TEKS EKSPOSISI: Pengertian, Stuktur | Contoh Teks Exposisi | Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Teks Eksposisi | Pengertian | Contoh Teks Exposisi | Ciri-Ciri Teks Eksposisi | Struktur Teks Eksposisi. melengkapi materi bahasa indonesia kali ini volimaniak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai Teks Eksposisi, Apa saja yang termasuk dalam kategori teks eksposisi itu, mari kita pelajari bersama-sama, agar kedepan anda semua mengerti dan paham betul apa yang dimaksud teks eksposisi.

Dalam pokok bahasan Teks Eksposisi ini akan ada beberapa topik utama yang akan saya infokan kepada anda semuanya, dari bagian itu bisa saya rangkum menjadi beberapa kategori yaitu;
  1. Pengertian Teks Ekposisi
  2. Ciri-ciri Teks Eksposisi
  3. Kaidah Bahasa Teks Eksposisi
  4. Jenis-jenis Teks Eksposisi
  5. Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi
  6. Contoh Teks Eksposisi
Lumayan banyak juga ya tema pembahasan kali ini, untuk menyingkat waktu langsung saja yuk kita bahas satu persatu dari setiap bagian diatas, berikut penjelasan lebih detail mengenai Teks Eksposisi.

Teks Eksposisi

TEKS EKSPOSISI: Pengertian, Stuktur | Contoh Teks Exposisi | Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi 

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang terkandung di dalamnya sejumlah informasi yang mana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.

Tujuan Teks Ekposisi adalah sebagai penjelas terkait informasi tertentu agar dapat menambah wawasan pembaca sehingga dengan adanya teks eksposisi ini pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal maupun kejadian.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Jika anda sering kali membaca sebuah cerita pendek / majalah bahkan dalam suatu karya ilmiah pun di dalamnya terdapat beberapa paragraf dan setiap kalimat pasti menjelaskan suatu inti dari isi apa yang di tulis tersebut, dalam Teks Eksposisi sendiri memiliki ciri-ciri yang jelas, nah apakah suatu kalimat / cerita termasuk dalam kategori teks eksposisi atau bukan, anda bisa mengetahuinya dengan tahu apa saja Ciri-Cirinya.

Biasanya penyampaian teks eksposisi memiliki ciri-ciri khusus. Selain untuk membedakan dengan jenis teks lainnya, kita juga dapat mengetahui bahwa teks tersebut merupakan teks eksposisi atau bukan. Lalu apa saja ciri-ciri dari teks eksposisi? Simak penjabaran ciri-ciri teks eksposisi berikut adalah beberapa Ciri-Ciri Teks Eksposisi;
  1. Gaya informasi yang mengajak
  2. Penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
  3. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  4. Tidak memihak berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  5. Teks Eksposisi bersifat objektif dan netral
  6. Penjelasannya disertai data-data yang akurat
  7. Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi
Selain beberapa ciri-ciri diatas, ada juga ciri-ciri lain yang diungkapkan oleh ilmuwan ternama. Menurut Sutarni dan Sukardi (2008), beliau menyatakan ciri-ciri dari teks/paragraf eksposisi yaitu sebagai berikut:
  1. Isi dalam paragraf membahas tentang gagasan, uraian pendapat, atau keyakinan penulis tentang suatu topik pada bidang tertentu.
  2. Menggaliinformasi melalui analisi dan sintesis.
  3. Paragraf atau teks diakhiri dengan pendapat penegasan, bukan ajakan ataupun permintaan dukungan.
  4. Uraian yang dijelaskan dalam paragraf bersifat objektif, hanya untuk menambah wawasanpembaca tanpa didasari dengan tujuan tertentu.
  5. Uraian yang dipaparkan dalam paragraf diperjelas dengan fakta yang dilengkapi dengan grafik, angka, peta, gambar, statistik, ataupun bagan sebagai ilustrasi.

Kaidah Bahasa Teks Eksposisi


Setiap penulisan suata karya baik cerita ataupun karya tulis harus jelas penggunaan kaidah bahasanya, begitupun pula dengan teks eksposisi memiliki kaidah penulisan yang berbeda, berikut adalah kaidah Teks Eksposisi, dengan mengetahui kaidah-kaidah teks eksposisi dibawah ini saya harap anda paham benar, jika suatu saat anda ditugaskan untuk membuat teks eksposisi akan lebih paham. langsung saja berikut pembahasannya;

1. Teks Eksposisi Menggunakan Bahasa yang Baku

Kualitas suatu kalimat / cerita ditentukan penggunaan bahasa yang jelas, dalam penulisan teks eksposisi sendiri menggunakan bahasa yang baku, pasti anda sudah tahu kan apa yang dimaksud bahasa yang baku itu, kali ini tidak akan saya jelaskan secara rinci, mengingat pembahasan kali ini masih terlalu banyak.

2. Tema Teks Eksposisi Berdasarkan dan Merupakan Fakta

Dalam Penulisan Teks Eksposisi sendiri dalam setiap paragraf mengandung beberapa fakta yang mana berfungsi bertugas sebagai penunjang pernyataan pendapat dan juga teks eksposisi berfungsi sebgai penegasan pendapat sebgai penutup teks eksposisi. tujuannya disini adalah menjelaskan dan menambah wawasan dengan yakin sehingga fakta di perlukan dalam penulisannya.

3. Ada Alasan yang Logis

Seperti yang disebut diatas bahwa teks eksposisi sendiri membutuhkan fakta, sehingga dengan adanya alasan yang logis bisa mendukung fakta yang ada menjadi suatu rangkaian paragraf yang jelas dan memudahkan pembaca memahami inti dari sebuah paragraf / cerita tersebut.

Paragraf kohesi merupakan kesatuan dari paragraph dimana paragraph tersebut dikendalikan oleh satu gagasan utama. Jadi pada paragraf kohesi ini gagasan utama sebagai acuan gagasan-gagasan pendukung lainnya.

Struktur Teks Eksposisi


Perlu anda ketahui bahwa dalam penyusunan teks eksposisi harus sesuai dengan struktur yang jelas, sehingga apa yang disampaikan bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca, dalam penyusuna teks eksposisi dikenal adanya 3 Struktur penting yang memiliki susunan yang rapi, berikut penjelasan Struktur Teks Eksposisi.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Tesis (Pernyataan pendapat) adalah bagian teks yang berisi tentang pernyataan pendapat (tesis) atau gagasan utama dalam permasalahan berdasarkan fakta. Pada Struktur ini adalah suatu bagian yang mana membahas gagasan utama atau prediksi penulis dalam sebuah kalimat / cerita sehingga akan ditemukan inti permasalahan yang berdasarkan ada kenyataan atau fakta.

Argumentasi

Argumentasi adalah bagian teks yang yang menjelaskan secara mendalam terkait pernyataan pendapat dan pengungkapan fakta yang ditlulis sebagai penjelasan dari pernyataan pendapat (tesis) dari penulis.intinya dalam teks eksposisi sendiri lebih cenderung memiliki argumentasi yang jelas, sehingga dalam setiap fakta yang ada lebih jelas dan saling menjelaskan dari ide pokok bahasan utama yaitu pada tesis tersebut.

Penegasan Ulang Pendapat

Penegasan ulang adalah suatu bentuk penguatan kembali dari pendapat penulis yang sudah ditunjang oleh fakta dalam bagian argumentasi pada bagian pertama.jadi harus ada ada penegasan ulang dari semua fakta yang ada, sehingga apa yang mau disampaikan penulis harus jelas, tentunya dalam sebuah fakta harus ada bukti yang jelas, seperti halnya pada teks ekposisi ini harus saling menguatkan dari setiap penyataan yang ada.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Setelah anda mengetahui Struktur teks eksposisi seperti yang sudah saya jelaskan diatas, selanjutnya untuk lebih mendalam materi, anda perlu tahu beberapa jenis teks eksposisi. Dalam teks eksposisi sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, adapun macam-macam teks eksposisi dibagi menjadi beberapa jenis, berikut Jenis-Jenis Teks Eksposisi yang wajib anda ketahui
  1. Eksposisi Definisi , Eksposisi definisi adalah suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu.
  2. Eksposisi Proses , Eksposisi proses adalah langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
  3. Eksposisi Ilustrasi,Eksposisi ilustrasi adalah teks yang memaparkan informasi atau penjelasan-penjelasan tertentu dengan caranya memberikan gambaran yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.
  4. Eksposisi Laporan, Eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
  5. Eksposisi Perbandingan,Eksposisi perbandingan adalah eksposisi yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan yang lain.
  6. Eksposisi Pertentangan, Eksposisi pertentangan adalah eksposisi ini berisi tentang hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi


Teks eksposisi selain memiliki ciri umum juga memiliki ciri kebahasannya, berikut dibawah ini merupakan ciri kebahasaan teks eksposisi.

Menggunakan Pronomina

Pronomina merupakan kata yang gunakan untuk mengacu ke nomina lain atau sebagai pengganti nomina lainnya. Contoh: nomina guru bisa diacu dengan pronomina dia atau ia.

Menggunakan Konjungsi

Konjungsi merupakan kata sambung yang memiliki fungsi untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan, atau kalimat dan lain sebagainya, dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Konjungsi tidak dihubungkan dengan objek, konjungsi juga tidak menerangkan kata, konjungsi hanya menghubungkan kata atau kalimat dan sebagainya.

Berikut ini adalah jenis konjungsi yang dapat ditemukan pada teks eksposisi :
  • Konjungsi waktu : sesudah, setelah, lalu, sebelum, setelah itu, kemudian
  • Konjungsi gabungan : serta, dan, dengan
  • Konjungsi pembatasan : asal, kecuali, selain
  • Konjungsi tujuan : untuk, supaya, agar
  • Konjungsi persyaratan : jika, jikalau, apabila, bila, asalkan, bilamana, apabila
  • Konjungsi perincian : adalah, yaitu, ialah, antara lain, yakni
  • Konjungsi sebab-akibat : sehingga, karena, sebab, akibat, akibatnya
  • Konjungsi pertentangan : akan tetapi, tetapi, namun, melainkan, sedangkan
  • Konjungsi pilihan : atau
  • Konjungsi penegasan/penguatan : apalagi, bahkan, hanya, lagi pula, itu pun
  • Konjungsi penjelasan : bahwa
  • Konjungsi perbandingan : bagai, seperti, serupa, ibarat
  • Konjungsi penyimpulan : oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi, dengan demikian.
Menggunakan kata leksikal tertentu (kata yang merujuk pada kamus)

Kata leksikal merupakan makna kata atau leksem sebagai lambang benda, peristiwa, objek, dan lain-lain.
  1. Nomina : kata yang mengacu pada benda, baik nyata ataupun abstrak.
  2. Verba : kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat.
  3. Adjektiv : kata yang dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan orang, benda, dan binatang.
  4. Adverbia : kata yang melengkapi atau memberikan informasi berupa keterangan tempat, waktu, suasana, alat, cara dan lain-lain.

Contoh Teks Eksposisi


Berikut adalah sebagai contoh teks eksposisi


Kemacetan dan Masa Depan Kota
By: Novi Ermawati
Tesis :
Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). T/ipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.
Argumentasi :
Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.
Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.
Penegasan Ulang :
Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.
Baca Juga : Kalimat Efektif

Sumber refrensi :
1. http://okistudio.com/struktur-teks-eksposisi/
2. http://ensiklopediasli.blogspot.co.id/2016/06/materi-lengkap-teks-eksposisi.html
Untuk contoh teks eksposisi lainnya, saya akan coba berikan contoh di artikel berikutnya saja, karena terlalu panjang dari artikel ini nantinya, semoga apa yang saya berikan mengenai Teks Eksposisi bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semuanya, terimakasih 

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: