Header Ads

PEDOMAN PEMILIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015

PEDOMAN PEMILIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015 ~ Peran Guru dalam proses kemajuan pendidikan sangatlah penting. Guru merupakan salah satu faktor utama bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas, tidak hanya dari sisi itelektulitas saja melainkan juga dari tata cara berperilaku dalam masyarakat. Kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh kemampuan para pendidiknya untuk mengubah karakter generasi penerusnya ke depan. Penyelenggaraan pendidikan bermutu akan dihasilkan oleh guru yang profesional dengan kualifikasi minimal seperti yang dipersyaratkan Undang- undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemilihan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Berprestasi Tahun 2015 yang mengusung tema Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi yang Profesional dan Bermartabat Siap Membumilandaskan Revolusi Mental bagi Peserta Didik dalam Menyiapkan Generasi Emas 2015 merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diupayakan pemerintah untuk guru yang telah mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. Penghargaan tersebut merupakan salah satu wujud pengakuan dari pemerintah, sekaligus dorongan bagi guru untuk selalu meningkatkan motivasi dan profesionalismenya dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

http://www.volimaniak.com/

TUJUAN PEMILIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015


Pemilihan Guru Berprestasi / GUPRES Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Mengangkat guru sebagai profesi terhormat, mulia, dan bermartabat, serta terlindungi.
  2. Pedoman Gupres SMA 2015
  3. Meningkatkan motivasi dan profesionalitas guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
  4. Membangun komitmen peningkatan mutu guru dan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata.

MANFAAT PEMILIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2015

Melalui Pemilihan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Berprestasi diharapkan akan memberikan manfaat sebagai berikut.
  1. Guru termotivasi untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi, dan loyalitas untuk kepentingan masa depan bangsa dan negara.
  2. Harkat, martabat, citra, dan profesionalitas guru meningkat.
  3. Tumbuhnya kreativitas dan inovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
  4. Terjalinnya interaksi antarpeserta untuk saling tukar pengalaman dalam mendidik peserta didik.
  5. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui jalur pendidikan.
  6. Meningkatnya kualitas pendidikan secara umum.

Peserta 

  1. Peserta pemilihan guru SMA berprestasi di tingkat satuan pedidikan adalah guru yang memenuhi persyaratan pada satuan pendidikan dan membuat surat pengantar pengajuan kepada kepala sekolah sesuai contoh pada Lampiran 1.
  2. Peserta pemilihan guru SMA berprestasi tingkat Kabupaten/Kota adalah guru berprestasi Peringkat I pada tingkat satuan pendidikan.
  3. Peserta pemilihan guru SMA berprestasi tingkat Provinsi adalah guru berprestasi Peringkat I pada tingkat Kabupaten/Kota.
  4. Peserta pemilihan guru SMA berprestasi tingkat Nasional adalah guru berprestasi Peringkat I pada tingkat Provinsi.
Anda bisa melihat lebih rinci dan lengkapnya terkait Pedoman pemilihan Gupres Tahun 2015 melalui link di bawah ini;


Demikian informasi yang bisa volimaniak sampaikan,semoga bisa bermanfaat dan tujuan utamanya adalah melahirkan guru yang benar-benar kreatif dan profesional,silahkan anda bisa mendaftarkan diri jika sudah memenuhi persyaratan yang di tentukan,selamat berjuang kawan guru.
Powered by Blogger.