Cara Mengukur Indeks Masa Tubuh (IMT)

Cara Mengukur Indeks Masa Tubuh (IMT) ~ Dalam melatih kondisi fisik atau kebugaran jasmani, anda harus selalu mengontrol kondisi fisik anda, salah satunya dengan berbagai teknik pengukuran baik dari tiap komponen kondisi fisik itu, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan pada saat latihan, dan seberapa porsi latihan yang sesuai dan harus selalu meningkat.

Pada kesempatan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai cara mengukur indeks masa tubuh
http://volimaniak.blogspot.com/

Cara Mengukur Indeks Masa Tubuh (IMT)


Indeks Masa Tubuh ( IMT ) adalah perbandingan tinggi-berat yang sering digunakan dalam bidang pengukuran. IMT mengukur komposisi tubuh yang secara khusus dipergunakan dalam skala besar untuk studi kesehatan masyarakat, namun juga dalam fitnessgram. cara menghitung Indeks Masa Tubuh ( IMT ) adalah dengan menggunakan rumus berikut :

Keterangan :
Berat badan dalam Kg
Tinggi badan satuannya : m



Contoh menghitung IMT dengan mengambil berat badan seseorang 64 Kg dan tingginya 1,63 meter. IMT orang tersebut jika dihitung menggunakan rumusnya adalah 24,3 Kg/m2.
IMT : 64 / (1,63)2 = 64 / 2,6569 : 24

Setelah diperoleh IMT, kalian dapat melihat kategori Komposisi tubuh, berikut Kategorinya :

Kriteria Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO )Untuk IMT kegemukan dan Obesitas


Kategori
IMT
Kurus
< 18,5
Normal
18,5 – 24,9
Kegemukan
25,0 – 29,9
Obesitas tingkat 1
30,0 – 34,9
Obesitas tingkat 2
35 – 39,9
Obesitas tingkat 3
>40

Demikian yang bisa volimaniak share pada kesempatan kali ini mengenai cara mengukur Indeks Masa Tubuh ( IMT ), semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terimakasih
Powered by Blogger.