Contoh Latihan Kombinasi dan Variasi Menendang dan Menahan Bola Pada Permainan Sepak Bola

Siapa sih yang tidak kenal dengan sepak bola?pasti anda pun sudah sering melihat di berbagai media atau bahkan langsung, khususnya saat ini banyak pertangingan even sepak bola yang sangat populer, untuk menambah keterampilan teknik dasar sepak bola kali ini volimaniak ingin memberikan sedikit tambahan wawasan lagi kepada anda semua khususnya bagi penggemar sepak bola, siswa siswi atau bahkan bapak/ibu guru yang mengajar bidang penjasorkes, anda bisa menerapkan pembelajaran ini untuk siswa didik anda atau bahkan bisa berlatih sendiri untuk meningkatkan keterampilan anda dalam menguasai semua teknik permainan sepak bola dengan baik, ok tidak usah lama-lama tema kali ini adalah latihan kombinasi dan variasi menendang dan menahan bola pada permainan sepak bola. berikut rinciannya :

Latihan variasi kombinasi teknik menahan dan menendang bola banyak sekali yang bisa diterapkan anda bisa mengambil salah satu tehnik ini atau bahkan bisa mencoba menerapkan semua teknik kombinasi menahan dan menendang bola, berikut cara latihannya;

1. Aktivitas secara individual

Aktivitas secara individual dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Aktivitas 1: tugaskan peserta didik untuk mempraktikkan tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam ke dinding dan menahan dengan menggunakan kaki kanan bagian dalam di tempat, selama melakukan permainan ini coba kamu amati perkenaan bola dengan kaki, guliran bola dan coba cari pola yang lebih tepat dan sesuai buatmu sendiri.
  2. Aktivitas 2: tugaskan peserta didik untuk mempraktikkan tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam ke dinding dan menahan dengan menggunakan kaki kiri bagian dalam di tempat, Selama proses, suruh mereka mengamati dan merasakan gerakan yang mereka lakukan.
  3. Apakah peserta didik sudah merasa nyaman melakukannya dengan kaki kanan. Jika sudah, lakukan gerakan yang sama menggunakan kaki kiri.
  4. Aktivitas ini dapat peserta didik variasikan dengan jarak yang berbeda, tujuannya agar kamu dapat memperkirakan tenaga yang dibutuhkan untuk menendang ke sasaran.
  5. Aktivitas 3: coba peserta didik lambungkan bola tinggi dan perkirakan mendarat di depan badan, kemudian diberhentikan menggunakan sisi bagian dalam kaki, suruh mereka memposisikan badan sehingga menemukan hasil yang baik.
  6. Aktivitas 4: coba peserta didik lambungkan bola tinggi dan perkirakan mendarat di depan badan, kemudian diberhentikan menggunakan telapak kaki, suruh mereka memposisikan badan sehingga menemukan hasil yang baik.

2. Aktivitas bola berpasangan


Cari pasangan yang seimbang, kemudian minta mereka membuat kesepakatan sederhana tentang permainan menendang dan memberhetikan bola.
    http://www.volimaniak.com/
  1. Aktivitas 1: peserta didik menendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan hentikan bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dengan dan sebaliknya, setelah melakukan 2–3 menit dilanjutkan dengan aktivitas berikutnya.
  2. Aktivitas 2: peserta didik menendang bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan hentikan bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan sebaliknya.
  3. Aktivitas 3: peserta didik menendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan hentikan bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan sebaliknya.
  4. Aktivitas 4: peserta didik menendang bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan temanmu menahan bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan sebaliknya.
  5. Aktivitas 5: peserta didik dapat memvariasikan dengan aktivitas menendang dan memberhentikan sambil bergerak maju-mundur, ke samping kiri dan kanan, dalam intensitas pelan, agak cepat dan cepat dengan temanmu.
  6. Aktivitas 6: peserta didik melambungkan bola ke temanmu dan mereka memberhentikan dengan paha, dan sebaliknya.
  7. Setelah melakukan dengan kaki kanan, coba lakukan dengan kaki kiri.
  8. Peserta didik diminta mengamati keterampilan temannya, bila ada kekurangtepatan, diskusikan sehingga teknik dasar permainan dapat diperbaiki.
  9. Aktivitas 7: menendang dan menahan bola sambil bergerak ke kanan dan kiri, dilakukan secara berpasangan.
    http://www.volimaniak.com/
  • Berdiri jarak 3-5 meter dari temanmu. Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam ke temanmu, kemudian bergerak
  • beberapa langkah ke kanan dan berhenti.
  • Temanmu memberhentikan bola dengan kaki kanan bagian dalam dan mendang bola dengan kaki kanan bagian dalam. Demikian seterusnya hingga 3-5 menit.

Aktivitas menendang dan menahan bola berkelompok


a) Aktivitas 1: bermain 2 lawan 1


Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  1. Berdiri berhadapan pada jarak 5-10 meter.
  2. Kemudian, pemain C yang merupakan lawan yang bertugas merebut bola yang mainkan dengan temanmu.
  3. Memainkan bola, pemain C datang untuk merebutnya, temanmu mencari posisi yang tepat agar kamu mudah mengoper bola dengannya.
  4. Jika pemain C berhasil merebut bola, pemain yang melakukan kesalahan menggantikan pemain C sebagai pengejar bola.
http://www.volimaniak.com/

b) Aktivitas 2: bermain 3 lawan 1


Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  1. Berdiri membentuk formasi segitiga dengan jarak 5-10 meter dengan 2 orang teman-temanmu (pemain A, B dan C).
  2. Pemain D berdiri di tengah-tengah segitiga.
  3. Setelah mengoper bola ke teman, pemain D berusaha merebutnya.
  4. Jika pemain D dapat mengejar bola, pemain yang melakukan kesalahan menggantikan pemain D sebagai pengejar bola.
  5. Dalam melakukan permainan ini, kamu dapat dapat menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki.
http://www.volimaniak.com/

Aktivitas Modifikasi Bermain Sepak Bola


Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
http://www.volimaniak.com/
  1. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim. 
  2. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
  3. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bola voli yang memiliki garis tengah.
  4. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
  5. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
  6. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.
  7. Bila pemain bertahan dapat merebut bola, segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
  8. Tim dianggap menang apabila dapat memasukan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
  9. Waktu permainan untuk setiap tim 5-10 menit.
Demikian uraian singkat yang bisa volimaniak sampaikan mengenai variasi dasar menendang dan menahan bola pada permainan sepak bola, semoga bermanfaat. terimakasih
Powered by Blogger.