Header Ads

Teknik Dasar Lempar Cakram

Teknik Dasar Lempar Cakram ~ Lempar Cakram adalah salah satu kategori olahraga atletik yang sering kita jumpai ketika pelajaran Penjaskes, dan tidak menutup kemungkinan jika anda hendak menekuni lempar cakram bisa memahami lebih detail dan dengan berlatih keras untuk menguasai semua teknik lempar cakram dengan baik.

Setelah kemarin volimaniak sudah sedikit banyak menginformasikan mengenai Sarana dan prasarana Lempar cakram, kali ini saya akan lebih luas membahas materi lempar cakram yaitu mengenai Teknik dasar lempar cakram. untuk lebih rinci mari kita simak baik-baik berikut rinciannya;

Lempar cakram (discus throw) adalah salah satu bagian dari cabang atletik nomor lempar. Lempar cakram bertujuan melemparkan benda berbentuk bulat pipih (cakram) sejauh-jauhnya menggunakan teknik lempar cakram yang benar.

cara memegang cakram


Cara memegang cakram bergantung dari lebarnya tangn dan panjangnya jari-jari.Cara memegang cakram adalah sebagai berikut:
  1. Bagi yang tangannya cukup lebar,cara memegang cakram adalah dengan meletakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jarinya.
  2. Cara memegang cakram bagi orang tangan lebar adalah jari telunjuk dan jari tengah berhimpit,jari-jari lainnya agak renggang.
  3. Cara memegang cakram bagi yang jari-jarinya pendek,adalah posisi jari-jari sama dengan cara yang pertama,hanya letak tepi cakram agak lebih ke ujung jari-jari.

Teknik Lempar Cakram

Teknik lempar cakram terdiri dari tiga bagian yaitu: Awalan, Gerakan lempar, dan sikap dan gerakan akhir lempar cakram. Untuk mengetahui teknik lempar cakram mari kita pelajari dan pahami pada penjelasan berikut:

Awalan

Sebelum melakukan teknik awalan lempar cakram kita harus tahu terlebih dahulu cara memegang cakram. teknik memegang cakram yang benar adalah cakram diletakan pada telapak tangan kiri menghadap ke atas, kemudian tangan kanan menutup dari atas. jari-jari tangan kanan membuka dengan mengkaitkan jari-jari pada cakram menggunakan ruas jari yang pertama.

Awalan dalam lempar cakram dilakukan dalam bentuk gerakan berputar.Banyaknya putaran tersebut dibedakan menjadi 1¼,1½,dan 1¾ putaran.awalan ini harus dilakukan dengan baik,sehingga dapat menghasilkan lemparan yang maksimum.

Cara melakukan awalan lempar cakran adalah sebagai berikut.


http://www.volimaniak.com/
  1. Ambil posisi dan berdiri menyamping arah lemparan.kaki dibuka selebar bahu,sedikit ditekuk dan rileks.
  2. Pusatkan perhatian pada persiapan untuk melakukan awalan agar mantap,kemudian cakram diayun-ayunkan ke samping kanan belakang lalu ke kiri.Gerakan ini diulang-ulang sebanyak dua-tiga kali yang dilanjutkan dengan awalan berputar.

Gerakan melempar cakram

http://www.volimaniak.com/

Setelah cakram kita pegang menggunakan telapak tangan dan kaitan ruas-ruas jari, selanjutnya melakukan tahapan berikutnya sebagai berikut:
  1. Tangan kanan yang memegang cakram diluruskan (posisi telapak tangan menghadap bawah), kedua kaki dibuka selebar bahu. Badan menghadap menyamping dari sektor lemparan atau lapangan cakram.
  2. Gerakan selanjutnya adalah mengayunkan tangan yang memegang cakram dengan cara memilin atau memutar tubuh kearah kanan.
  3. Pada gerakan ini tangan yang memgang cakram tetap lurus sedangkan tangan kiri menjaga keseimbangan tubuh. gerakan mengayun cakram dilakukan beberapa kali sampai ayunan terasa benar dan siap melakukan lemparan.
  4. Ayunan terakhir dilanjutkan dengan melepaskan cakram ke udara dengan cara berat badan pada kaki belakang (kanan), lepas cakram dari putaran jari kelingking (putaran searah jarum jam), dengan sudut lemparan 45 derajat.

Gerakan atau sikap akhir


Gerakan akhir atau sikap akhir setelah lepasnya cakram yaitu dengan mengikuti putaran badan.  dan menjaga keseimbangan agar tubuh kita tidak jatuh atau terhuyung. Teknik lempar cakram di atas adalah teknik lempar cakram menggunakan awalan menyamping.

Hal-hal penting dalam lempar cakram

a. hal-hal yang harus dihindarkan dalam lempar cakram
  1. jatuh kebelakang pada awal putaran
  2. berputar ditempat(seperti gasing)
  3. membungkukkan badan ke depan(dipatahkan pada pinggang)
  4. melompat tinggi ke udara
  5. kaki terlalu tegang
  6. penempatan kaki yang salah dengan sudut lemparan
  7. membawa berat badan pada kaki depan dan membiarkan jatuh
  8. membungkukkan badan ke depan atau terlalu ke kiri saat melepaskan cakram
b. hal –hal yang harus diperhatikan dalam lempar cakram
  1. berputar dengan baik
  2. dorong cakram melewati lingkaran
  3. dapatkan putaran yang besar antara badan bagian atas dan bawah
  4. capai jarak yang cukup pada saat melayang melintasi lingkaran
  5. mendaratlah pada jari-jari kaki kanan dan putar secara aktif di atas(jari-jari tersebut)
  6. mendaratlah dengan kaki kanan di titik pusat lingkaran dan kaki kiri sedikit ke kiri dari garis lemparan  

Demikin informasi materi lempar cakram mengenai teknik dasar lempar cakram,semoga bisa bermanfaat,terimakasih
Powered by Blogger.