Mengenal Olahraga Atletik Jalan Cepat

Mengenal Olahraga Atletik Jalan Cepat ~ Setelah anda membaca pada postingan yang lalu dalam pembagian olahraga atletik, kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda mengenai salah satu cabang dari atletik yaitu mengenai jalan cepat. 

Pengertian Jalan Cepat

Jalan cepat adalah gerak maju langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak dengan tang tetap terpelihara dan tidak terputus, selama saat setiap kaki melangkah, kaku yang bergerak mau perjalan kaki harus berhubungan atau menyentuh tanah. sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Kaki penyangga harus diluruskan ( tidak bengkok lutut ) untuk sekurang-kurangnya sesaat dalam posisi tegak atau vertikal.

Ada beberapa tehnik dasar dalam jalan yaitu di bagi menjadi 3 tehnik yaitu :
1. Tehnik start
2. Tehnik jalan cepat
3. Tehnik Melewati garis finish
Peraturan Jalan Cepat

Pada olahraga jalan cepat tidak diperkenankan langkah melayang atau membuat lompatan. Menurut aturannya, kaki perjalan cepat arus tetap diatas tanah dan sekurang-kurangnya satu kaki harus menginjak tanah. di indonesia perlombaan jalan cepat sebagi nomor yang diperlombakan pada kejuaraan nasional atletik pada tahun 1978. jarak yang diperlombakan adalah untuk wanita 5 km dan 10 km, sedangkan untuk pria 10 km dan 20 km. 
http://volimaniak.blogspot.com/

Jika disimpulkan secara singkat Jalan cepat memiliki aturan dasar yang harus dipenuhi yaitu :
a. Peraturannya mengehendaki tidak terputusnya kontak antara kaki pejalan dengan tanah , misalnya kaki depan harus menginjak tanah sebelum kaki belakang (dorong) lepas / terpisah dari tanah.
b.  Peraturan menghendaki pula agar lutut kaki penopang harus tetap lurus pada waktu phase menumpu
c. Lengan dan bahu tidak harus diangkat terlalu banyak selama bergerak maju.
d. Kaki harus bergerak sepanjang garis lurus , jangan dibiarkan memotong garis bayangan jalan.
e. Si atlet harus menjaga tubuhnya tegak / vertikal , atau condong ke depan sedikit sampai 5 derajat.
f. Pinggul agar dipelihara tetap rendah dan dibawah selama berjalan , hindarkan gerak ke samping yang berlebihan.
Perbedaan Jalan Cepat dan Lari

Gerakan jalan cepat hampir sama dengan gerakan berlari karena masing-masing mengutamakan gerakan kaki dan ayunan lengan sebagai sumber gerakan. cara melakukannya terdapat perbedaan prinsip antara jalan cepat dengan lari yaitu pada gerakan jalan cepat selalu ada kaki yang kontak dengan tanah. artinya, setiap saat salah satu kaki selalu menginjak tanah sedangkan dalam gerakan lari, ada saat melayang, pada waktu melangkah artinya, pasa saat tertentu kedua kaki lepas atau tidak menyentuh tanah.

Start yang digunakan dalam Jalan Cepat

Di dalam perlombaan jalan cepat start yang digunakan adalah start berdiri, karena start pada jalan cepat ini kurang berpengaruh terhadap hasil perlombaan maka tidak ada tehnik khusus yang harus dipelajari atau dilatih. 

Demikianlah sedikit pengetahuan dari volimaniak mengenai cabang olahraga atletik yaitu jalan cepat. semoga menambah pengetahuan kita dalam bidang olahraga khususnya nomor jalan cepat. semoga bermanfaat. terimakasih
Powered by Blogger.