Header Ads

Sejarah Senam Aerobik

Sejarah Senam Aerobik ~ seperti kita ketahui bahwa dalam senam banyak sekali macam dan definisinya, salah satu kategori senam yang kan jadi topik bahasan volimaniak kali ini adalah mengenai senam aerobik. banyak orang mengartikan senam aerobik adalah senam yang energik dan membutuhkan stamina yang prima, banyak manfaat yang bisa dihasilkan dengan melakukan senam aerobik, salah satunya adalah bagi kaum wanita yang mempunyai obesitas atau kegemukan bisa melakukan senam aerobik untuk melangsingkan badan, tidak saya perlu jelaskan apa saja manfaat senam aerobik anda bisa membaca lebih lanjut di postingan yang lalu yaitu ; pengertian dan manfaat senam aerobik

Langsung saja kali ini volimaniak akan memberikan penjelasan mengenai sejarah senam aerobik berikut rinciannya;

Senam aerobik pertama kali dikenalkan di Amerika pada tahun 1970-an dan masuk di Indonesia pada tahun1980an.Pada akhir tahun 1980 olahraga senam aerobic yang dulunya dikenal masyarakat sebagai aktivitas kebugaran dan rekreasi mulai dikompetisikan ditingkat nasional dan internasional dengan sebutan fitaerobics serta nomor yang dipertandingkan hanya satu yaitu individual putera dan puteri.

Karena perkembangan jumlah organisasi yang pesat, pada awal tahun 1990-an fitaerobics diganti dengan istilah aerobic competitive. Peraturan perlombaan diperbaiki sesuai dengan tingkat kemajuan para atlet dari kemampuan fisik maupun teknik, serta kategorinya ditambah yaitu berpasangan dan trio. Segala hal yang menyangkut keanggotaan aerobic competitive diatur oleh International Aerobics Federation (IAF) yang berpusat di Tokyo, Jepang.

sejarah senam aerobik indonesiaPada tahun yang sama Federation International Gymnastique (FIG) yang selama ini hanya menaungi senam artistic dan ritmik sportif menyelenggarakan kejuaraan dunia Sports Aerobics yang pertama pada bulan Juli 1995 di Paris dengan sebutan Sports Aerobics.

Seiring saat Sports Aerobics mendapatkan pengakuan dari FIG sebagai salah satu nomor yang diakui selain senam artistic dan ritmik sportif, maka secara otomatis pembinaan Sports Aerobics di Indonesia dilakukan oleh PB. PERSANI. Dan setiap kegiatan kompetisi yang diselenggarakan di tanah air harus selalu mengacu pada peraturan FIG yang dikenal dengan istilah Code of Points. Komisi teknik Sports Aerobics FIG selalu mengevaluasi dan merevisi Code of Points setiap 4 tahun sekali.

Sports Aerobics Indonesia tampak semakin cerah, saat disetujuinya olahraga baru ini sebagai salah satu nomor lomba yang untuk pertama kalinya diikut sertakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XV di Surabaya tahun 2000 lalu. Atlet Indonesia mempunyai peluang untuk menjadi juara dunia, karena pada cabang olahraga ini tidak dipengaruhi oleh tinggi badan yang selama ini merupakan hambatan orang Indonesia untuk berprestasi pada cabang-cabang olahraga tertentu.

Pada tahun 2005 istilah sports aerobics diganti dengan sebutan aerobic gymnastics. Peraturan kejuaraan yang ada dalam aerobic gymnastics pun berubah pada saat itu, dan nomor yang dipertandingkan adalah single, couple, trio dan groups. Aerobic gymnastics merupakan nomor baru dalam dunia senam. Nomor ini terdiri dari 12 (dua belas) elemen keterampilan yang memerlukan waktu 1,40-1,50 detik. Unsur yang dinilai adalah penampilan dilapangan, yang meliputi 3 faktor penting yang dinilai dalam aerobic aymnastics yang meliputi artistic, execution, dan difficulty.

Demikian informasi singkat dari volimaniak mengenai sejarah senam aerobik, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan referensi ini, terimakasih
Powered by Blogger.