Perlengkapan, Bahan dan Alat Yang Wajib Di Bawa Oleh Peserta PLPG Tahun 2018

Perlengkapan, Bahan dan Alat Yang Wajib Di Bawa Oleh Peserta PLPG Tahun 2018. Saya ucapkan selamat kepada rekan guru semuanya yang namanya masuk dalam daftar Peserta PPG atau PLPG pada tahun 2017 ini, dan untuk mempersiapkan segala sesuatunya pastikan anda sudah tahu Persyaratan apa saja yang harus dibutuhkan dan juga mempersiakan segala sesuatunya dengan dari sekarang, salah satu hal penting yaitu Perlengkapan, Bahan dan alat yang harus dibawa oleh Peserta PLGP.

Sebagai Seorang Guru pasti kita semuanya ingin segera mendapatkan tunjangan sertifikasi guru, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi rekan guru yang saat ini belum dapat mengikuti PLPG tahun depan bisa mendapatkan giliran, termasuk saya ini yang sampai saat ini juga masih menantikannya, hehehe, luruskan niat kita dalam mengajar siswa siswi kita untuk berjuang dan memberikan ilmu, ok untuk menyingkat waktu kali ini volimaniak akan sedikit memberikan informasi terkait dengan Sertifikasi guru dalam progam PLPG Tahun 2018 yaitu Perlengkapan, Alat, Bahan yang Harus Dibawa Oleh Guru Peserta PLPG Tahun 2018, untuk lebih jelas berikut keterangannya.

Perlengkapan, Bahan dan Alat Yang Wajib Di Bawa Oleh Peserta PLPG Tahun 2018


Sebagaimana dalam Buku 2 mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon dan Subrayon telah dijelaskan tujuan utama adanya PLPG adalah suatu pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh LPTK Rayon dan Subrayon untuk terpenuhinya standar kompetensi guru / untuk menghasilkan seorang guru yang profesional dan mampu sesuai dengan bidangnya. Pada tahun 2017 ini, Pelaksanaan Belajar PLPG adalah 100 Jam pelajaran yang dilaksanakan selama 11 hari, hal ini sudah mencakup berbagai materi penting termasuk, presentasi laporan hasil pembekalan, pendalaman materi, workshop, praktik mengajar/bimbingan (peer teaching/peer counseling/peer guidance), dan diakhiri dengan ujian akhir PLPG.
Perlengkapan, Bahan dan Alat Yang Wajib Di Bawa Oleh Peserta PLPG Tahun 2018
Setelah semua Proses PLPG selesai, semua peserta wajib mengikuti Ujian Akhir PLPG dengan tujuan sebagai bentuk penguasaan materi dari awal dan akhir, dan tujuan utamanya adalah sebagai tinfak lanjut bahwa seorang guru harus benar-benar kompeten dan menguasai bidangnya, jika peserta lolos ujian akhir PLPG maka akan dinyatakan sebagai seorang guru profesional dengan penghargaan mendapatkan Sertifikasi Guru. Ujian akhir PLPG meliputi uji tulis LPTK dan uji kinerja. Peserta yang lulus dalam ujian akhir PLPG dapat mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG)/Uji Tulis Nasional (UTN).

Berikut Bahan, Alat serta Perlengkapan yang wajib dibawa oleh peserta PLPG Tahun 2017/2018 ini;
  1. Cetak surat panggilan resmi atau surat undangan dari LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) tempat di mana Anda akan mengikuti PLPG, contoh cek untuk LPTK di UNP pada tautan http://sertifikasi-guru.unp.ac.id, di Universitas Jambi pada tautan http://sergu.unja.ac.id/.
  2. Photocopy KTP, Ijazah terakhir (legalisir dari Fakultas Perguruan Tinggi asal), Pas photo 3 x 4 sebanyak 6 lembar dan 4 x 6 sebanyak 2 lembar saja cukup.
  3. Fotokopi SK terakhir sebanyak 1 lembar yang telah dilegalisir Kepala Sekolah.
  4. Surat Tugas mengikuti PLPG dari kepala sekolah.
  5. Dokumen pendukung Kurikulum 2013 (Permendikbud terkait kurikulum 2013, Buku Guru dan Buku Siswa, contoh RPP, LKPD, instrumen evaluasi, dan sumber bacaan/referensi lainnya yang relevan dengan bidang keilmuan sertifikasi yang diikuti)
  6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Klinik/Puskesmas/Rumah Sakit.
  7. Surat Undangan peserta PLPG dari LPTK di mana Anda akan diikutkan dalam PLPG.
  8. Laporan Akhir Pembekalan Awal (Prakondisi) sesuai format terlampir dalam bentuk cetak (hardcopy) minimal sebanyak 2 rangkap yang akan dipresentasikan saat masuk PLPG. Laporan pembekalan akhir pembekalan ini dijilid dan dibuat berdasarkan format yang sudah ditentukan oleh LPTK masing-masing.
  9. Laptop, penguasaan dalam membuat presentasi sederhana menggunakan power point, mengoperasikan microsoft word, dan beberapa keahlian dalam penguasaan media yang satu ini akan mempermudah Anda dalam setiap sesi kegiatannya.
  10. Printer untuk mempermudah Anda mencetak / print out berbagai keperluan tugas belajar Anda di sana nanti.
  11. LCD Proyektor, setidaknya dalam 1 (satu) kelompok mentoring yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang guru ada minimal 1 buah LCD Proyektor yang akan digunakan untuk presentasi laporan akhir maupun untuk presentasi media pembelajaran saat peer teaching nantinya.
  12. Modem untuk akses internet ataupun handphone yang tersedia hotspot untuk online, biasanya ini diperlukan saat Anda mencari sumber belajar dalam mempersiapkan peer teaching.
  13. Pakaian yang cukup untuk digunakan selama 11 hari.
  14. Belajar yang serius selama kegiatan menjadi kunci kesuksesan Anda dalam kegiatan PLPG.
  15. Persiapkan untuk mengikuti UTL (Ujian Tulis Lokal) di tempat PLPG berlangsung pada akhir PLPG, jika gagal pada kesempatan pertama ada kesempatan mengulang sampai dengan 2 (dua) kali.
  16. Setelah Anda dinyatakan lulus dari PLPG, maka pada akhir kegiatan Anda akan mengikuti Ujian Tulis Nasional (UTN) di LPTK setempat atau yang ditunjuk.
  17. Pengumuman nilai UTN menunggu informasi berikutnya.
Baca Juga :
Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai Perlengkapan yang harus dibawa oleh guru peserta PLPG Tahun 2018, semoga bisa bermanfaat dan membantu rekan guru semuanya, terimakasih
Powered by Blogger.