Header Ads

Pengertian Tenis Meja

Pengertian Tenis Meja ~ Sudah sering kan mendengar olahraga tenis meja, perlu anda ketahui bahwa dalam bermain tenis meja sebenarnya tidak susah, ada beberapa tahapan yang perlu anda lakukan dan juga berlatih yang disiplin adalah kunci utama dalam menguasai teknik dasar tenis meja.

Tenis Meja, apa sih artinya ?, sering mendengar kan tapi jika ditanya arti tenis meja pasti anda bingung jawabnya, untuk lebih mendalami pengetahuan anda dalam bidang olahraga khususnya tenis meja, kali ini volimaniak mengajak anda semuanya untuk lebih mengenal pengertian tenis meja. sesaat lagi anda akan tahu lebih lengkapnya. mari kita bahas bersama.

http://www.volimaniak.com/Dari sumber wikipedia dijelaskan bahwa Tenis meja, atau ping pong (sebuah merek dagang), adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Di Republik Rakyat Tiongkok, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa : 乒乓球; Pinyin : pīngpāng qiú). Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia)[1] dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 217 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.

Tak hanya pengertian saja jika anda ingin menguasai atau ingin jadi atlet tenis meja, anda perlu melakukan latihan yang keras agar semua impian anda bisa terwujud.

Cara Bermain Tenis Meja


Dalam bermain tenis meja ada dua partai yang bisa dimainkan yaitu tunggal dan ganda, berikut rincian cara bermain tenis meja ;

Permainan Tenis Meja tunggal


  1. Setiap bola mati menghasilkan nilai satu.
  2. Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 2.
  3. Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan.
  4. Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11, dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set.
  5. Apabila terjadi deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. misal: 15-13, 18-16

Permainan Tenis Meja ganda


  1. Setiap bola mati menghasilkan nilai satu.
  2. Servis bergantian setiap poin kelipatan 2.
  3. Pemain bergantian menerima bola dari lawan
  4. Pemegang servis hanya bisa menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan.
  5. Permainan satu set berakhir apabila pemain mencapai nilai 11, dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set.
  6. Apabila terjadi deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. misal: 13-11, 15-17
Untuk sementara cukup itu dulu ya, untuk lebih lengkapnya akan saya bahas lebih lanjut mengenai permainan tenis meja, tetap standbye di volimaniak yang merupakan informasi lengkap dunia olahraga, semoga bermanfaat, terimakasih
Powered by Blogger.