Sistematika Melakukan Gerak Pemanasan Dengan Benar

Sistematika Melakukan Gerak Pemanasan Dengan Benar ~ Sobat volimaniak, anda pasti sering melakukan kegiatan rutin olahraga, Olahraga Mempunyai banyak pengertian dan beberapa definisi yang berbeda, serta tentunya banyak macam dari kegiatan olahraga, olahraga merupakan serangkaian gerakan aktifitas fisik untuk menciptkan daya tahan tubuh yang nantinya tujuan akhirnya adalah untuk mencapai kesehatan, perlu anda tahu dan diwaspadai dalam melakukan kegiatan olahraga apapun anda perlu melakukan beberapa pemanasan olahraga atau biasa disebut dengan warming-up. Pemanasan mempunyai banyak pengertian dan tentunya mempunyai tujuan yang bisa menghindari cidera pada kegiatan olahraga.

Sebelum anda melakukan olahraga anda perlu menyiapkan kondisi tubuh atau fisik dalam kondisi siap melakukan olahraga yang merupakan tujuan utama dari melakukan pemanasan agar kecelakan atau cidera dalam olahraga bisa dihindari seminim mungkin. pada postingan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai sistematika atau urutan melakukan gerakan pemanasan dengan benar.

http://volimaniak.blogspot.com/

Sistematika Melakukan Gerak Pemanasan Dengan Benar

4 Gerakan wajib pemanasan olahraga


Cobalah 4 gerakan pemanasan untuk berjalan dari Tom Dooley, pelatih berjalan national dari the Leukemia and Lymphoma Society's Team in Training, berikut ini sebelum melangkah kaki kita melakukan latihan selanjutnya.

a. Hurdles (melonggarkan panggul yang tegang)

Seimbangkan badan kita dengan bertumpu pada kaki kanan (gunakan kursi atau dinding sebagai pegangan), lalu tekuk kaki kiri hingga tumit berada di belakang kita. Arahkan kaki kiri ke arah luar kiri dan ke depan seperti menggambar lingkaran dengan lutut. Lakukan 15 kali, lalu ganti dengan kaki yang lain.

b. Windmills (mengendurkan bahu dan leher)

Berdiri dengan satu tangan dianggkat. Putar tangan kita seperti sedang melakukan gerakan berenang gaya punggung. Lakukan 15 putaran, kemudian tukar dengan tangga yang lain dan ulangi.

c. Foot Rock-Over (meregangkan telapak kaki)

Berdiri dengan kaki telapak kaki kanan rata berjarak kira-kira 36 cm dibelakang kaki kiri, lalu angkat jari-jari kaki kiri. Pindahkan beban ke arah depan, dibarengi dengan menurunkan kaki kiri dan angkat tumit kaki kanan. Kembalilah ke posisi awal, lakukan 15 kali. Ganti kaki dan ulangi.

d. Heel Raises ( menguatkan betis)

Berdiri dengan melebarkan kaki sebesar pinggul, taruh tangan di kursi atau dinding sebagai pegangan (bila perlu). Anggkat tumit dan berdiri di atas jari-jari kaki selama 2 detik, lalu turunkan. Lakukan 15 kali. Ulangi berdiri dengan tumit dan jari kaki diangkat, lalu berdiri dengan jari kaki dan tumit diangkat.


Fungsi/Manfaat dan Cara Pemanasan & Peregangan Sebelum Olahraga

Mungkin anda dari kecil sudah biasa melakukan aktivitas pemanasan atau warming taking place sebelum berolahraga. Pada waktu sekolah dulu kita diajarkan untuk melakukan pemanasan dulu sebelum masuk ke pelajaran praktek olahraga di lapangan. Minimal kita disuruh lari-lari kecil keliling lapangan atau keliling di jalan-jalan luar sekitar sekolah. Ketika senam pagi bersama pun gerakan awal senam pasti pemanasan bagi yang datang tidak terlambat.

Mungkin ada bertanya-tanya kenapa pemanasan harus dilakukan? apa fungsi dan manfaat dari melakukan pemanasan sebelum aktivitas fisik berat seperti olahraga? Dan berbagai pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin belum terjawab hingga saat ini. Yang pasti pemanasan sangat penting untuk dilakukan sebelum olahraga. Daripada menyesal kemudian karena tidak memanaskan diri, maka lakukanlah pemanasan walaupun hanya sebentar saja.


Olahraga melibatkan pergerakan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan melakukan pemanasan olahraga maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk dipacu kerja lebih berat. Sedangkan kegunaan atau manfaat olahraga itu sendiri adalah untuk menguatkan otot, tulang, jantung, paru-paru dan memperlancar peredaran darah.

b. Jenis/Bentuk Pemanasan Yang Cepat dan Mudah

Pemanasan atau warming happening bisa dilakukan tanpa bantuan alat apapun dan tanpa biaya, yaitu dengan jogging ringan, aerobik ringan, lari-lari kecil di tempat, dan lain-lain. Cukup sampai tubuh kita berkeringat, terasa panas dan merasa cukup pemanasannya kurang lebih 5 sampai 15 menit bisa dilanjutkan dengan peregangan otot atau streching selama beberapa menit agar otot lebih lentur digunakan nantinya.

c. Efek, Dampak, dan Akibat Tidak Melakukan Pemanasan Olahraga

Tanpa melakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan aktivitas olahraga yang dominan menggerakkan otot, sendi dan tulang dapat mengakibatkan cidera otot dan cedera sendi. Sudah barang tentu cedera tersebut akan sangat mengganggu aktivitas dan mungkin akan sangat menyakitkan sehingga perlu perawatan medis lebih lanjut. Cedera otot bisa berbentuk keseleo, salah urat, terkilir, kram otot, sakit otot, dan sebagainya

d. Peregangan / Streching Yang Baik dan Benar

Setelah melakukan pemanasan yang membuat sedikit keluar keringat, maka dilanjutkan dengan peregangan otot atau strenching. Baik pemanasan maupun peregangan harus dilakukan dalam kapasitas yang ringan dan rendah jangan terlalu berlebihan. Jika dilakukan berlebih bisa memicu cedera sendi. Jangan sampai belum olahraga sudah merasa lelah atau capek berat. Jika sudah dilakukan dengan benar maka tubuh akan siap untuk melakukan kegiatan olahraga. Lalu berolahragalah dengan perasaan riang gembira tanpa paksaan dan lupakanlah semua masalah yang ada.


Tambahan :

Kenali diri anda sendiri dan pilih olahraga yang tepat untuk menghindari kematian mendadak saat olahraga. Jika anda termasuk yang fisiknya lemah dan jarang olahraga sebaiknya menghindari olahraga yang butuh kerja berat jantung seperti sepakbola, futsal, bola basket, tenis, bulutangkis, dan lain sebagainya. Contoh aktivitas olahraga yang ringan dan menyehatkan serta bisa dilakukan hampir semua orang adalah jalan cepat 30 menit beberapa kali seminggu. Selamat berolahraga, Salam olahraga!

Urutan Dalam Melakukan Pemanasan


Sebelum anda melakukan pemanasan anda perlu tahu urutan yang benar ketika melakukan pemanasan, hendakanya dalam melakukan pemanasan perlu anda awali dengan gerakan pelenturan tubuh bagian atas terlebih dahulu dan selanjutnya menurun sampai tubuh bagian bawah, untuk urutannya silahkan anda simak berikut ini :

  1. Pemanasan dimulai dari tubuh bagian atas kepala
  2. Pemanasan dimulai dari gerakan tangan 
  3. Pemanasan Gerakan Punggung
  4. Pemanasan Gerakan Kaki
Itulah sedikit pengetahuan mengenai sistematika melakukan gerakan pemanasan yang benar sebelum anda melakukan kegiatan olahraga, untuk lebih jelas dan detailnya akan saya bahas lagi pada postingan berikutnya dan tentunya masih berhubungan dengan pemanasan olahraga. 
Powered by Blogger.