Header Ads

Lempar Lembing

Lempar lembing ~ sudah pada tahu kan anda semuanya mengenai olahraga cabang atletik ini yaitu lempar lembing. lempar lembing sering kita lakukan ketika masih duduk di bangku sekolah baik di SD,SMP, maupun SMA, tetapi tak banyak dari kita semua tahu apa itu sebenarnya lembar lembing, maka dari itu untuk lebih mengasah pengetahuan anda dalam lempar lembing kali ini volimaniak ingin mengajak anda mengetahuai apa itu pengertian lempar lembing.

dari sumber wikipedia dijelaskan bahwa Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga dalam atletik Olahrga ini dilakukan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu.Untuk mencapai jarak maksimum, atlet harus menyeimbangkan tiga hal, yaitu kecepatan, teknik dan kekuatan.

Sejarah lempar lembing 


Atlet Skandinavia mendominasi 50 tahun pertama kejuaraan lempar lembing pria.Lalu, kejuaraan tersebut dilakukan oleh Swedia pada tahun 1896. Lempar lembing menjadi bagian dari olimpiade sejak tahun 1908 dan pada tahun 1932 diadakan kejuaraan lempar lembing untuk perempuan dalam olimpiade.

Pengertian Lempar Lembing


pengertian lempar lembingLempar lembing terdiri dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Lempar yang berarti usaha untuk membuang jauh-jauh, dan lembing adalah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh (Munasifah, 2008:4). Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya (PASI, 1988:43).

Selanjutnya Jerver (1996:142) Menjelaskan bahwa “Lempar lembing adalah suatu gerakan antara sentuhan tangan dengan menggunakan benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh mungkin”. Untuk memperoleh jauhnya lemparan diperlukan kekuatan dan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.

Teknik Lempar Lembing


Dalam melakukan lemparan ada beberapa teknik yang perlu anda ketahui diantaranya adalah cara memegang lembing yang benar, cara melempar lembing yang benar, gaya yang digunakan dalam lempar lembing, untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa baca pada postingan volimaniak yang lalu mengenai : Teknik Dasar Lempar Lembing

Demikian informasi singkat dari volimaniak semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga atletik khususnya materi lempar lembing, salam olahraga
Powered by Blogger.