Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping ( Ortodoks )

Tolak Peluru Gaya Menyamping / Ortodoks. Tolak peluru merupakan salah satu cabang Olahraga Atletik dalam kategori nomor tolak/lempar. dan olahraga ini adalah salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukan karena hanya membutuhkan alat yang disebut Peluru dan lapangan tolak peluru tidak membutuhkan area yang cukup luas.

Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Tujuan tolak peluru adalah untuk mencapai jarak tolakan  yang  sejauh-jauhnya. Sesuai  dengan  namanya peluru  bukan dilempar, tetapi ditolak atau didorong dengan satu tangan yang bermula dari pangkal bahu.

Seperti kita ketahui bahwa anda sudah belajar Gaya Tolak Peluru yang sudah saya jelaskan pada pertemuan sebelumnya pada salah satu cabang olahraga atletik bahwa tolak peluru dibagi menjadi 2 yaitu Tolak Peluru Gaya Menyamping / Ortodoks dan Tolak Peluru Gaya Membelakangi / O'brien.

Kali ini untuk lebih memahami Gaya Tolak Peluru Ortodoks, volimaniak akan menjelaskan secara rinci Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Ortodoks ini dengan rinci dan juga sudah saya lengkapi gambar sehingga anda tidak kesulitan mempelajarinya.untuk menyingkat waktu langsung saja yuk kita bahas satu persatu.

Cara Melakukan Tolak Peluru Gaya Menyamping / Ortodoks


Perhatikan dengan baik bagaimana cara melakukan gaya tolak peluru menyamping dibawah ini, dan ikuti setiap petunjuk yang ada, agar anda bisa melakukan tolak peluru gaya ortodoks ini dengan baik ya, berikut rinciannya;

Secara umum cara melakukan tolak peluru dibagi menjadi 4 bagian yaitu sebagai berikut;
1. Cara memegang peluru
  • Peluru dipegang dengan ruas jari dan diletakkan di bawah telinga.
  • Berdiri arah menyamping lemparan.
2. Ancang-ancang / Awalan
  • Badan dicondongkan ke samping, berat badan pada kaki yang bertumpu.
  • Kaki yang lain bergeser ke samping.
  • Siku tangan tetap dipertahankan.
3. Tolakan
  • Putar pinggang dan bahu ke samping (depan).
  • Putar seluruh badan dengan cepat.
  • Pada saat berputar badan, tukar kaki yang di depan dengan yang di belakang sambil dihentakkan.
  • Tolak peluru dengan ayunan tajam dari samping kaki ke atas lurus.
4. Gerakan akhir
Setelah menggerakkan badan ke arah samping lemparan. Jaga keseinambungan tubuh agar tidak melewati batas lemparan, sehingga lemparan dianggap tidak sah. Tekniknya adalah:
  • Bertukar kaki yang belakang dengan kaki yang di depan, setelah menolak peluru.
  • Kaki yang di belakang diluruskan menjaga keseimbangan
sebenarnya hampir sama cara melakukan tolak peluru gaya menyamping / ortodoks ini yang membedakan adalah pada sektor lemparan dan posisi badan, seperti namanya gaya menyamping dilakukan oleh para atlet tolak peluru dengan posisi menyampingi sektor lemparan, untuk lebih detail berikut teknik tolak peluru gaya menyamping / ortodoks.

Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping / Ortodoks

  1. Sikap awal: peluru dipegang dan diletakkan di atas bahu di bawah dagu, atur posisi kaki dengan kaki kanan ditempatkan di muka batas belakang lingkaran, kaki kiri diletakkan di samping kiri selebar badan dan segaris dengan arah lemparan, bersamaan dengan ayunan kaki kiri, kaki kanan menolak ke arah lemparan dan mendarat di tengah lingkaran. Sewaktu kaki kanan mendarat badan dalam keadaan makin condong ke samping kanan. Bahu kanan lebih rendah daripada bahu kiri, lengan kiri tetap pada sikap semula.
  2. Cara menolak peluru: dari sikap awal tanpa berhenti langsung diikuti dengan penolakan peluru, jalannya dorongan pada penolakan peluru harus satu garis dengan sudut lemparan 40
  3. Sikap akhir: setelah menolak, membuat gerak lompatan untuk menukar kaki kanan ke depan, bersamaan dengan mendaratnya kaki kanan, kaki kiri ditarik ke belakang demikian pula dengan lengan kiri untuk memelihara keseimbangan
Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini;
teknik-tolak-peluru-gaya-menyamping-ortodoks
Nah sekarang sudah jelas kan Cara melakukan Tolak Peluru Gaya Menyamping ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya, terimakasih, salam volimaniak

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close