sebagai satu kegiatan yang utuh dan enak didengar. Jadi, melodi memenuhi aspek musik secara horizontal, sedangkan harmoni memenuhi aspek hubungan nada-nada secara vertikal.

Peran harmoni akan makin nyata apabila seseorang menyanyi diiringi alat musik. Harmoni memberi bobot, nilai, dan bentuk tabuh pada jalinan melodi. Sebuah lagu akan terdengar indah jika memiliki harmoni yang baik.

5. Tempo
unsur unsur seni musik

Tempo adalah cepat atau lambatnya sebuah lagu. Ukuran untuk menentukan tempo adalah beat. Beat, yaitu ketukan dasar yang menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Misalnya, sebuah lagu memiliki beat MM 70, artinya dalam satu menit terdapat 70 ketukan dan dalam satu ketukan dinyatakan dengan notasi seperempat ( ). MM adalah singkatan dari Metronome Malzel. Metronome adalah alat pengukur tempo. Kata Malzel (1815) diambil dari nama pencipta alat ini. Tanda tempo dibagi menjadi tiga, yaitu tempo lambat, sedang, cepat, dan perubahan.

6. Dinamik


Dinamik adalah keras lembut lagu dan perubahannya. Tanda dinamik dibagi menjadi tiga, yaitu tanda dinamik lembut, tanda dinamik sedang dan tanda dinamik keras.

7. Tangga Nada


Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis.

8. Timbre


Timbre adalah kualitas atau warna bunyi. Unsur seni musik satu ini keberadaannya sangat dipengaruhi sumber bunyi dan cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup pasti akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan dari alat musik petik, meskipun keduanya dimainkan dalam nada yang sama.

Nah sedikit penjelasan dari saya mengenai Unsur Unsur Seni Musik semoga anda bisa terbantu dan menjadi tambahan pengetahuan buat kita semuanya, jangan lupa sharenya ya. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Unsur Unsur Musik Serta Pengertiannya"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close