Metode Pembelajaran Menendang Pada Permainan Sepak Bola

Metode Pembelajaran Menendang Pada Permainan Sepak Bola ~ Sepak bola sudah banyak dikenal diseluruh indonesia bahkan dunia, hampir dari semua anak-anak,remaja, dewasa pun hobi dengan bermain sepak bola. walaupun kadang mereka tidak bisa memainkan permainan sepak bola tetapi biasanya mereka suka sekali menonton pertandingan-pertandingan sepak bola untuk mendukung tim mereka. Kaitannya dengan pembelajaran penjas, sepak bola sering kali menjadi olahraga yang sangat disukai oleh siswa saya. hampir tiap jam olahraga mereka meminta olahraganya hanya sepak bola saja, yah namanya juga anak-anak. tetapi dalam pembelajaran penjas semua materi harus diajarkan agar setidaknya mereka tahu jenis-jenis olahraga dan minimal bisa menguasai teknik dasarnya.

Tanpa penguasaan teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepak bola dengan baik. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan sepak bola dengan cermat, kemudian bermainlah bersama-sama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara-cara bermain yang baik. Yakinlah kamu “bisa menjadi apa pun yang kamu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya”. Permainan sepak bola akan berhasil dengan baik apabila ada kerja sama antara sesama di dalam tim.

Kali ini Volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai beberapa cara melakukan teknik menendang pada permainan sepak bola. dalam teknik dasar sepak bola khususnya teknik menendang bisa dibagi menjadi 3 bagian yaitu ;
  1. Menendang dengan kaki bagian dalam
  2. Menendang dengan kaki bagian Luar
  3. Menendang dengan punggung kaki
Dari pembagian itu khususnya teknik menendang dengan punggung kaki bisa dibagi lagi menjadi teknik menendang dengan punggung kaki bagian dalam dan teknik menendang dengan kaki bagian luar.

Teknik Menendang Pada Permainan Sepak Bola


1) Aktivitas menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam


Tugaskan peserta didik untuk mempraktikkan aktivitas menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.
  1. Berdiri sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. Letakkan bola di samping bagian dalam kaki depan, segaris dengan kaki belakang.
  3. Pandangan ke arah bola.
  4. Ayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola dengan sisi dalam kaki.
http://volimaniak.blogspot.com/


Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka. Kemudian, peserta didik diminta mengubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola.

2) Aktivitas menendang dengan menggunakan punggung kaki


Tugaskan peserta didik untuk mempraktikkan aktivitas menendang dengan menggunakan punggung kaki dengan cara berikut ini.
  1. Berdiri sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. Letakkan bola di samping bagian dalam kaki depan, segaris dengan kaki belakang.
  3. Pandangan ke arah bola.
  4. Ayunkan kaki belakang lurus ke arah bola, perkenaan bola dengan punggung kaki.
http://volimaniak.blogspot.com/


Peserta didik disuruh mengamati dan rasakan perkenaan bola dengan bagain kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka. Kemudian, coba ubah titik perkenaan bola dengan punggung kaki pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola.

3) Aktivitas menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam


Tugaskan peserta didik untuk mempraktikkan aktivitas menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.
  1. Berdiri sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. Letakkan bola di samping bagian dalam kaki depan agak jauh di depan.
  3. Pandangan ke arah bola.
  4. Ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah dalam, perkenaan bola dengan punggung kaki bagian dalam.
punggung kaki bagian dalam

Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan bagain kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka. Kemudian, coba ubah titik perkenaan bola dengan punggung kaki pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola.

4. Aktivitas menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian luar


Tugaskan peserta didik untuk mempraktikkan aktivitas menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan cara berikut ini.
  1. Berdiri sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. Letakkan bola di samping bagian dalam kaki depan agak jauh ke arah kanan.
  3. Pandangan ke arah bola.
  4. Ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah luar, perkenaan bola dengan punggung kaki bagian luar.
http://volimaniak.blogspot.com/

Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka. Kemudian, coba ubah titik perkenaan bola dengan punggung kaki bagian luar pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola.
Powered by Blogger.